5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 16 Jan 2024

Benarkah Customer Relationship Management (CRM) Dapat Tingkatkan Intake Mahasiswa Baru

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Seorang panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sempat berbisik kepada kami di sebuah pertemuan. Ia mengeluhkan pendaftaran di kampusnya begitu menyita waktu. Selain proses pendaftaran yang masih konvensional, dirinya juga harus follow up calon mahasiswa yang masuk di kampus tersebut. 

Padahal di era yang saat ini serba modern, sangat memungkinkan kampus tersebut upgrade untuk mencoba pendaftaran yang lebih mudah dan cepat. Kampus bisa memanfaatkan metode pendaftaran baru seperti Customer Relationship Management (CRM).  

CRM telah mengubah suatu manajemen perguruan tinggi yang rumit menjadi lebih sederhana dan powerfull. Manfaat ini telah dirasakan berbagai kampus yang menggunakan CRM hingga mampu menghasilkan output kenaikan calon mahasiswa pendaftar. 

Tetapi, apakah benar CRM ini dapat meningkatkan intake mahasiswa baru? Seberapa efektif kira-kira? Mari kita ulas bersama.  

CRM Membantu Membangun Citra Perguruan Tinggi

Persaingan perguruan tinggi khususnya swasta untuk intake mahasiswa baru kini semakin ketat. Tentunya kampus harus mampu menampilkan keunggulan dengan branding yang tepat untuk memperkuat citra dan menarik mahasiswa baru. 

Kira-kira bagaimana membentuk ‘image’ atau citra dari sebuah perguruan tinggi jika perguruan tinggi tersebut belum melek terhadap implementasi teknologi di kampusnya? Pada tahap ini peran teknologi CRM dibutuhkan di sektor pendidikan. 

Menurut Kalakota dan Robinson (2001) pada  Business 2.0 Roadmap For Success, menjelaskan bahwa CRM merupakan sistem terintegrasi dari strategi penjualan, pemasaran, dan layanan yang sudah terkoordinasi. Maka implementasi CRM pada tingkat universitas menempatkan mahasiswa sebagai customer yang ditargetkan untuk diakuisisi. Maka data hubungan antara mahasiswa, orang tua, tenaga pengajar, akan dikumpulkan pada CRM.

Penerapan Customer Relationship Management (CRM) sebagai tools untuk mendukung strategi pada sektor pendidikan kini semakin banyak digunakan. Melalui pendekatan CRM, dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi lebih mudah memanajemen dan memetakan data peserta didik. 

Penelitian Pengaruh customer relationship management (CRM) terhadap citra perpustakaan pada UPT Perpustakaan ITB menjelaskan bahwa terdapat pengaruh positif yang cukup signifikan terhadap citra perpustakaan ITB. Contoh CRM yang digunakan ITB adalah proses manajemen keluhan pelanggan yang cepat dan proses pengadaan yang efektif, memaksimalkan pelayanan sesuai dengan data informasi yang diberikan mahasiswa guna meningkatkan pelayanan hingga menciptakan reputasi dan citra positif yang dibutuhkan mahasiswa.

Sama dengan citra yang dibentuk ITB melalui CRM, perguruan tinggi khususnya swasta dapat melakukan hal yang sama. Hal ini juga selaras pada salah satu penelitian berjudul “Pengaruh Implementasi Customer Relationship Management (CRM) terhadap Customer Loyalty pada Customer Satisfaction pada ASSA Rent Cabang Jakarta Tahun 201”, mendapatkan hasil penelitian bahwa data yang didapatkan CRM memiliki pengaruh hubungan positif yang dapat meningkatkan kepuasaan pelanggan. 

Pada CRM perguruan tinggi, kepuasan pelanggan akan dinilai melalui strategi marketing dan cara approach potensial pelanggan. Hal ini didukung melalui penelitian Ersi et all (2014) menjelaskan bahwa kepuasan pelanggan dibentuk melalui CRM, maka semakin berkualitas CRM yang digunakan maka akan berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan.

Penggunaan CRM yang maksimal membuat perguruan tinggi mampu mengetahui data akurat calon mahasiswa atau mahasiswa. Tidak hanya berdampak pada kenyamanan mahasiswa, hal ini juga meningkatkan citra dan reputasi kampus di mata calon mahasiswa. 

Baca juga: Solusi Mudah Pendaftaran Mahasiswa Baru Ada Di Sini!

Intake Mahasiswa Baru dengan Cara Manual atau CRM?

Strategi tanpa data sama saja seperti meraba tanpa bayangan yang jelas. Perguruan tinggi swasta yang menggunakan cara manual untuk intake jelas tidak memiliki data yang akurat untuk membuat strategi dan approach potensial data.

Hadirnya CRM di perguruan tinggi guna intake mahasiswa menyederhanakan proses manajemen data dengan mudah ketika musim PMB tiba. Berbeda dengan cara promosi PMB dengan penyebaran brosur atau sosialisasi, tim harus memanajemen data mahasiswa baru dengan mudah secara manual.  

Perguruan tinggi harus mengeluarkan resource yang cukup besar untuk harus menghubungi satu-persatu tanpa mendapatkan data apakah pendaftar memiliki potensial untuk di konversi atau tidak. Maka pada tahap inilah CRM memiliki peran penting, mengurutkan data, seberapa besar potensial data ini untuk diakuisisi menjadi mahasiswa.

Baca juga: Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Penerimaan Mahasiswa Baru

SEVIMA CRM, Solusi Intake Mahasiswa Baru

Bagi Bapak/Ibu yang ingin meningkatkan intake mahasiswa baru,  SEVIMA menyediakan solusi dalam bentuk SEVIMA CRM untuk membantu perguruan tinggi mengatasi tantangan dalam menarik mahasiswa baru. Melalui platform ini, tim penerimaan mahasiswa akan lebih mudah mengelola data calon pendaftar potensial untuk diterima menjadi mahasiswa. 

Tim memiliki akses informasi mengenai kapan terakhir kontak dengan calon mahasiswa, tingkat potensi mereka, dan status saat ini. Dengan menggabungkan CRM ini ke dalam strategi penerimaan mahasiswa, perguruan tinggi dapat meningkatkan efisiensi serta menaikkan peluang penerimaan yang lebih tinggi. 

Beberapa pengguna SEVIMA yang telah merasakan kemudahan manajemen data PMB adalah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) yang telah mendapatkan peningkatan intake mahasiswa baru hampir 200% dari tahun sebelumnya dan STAI Nahdlatul Ulama (STAINU) yang menyambut CRM SEVIMA sebagai solusi dan referensi dalam memberi arahan PMB. 

Kampus lain telah merasakan kemudahan melalui SEVIMA CRM. Yuk bagi Anda yang ingin meningkatkan intake mahasiswa baru segera ajukan demo di SEVIMA CRM atau berdiskusi langsung dengan Tim SEVIMA.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya Praktik Baik Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi Artikel Selanjutnya Mengukur Standar Mutu Pendidikan Tinggi, Seperti Apa?
×