Featured | siAkad Cloud

siAkad Cloud Bantu 100+ Kampus Dapatkan Mahasiswa Baru Secara Online

SEVIMA.COM – Siakad Cloud merupakan Sistem Informasi Akademik kampus berbasis cloud sebuah solusi yang memberikan kemudahan kepada perguruan tinggi dalam membangun Sistem Informasi Akademik tanpa perlu repot menyediakan infrastruktur IT maupun menambah tenaga SDM.

Siakad Cloud dirancang untuk memberikan kemudahan kepada perguruan tinggi dalam mengelola administrasi kampus secara terintegrasi, mulai dari penerimaan mahasiswa baru secara online, manajemen kurikulum, membuat jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana studi (KRS), mengelola data nilai mahasiswa, sistem pembayaran online dan berbagai kegiatan lainnya di perguruan tinggi.

Siakad Cloud membantu 100 perguruan tinggi lebih dalam memberikan pelayanan prima untuk civitas kampus, bahkan di musim pandemi ini siAkad Cloud juga memudahkan kampus dalam melakukan pendaftaran mahasiswa baru secara online (siakadcloud.com/mitra-siakadcloud).

Bagaimana kemudahan PMB Online siAkad Cloud membantu perguruan tinggi mendapat calon mahasiswa baru?

1. Calon Mahaiswa Baru Cukup Daftar Dari Rumah

Dengan PMB Online, calon mahasiswa baru yang akan mendaftar, cukup dengan mendaftar dari rumah tanpa perlu datang langsung ke kampus. Sistem PMB Online ini berguna untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena tidak menimbulkan kerumunan atau interaksi yang berdekatan dengan banyak orang.

Sistem seleksi ini bisa menjadi respon kesiapan kampus dalam menghadapi masalah yang terjadi akhir-akhir ini.

Baca juga: Panduan Digital Marketing untuk Universitas Cari Mahasiswa

2. PMB Online Inovasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Tanpa Ribet

SPMB online sebuah inovasi untuk memudahkan penerimaan mahasiswa baru yang memiliki layanan yaitu dimana calon mahasiswa dapat mendaftar langsung secara online tanpa harus datang ke kampus terkait. Saat calon mahasiswa mendaftar pada kampus maka biasa mengisi sendiri form biodata (Isi Data) tanpa harus datang langsung dan calon mahasiswa juga meng-upload persyaratan serta bukti pembayaran.

Jadi apabila kampus atau perguruan tinggi memiliki sistem ini proses pendaftaran ujian masuk calon mahasiswa baru jauh lebih mudah.

3. Terintegrasi dengan Computer Based Test (CBT) untuk Melaksanakan Ujian Masuk

Dosen atau pegawai tidak perlu disibukkan dengan persiapan tes yang panjang, seperti mencetak dan memperbanyak kertas soal dan jawaban. Cukup dengan satu kali meng-input soal ke server, seluruh calon mahasiswa sudah bisa mengikuti tes.

Begitu juga dengan waktu pasca tes, dosen tidak perlu pusing memeriksa hasil tes yang menumpuk berlembar-lembar. Sistem CBT yang ada di siAkad Cloud akan mengakumulasi secara otomatis nilai hasil tes para calon mahasiswa berdasarkan kunci jawaban yang telah di-input sebelumnya.

Baca juga: Cara Mencari Mahasiswa Baru di Tengah Situasi COVID-19

4. Pembayaran Bisa Dilakukan Online dengan Payment Gateway

Agar pemasukan dana kampus tetap lancar, integrasikan proses pembayaran dengan SEVIMAPay, sehingga bisa dibayarkan dengan channel apapun termasuk pembayaran melalui tokopedia!

SPMB Online yang ada di sistem siAkad Cloud ini hadir untuk setiap kampus dengan beragam keunggulan dan kelebihan yang sangat membantu. Nah kira-kira mengapa perguruan tinggi banyak memilih Siakad Cloud untuk menjadi solusinya, berikut alasanya:

Mengapa Banyak Yang Memilih Siakad Cloud?

1. Siakad Cloud Sesuai dengan Regulasi Pemerintah

Siakad Cloud dibangun dalam upaya memudahkan pengelolaan data yang selalu mengikuti arahan dan peraturan sesuai kebijakan pemerintah sehingga selalu disempurnakan dan diperbarui sesuai peraturan Dikti (Kemendikbud).

Dan dengan siAkad Cloud pastinya tidak perlu ribet lagi dalam pelaporan ke forlap PDDIKTI, karena siAkad cloud juga dilengkapi dengan modul PDDIKTI Integrator, jadi anda tidak perlu susah-susah untuk melakukan proses penginputan data 2 kali untuk pelaporan ke Feeder PD DIKTI. Anda dapat berfokus pada pelayanan untuk para civitas akademica.

2. Anti Gagal dan Minim Resiko Investasi

Pengembangan software yang multi fitur dan terintegrasi dengan baik seperti sistem informasi akademik (SIAKAD) kampus membutuhkan biaya yang besar. Sering ditemui Perguruan Tinggi (PT) telah menghabiskan ratusan juta hingga milyaran rupiah dan menunggu lama pengembangan SIAKAD yang diimpikan, ternyata berujung dengan kegagalan.

Dana dan waktu terbuang sia-sia namun aplikasi tidak dapat digunakan sesuai harapan. Dengan menggunakan siAkad Cloud, Perguruan Tinggi telah menghilangkan resiko tersebut, karena tidak dikenakan biaya pengembangan yang besar, aplikasi telah siap digunakan serta sistem biaya bulanan, apabila merasa tidak sesuai ekpektasi dapat segera dihentikan sehingga terhindar dari kerugian materi maupun waktu.

3. Siap Langsung Digunakan & Online 24/7

Berbagai fitur penting dalam pengelolaan kampus yang efektif dan efisien telah tersedia pada siAkad Cloud, kampus bisa langsung menggunakannya online 24/7 non stop, dapat diakases kapanpun dan dimanapun. Tidak perlu menunggu lama untuk SDLC (software development life cycle) pengembangan software.

4. Hemat Biaya Pengembangan

Berlangganan siAkad cloud juga mengurangi biaya pemasangan perangkat komputer dan infrastruktur lainnya, serta sangat mudah diimplementasikan. Dengan itu masalah perangkat tidak perlu dipermasalahkan lagi karena semua sudah ada pada cloud. Bahkan tidak perlu tambahan tenaga IT, oleh karena itu pastinya akan sangat menghemat biaya.

Pengembangan software skala besar dan berkualitas baik seperti SIAKAD membutuhkan tim pengembang yang banyak, berkualitas tinggi dan dedicated. Biasanya terdiri dari project manager, system analyst, business analyst, software architect, database administrator, scrum master, backend developer, frontend developer, mobile developer, quality assurance, tester, dan lain-lain.

Ketika menggunakan siAkad Cloud kampus hanya perlu membayar setara gaji 1 orang (atau mungkin kurang dari gaji 1 orang) untuk pengembangan software berkelanjutan, cloud server, sysadmin dan layanan customer service, sangat hemat bukan? Apalagi biaya berlangganan siAkad Cloud telah termasuk biaya cloud server dan sysadmin pengelola server.

5. Meningkatkan kualitas layanan akademik

Sistem informasi yang terintegrasi membuat pengolahan data menjadi cepat dan mudah diakses oleh civitas academica, berbagai informasi penting dan layanan dapat diakses oleh dosen, mahasiswa dan orang tua secara self services. Ada banyak proses bisnis yang sebelumnya sangat tergantung kepada petugas layanan dapat diakses langsung oleh civitas academica. Hal ini akan meningkatkan kecepatan dan kualitas layanan akademik.

6. Efisiensi biaya operasional kampus

Berbagai fitur siAkad Cloud yang telah dikembangkan apabila digunakan dengan baik, selain akan meningkatkan kualitas layanan kampus juga dapat mereduksi biaya operasional hingga 30% atau lebih melalui efisiensi penggunaan kertas (paperless), optimasi penggunaan ruangan kelas, memangkas pekerjaan berulang, efisiensi waktu pengerjaan dan lain-lain.

7. Peningkatan kinerja pegawai / staf

Berbagai pekerjaan rutin harian pegawai / staf yang secara manual membutuhkan waktu beberapa hari atau bahkan beberapa minggu, belum lagi faktor human error karena kelelahan atau kurang teliti, dapat dibantu oleh siAkad Cloud sehingga cukup dikerjakan dalam waktu 1 hari atau kurang.

Misal, secara manual berapa lama waktu yang dibutuhkan staf untuk membuat SK mengajar dosen berdasarkan MK yang diajar serta jadwal untuk 500 hingga 1.000 orang dosen? Berapa lama waktu yang dibutuhkan pegawai menyusun jadwal kuliah dan jadwal ujian? Dan pekerjaan-pekerjaan rutin lainnya dalam penyediaan layanan akademik.

Kami tahu, terpadunya administrasi perguruan tinggi anda dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi perguruan tinggi anda, dan memungkinkan setiap stakeholder mendapat kepuasan terhadap layanan kampus anda. Yuk dapatkan sistem informasi manajemen akademik kampus sesuai dengan regulasi Dikti (Kemendikbud): siakadcloud.com

Bagikan artikel ini

Komentar