Dunia Kampus

Cara Meningkatkan Keamanan Data dan Keuangan Kampus

SEVIMA.COM – Keamanan data dan keuangan sangat penting bagi sebuah kampus. Data yang tidak aman dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang dan dapat menimbulkan risiko yang besar bagi kampus. Hal ini dapat mengancam reputasi kampus dan merugikan mahasiswa, dosen, dan staf. Keamanan keuangan juga penting untuk menjaga stabilitas keuangan kampus dan memastikan bahwa sumber daya kampus digunakan dengan efisien.

Cara Meningkatkan Keamanan Data dan Keuangan Kampus

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan keamanan data dan keuangan kampus:

1. Penggunaan sandi yang kuat dan kompleks

Kampus harus mewajibkan penggunaan sandi yang kuat dan kompleks untuk mengakses sistem dan aplikasi kampus. Sandi yang kuat harus memiliki kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Selain itu, sandi harus diubah secara berkala untuk mencegah penggunaan yang tidak sah.

2. Pemantauan akses ke sistem dan aplikasi kampus

Kampus harus memantau akses ke sistem dan aplikasi kampus secara teratur untuk mencegah penggunaan yang tidak sah. Pemantauan dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak pemantauan jaringan atau dengan mempekerjakan staf keamanan yang ahli.

3. Melindungi data sensitif

Kampus harus melindungi data sensitif seperti data mahasiswa, dosen, dan staf dengan menggunakan enkripsi dan pengamanan data lainnya. Data harus disimpan di server yang aman dan diakses hanya oleh orang yang memiliki hak akses yang tepat.

4. Pelatihan keamanan data dan keuangan

Kampus harus memberikan pelatihan keamanan data dan keuangan kepada mahasiswa, dosen, dan staf. Pelatihan harus mencakup cara mengenali ancaman keamanan dan tindakan yang harus diambil untuk mencegah serangan keamanan.

5. Penggunaan perangkat lunak keamanan

Kampus harus menggunakan perangkat lunak keamanan seperti firewall, antivirus, dan perangkat lunak deteksi intrusi untuk mencegah serangan keamanan. Perangkat lunak ini harus diperbarui secara teratur untuk memastikan bahwa mereka dapat mendeteksi dan mengatasi ancaman keamanan terbaru.

6. Menggunakan sistem pembayaran yang aman

Kampus harus menggunakan sistem pembayaran yang aman untuk mencegah pencurian identitas dan kecurangan. Sistem pembayaran harus diuji secara berkala untuk memastikan keamanannya dan jika terdapat kerentanan harus segera diperbaiki.

7. Melakukan audit keamanan

Kampus harus melakukan audit keamanan secara teratur untuk mengevaluasi sistem keamanan dan mengidentifikasi area yang rentan terhadap serangan keamanan. Audit keamanan harus dilakukan oleh ahli keamanan yang independen.

Dalam era digital seperti sekarang, keamanan data dan keuangan kampus sangat penting. Kampus harus mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memastikan bahwa data dan keuangan kampus aman dari serangan keamanan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kampus dapat menjaga reputasinya dan memastikan bahwa sumber daya.

Cara Memilih Sistem Informasi Akademik yang Aman

Maka dari itu, perguruan tinggi harus memilih layanan yang tepat dan tidak asal pilih seperti yang disarankan oleh pakar IT Onno W. Purbo, Ph.D. Apalagi memilih sistem informasi akademik kampus, kampus harus lebih teliti lagi.

Selain itu, perguruan tinggi bisa memilih sistem informasi akademik (siakad) yang kredibel.  Salah satu ciri  siakad yang kredibel bisa dilihat dari berapa banyak kampus yang sudah menggunakannya dan juga mendapat pengakuan dari pihak external, misalnya seperti SEVIMA Platform. Platform sistem informasi akademik kampus ini merupakan salah satu platform yang sudah teruji keamanannya.

Ini terbukti karena SEVIMA Platform sudah terdaftar di beberapa instansi external. Yang mana instansi tersebut sudah mempunyai hak untuk memberikan sertifikasi keamanan. Nah, berikut beberapa sertifikasinya:

  1. Sudah Terdaftar “PSE Kominfo”
  2. Sudah Mendapat Predikat “AWS Qualified Software”
  3. Sudah Tersertifikasi Karya dalam Negeri “TKDN 94.7%”
  4. Sudah Terdaftar di “Hak Kekayaan Intelektual (HKI)”

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera gunakan SEVIMA Platform untuk sistem informasi akademik terbaik dan aman untuk kampus Anda. Info lebih lanjut segera kontak 082-2616-10404.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

×