Kampus Merdeka | Pelaporan PDDikti

Bocoran PDDikti Feeder 4.0 Kampus Merdeka, Admin PDDikti Wajib Tahu!

SEVIMA.COM – Beberapa hari lalu, Kemendikbud melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi menginformasikan bahwa laman PDDikti akan mulai downtime pada hari Selasa tanggal 1 Desember 2020 pukul 00.00 WIB sampai dengan hari Senin tanggal 7 Desember 2020 pukul 23.59 WIB. Sistem pelayanan pada website tersebut tidak bisa diakses. Selama masa downtime, para operator disarankan untuk tidak melakukan kegiatan pada laman tersebut. 

Menurut surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 3591/E1/TI/2020, downtime layanan pada pddikti.kemendikbud.go.id ini terkait akan dilaksanakannya perubahan struktur data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) dalam rangka mengakomodir kebijakan Kampus Merdeka. 

Setelah berakhirnya masa downtime ini, kabarnya PDDikti juga akan merilis PDDikti Feeder patch 4.0 yang mengakomodir kebijakan Kampus Merdeka. Nah, rilisnya PDDikti Feeder patch 4.0 rupanya mengundang rasa penasaran para operator, mungkin Anda salah satunya? Kira-kira data apa saja yang akan di input di Feeder PDDikti 4.0?

Data Apa Saja yang Akan Diinput di Feeder PDDikti 4.0 Kampus Merdeka

Gambar: 8 kegiatan pembelajaran pada merdeka belajar

Seperti yang kita tahu, ada 8 kegiatan pembelajaran pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yaitu;

  1. Pertukaran pelajar
  2. Magang atau praktik kerja
  3. Asistensi mengajar di satuan pendidikan
  4. Penelitian atau riset
  5. Proyek kemanusiaan
  6. Kegiatan kewirausahaan
  7. Studi proyek independen
  8. Membangun desa dengan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN Tematik)

Download Buku Panduan: Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Nantinya 8 kegiatan pembelajaran pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka itu akan didatakan pada PDDikti 4.0. Contoh data apa saja yang akan diinput di Feeder PDDikti 4.0 Kampus Merdeka:

Pertukaran Pelajar

Dalam program ini mahasiswa dibebaskan untuk melakukan perkuliahan lintas prodi atau perguruan tinggi. Hasil yang didapat melalui program tersebut kemudian akan didata dalam PDDikti Feeder 4.0. Jadi, yang didatakan adalah mahasiswa ini pada semester berapa mengikuti program Pertukaran Pelajar dan di kampus mana, hasilnya akan diakui dalam mata kuliah atau kurikulum yang ada di perguruan tinggi asal itu untuk mata kuliah apa dan nilainya berapa. 

Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Bagaimana dengan kegiatan yang lain? Seperti halnya program Pertukaran Pelajar, kegiatan- kegiatan pembelajaran yang lain seperti; Magang atau praktik kerja, Asistensi mengajar di satuan pendidikan, Penelitian atau riset, Proyek kemanusiaan, Kegiatan kewirausahaan, Studi proyek independen, dan Membangun desa dengan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN Tematik) ini juga akan didatakan di PDDikti Feeder 4.0, Untuk pendataanya akan masuk pada kegiatan pembelajaran “aktivitas mahasiswa” dan akan ada jenis-jenis kegiatan yang sesuai dengan program kampus merdeka tersebut.

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ini akan mulai didatakan di PDDikti Feeder 4.0. Jadi, untuk admin atau operator PDDikti perguruan tinggi pada tanggal 1 -7 Desember 2020 sebaiknya stop input data dan tunggu sampai Feeder PDDikti 4.0 rilis. Sembari itu yang harus Anda siapkan adalah data-data terkait Kampus Merdeka dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah di perguruan tinggi. Jadi setelah Feeder PDDikti 4.0 rilis Anda sudah mempunyai datanya.

Dan untuk perguruan tinggi yang sudah mempunyai Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), silahkan sesuaikan  SIAKAD kampus Anda untuk menunjang program Kampus Merdeka. Agar nantinya proses pengiriman datanya ke dalam Feeder PDDikti lancar.

Nah, jika Anda ingin berdiskusi dan tidak ingin ketinggalan info terkait PDDikt Feeder 4.0, silahkah gabung di komunitas perguruan tinggi di Grup Facebook SEVIMA Community. Disini, Anda bisa berdiskusi dan mendapat info-info penting terkait pelaporan PDDikti khususnya PDDikti Feeder 4.0. Yuk gabung: Grup Facebook SEVIMA Community

 

Bagikan artikel ini

Campuspedia
Instagram
Komentar
[gs-fb-comments]