siAkad Cloud | SIM SEVIMA | Solusi SEVIMA | Teknologi

Hati-hati! Jangan Tergiur SIAKAD Murah dan Belum Teruji

SEVIMA.COM – Sistem Informasi Akademik atau yang lebih dikenal dengan SIAKAD memang sudah menjadi kebutuhan wajib bagi perguruan tinggi dimanapun, mulai dari kampus besar hingga menengah ke bawah. Bahkan, perguruan tinggi paham betul penting kehadiran SIAKAD untuk menunjang administrasi dan juga pelaporan ke pemerintah (PDDikti).

Nah, namun penting diperhatikan sebelum anda memutuskan membeli SIAKAD ada beberapa hal yang perlu dan wajib untuk diperhatikan. Jangan sampai anda terburu – buru dalam memutuskan yang akhirnya akan merugikan perguruan tinggi anda.

Jangan sampai tergiur harga murah namun kualitas tidak sesuai kebutuhan. Jangan sampai waktu Anda banyak terbuang untuk menguruskan SIAKAD tersebut dan juga biaya yang pada akhirnya sia-sia, SIAKAD tidak bisa dipergunakan sebagaimana yang anda harapkan, dan terbengkalai. Ampun dah!

Baca juga : siAkad Cloud Bantu 100+ Kampus Dapatkan Mahasiswa Baru Secara Online

Jadi, Pertimbangan Ini Sebelum Anda Menyesal Beli SIAKAD:

1. Sudah Teruji dan Banyak Digunakan

Hal wajib yang harus Anda tanyakan adalah sudah berapa banyak kampus yang menggunakan, karena semakin banyak yang menggunakan otomatis SIAKADnya semakin bagus dan stabil. Cari siakad yang sudah teruji di berbagai kampus.

Jangan membeli SIAKAD yang baru jadi karena biasanya SIAKAD yang baru jadi tersebut masih banyak kekurangannya atau errornya, otomatis yang seperti ini akan membuat anda repot. Jangan sampai Anda membeli sistem infromasi akademik (SIAKAD) untuk bikin gampang malah jadinya tambah repot, kecuali kalau anda yang ingin repot!

2. Pastikan Kualitas Terjamin, Bahkan Harus Lebih dari SIAKAD Sebelumnya

Jika anda sebelumnya sudah menggunakan SIAKAD, kemudian ingin mengganti ke SIAKAD yang baru pastikan SIAKAD yang baru itu lebih baik dari yang lama, jangan hanya capek – capek ganti sistem informasi baru ternyata malah kualitasnya sama ataupun masih bagus yang lama. Duh!

3. Pastikan Support SIAKAD Terjamin

Tanyakan layanan support di SIAKAD nya, Biar suatu saat terjadi masalah harus menghubungi siapa? Kalau ada trobel atau komplain dari mahasiswa harus kemana. Ini sangat penting. Jadi tanyakan dulu terkait supportnya kalau supportnya jelek cari yang lain!

Baca juga : Pendaftar Mahasiswa Baru STIE Jambatan Bulan Membludak Hingga 3x Lipat, Setelah Gunakan siAkad Cloud

4. Pastikan SIAKAD Bisa Dicoba Sebelum Beli (Ada Demo)

Pastikan Pihak developer atau penyedia layanan SIAKAD tersebut memberikan kebebasan untuk mencoba dulu SIAKAD yang akan anda beli. Jangan percaya janji-janji, terkadang developer hanya menyajikan video, manual book atau tampilan-tampilan aja, atau proposal yang menjelaskan fitur ini dan itu. Pastikan SIAKAD bisa anda coba dulu sebelum membeli, jadi bisa tau cocok atau tidak dengan kebutuhan anda.

5. Fitur yang Disediakan Harus Sesuai Kebutuhan Anda

Menyambung dengan nomor 4, setelah anda bisa mencoba langsung SIAKAD yang akan Anda beli, pastikan fitur yang disediakan harus bisa memenuhi kebutuhan perguruan tinggi anda, dan juga memudahkan pekerjaan anda dan juga memberikan fasilitas yang bagus kepada civitas perguruan tinggi. 

6. Pastikan Implementasi SIAKAD Tidak Ribet

Pastikan implementasi atau instalasi dan seting SIAKAD tidak rumit, sehingga walaupun seandainya di kampus Anda minim SDM berbasis IT pun kampus anda bisa mengimplementasikannya dengan mudah, karena anda membeli SIAKAD supaya gampang bukan untuk repot, bukan?

Baca juga : Tingkatkan Layanan, Universitas Merdeka Surabaya Implementasi siAkad Cloud

7. Layanan Import Datanya Mudah

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika menggunakan SIAKAD baru adalah import data, jadi layanan import dan export penting. Misalkan anda sudah punya data dari SIAKAD yang lama (untuk kampus yang sudah pakai SIAKAD sebelumnya) ataupun yang belum pakai, apakah bisa SIAKAD tersebut bisa import dengan mudah atau adakah khusus tim Onboard untuk membantu kampus Anda dalam proses awal implementasi. Pastikan aman ya!

Memilih SIAKAD kampus memang tidak mudah, memilih SIAKAD yang cocok dengan kampus Anda bak memilih jodoh, harus ada kecocokan dan juga kepastian. Untuk itu ketika memilih SIAKAD untuk kampus tercinta, sebaiknya perhatikan baik-baik hal diatas, jangan sampai tergiur harga murah tapi SIAKAD tak bisa dipakai. Duh!

Adakah SIAKAD yang sudah teruji di banyak kampus atau memenuhi kriteria kampus Anda? Mungkin untuk membuktikan adakah SIAKAD yang teruji, Anda bisa langsung mencoba DEMO dan mencoba secara langsung fitur di siAkad Cloud. Tidak usah berlama-lama Anda bisa langsung meminta demo di siakadcloud.com

Bagikan artikel ini

Komentar