Dunia Kampus

Dengan Metode SSO, Civitas Akademik Bisa Lebih Produktif

SEVIMA.COM – Dalam sistem Single Sign On (SSO) pengguna dapat mengatur semua aplikasi yang terhubung dalam sistem menggunakan akun yang sama. Di perguruan tinggi, SSO dapat mengakses seluruh aplikasi sesuai kepentingan meliputi aplikasi akademik dan non-akademik.

Bayangkan dengan banyaknya aplikasi yang dibutuhkan seluruh civitas akademik tidak perlu menghafalkan banyak username dan password. Cara kerja  sistem SSO menyerupai rangkaian produk google, yang mana dengan hanya masuk gmail sudah dapat mengakses google drive, google classroom dam lainnya.

Baca juga: SEVIMA Bersiap Tingkatkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi Berstandar Internasional Melalui ISO 27001

Dengan Metode SSO, Sivitas Kampus Bisa lebih Produktif

SSO sangat efektif untuk menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas. Jika dibandingkan dengan rumitnya melakukan login akun berulang kali setiap hari akan mempengaruhi beban kerja dan fokus seseorang. Tanpa perlu membuang-buang waktu dan tenaga, pengguna dapat mengerjakan hal lainnya yang lebih penting dan mendesak.

Baca juga: Waspada! Ini Pentingnya Security Password buat Keamanan Data Kamu

Manfaat Single Sign On (SSO) 

Manfaat terkait SSO ini juga akan dirasakan oleh seluruh pengguna baik operator, mahasiswa, dosen bahkan pimpinan di perguruan tinggi. Beberapa manfaat SSO, meliputi:

  • Seluruh Aplikasi Mudah Digunakan

SSO memudahkan seluruh akses masuk aplikasi di perguruan tinggi. Sehingga, pelayanan yang dirasakan oleh mahasiswa dapat lebih optimal. Mahasiswa tidak perlu banyak membuat akun dan login berulang kali. Pengalaman mudah akses aplikasi ini dapat memunculkan kesadaran mahasiswa untuk mengisi data yang diperlukan karena aksesnya sangat mudah.

  • Kata Sandi Mudah Diingat

Menggunakan SSO memungkinkan pengguna untuk lebih tenang dan tidak khawatir lupa username dan password. Meskipun terlihat sepele, lupa kata sandi dapat membuang waktu dan dapat memunculkan tekanan. Apalagi jika dalam keadaan yang mendesak.

  • Terhindar Kesalahan Ketik

Karena username dan password yang digunakan hanya satu, maka pengguna tidak bingung dan minim lupa. Sehingga, kesalahan dalam mengetik username dan password dapat dihindari.

Dengan metode SSO, sivitas kampus bisa lebih produktif  karena menyederhanakan tugas administrasi dan meningkatkan efisiensi operasional. Nah, bagaimana jika sistem ini dipakai perguruan tinggi Anda? Pasti akan sangat efektif, bukan?

Nah kabar baiknya, SEVIMA Platform sudah menerapkan SSO untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan atau login beberapa sistem kampus sehingga akan meningkatkan produktivitas, civitas kampus, admin, manajemen operator dosen dan mahasiswa. Apalagi, sistem pengelolaan kampus ini sudah terintegrasi dan berstandar DIKTI. Jadi, yuk segera bergabung dengan SEVIMA Platform untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi.   

 

Gambar: Canva.com

 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

×