7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 29 May 2024

Hindari Human Error, Permudah Pengelolaan Data Kepegawaian dengan SIAKAD Terintegrasi

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Mengelola puluhan hingga ratusan data kepegawaian bukanlah hal yang mudah. Perguruan tinggi perlu mengalokasikan resource yang cukup besar untuk mengelola data tersebut. Coba bayangkan, berapa banyak waktu dan tenaga yang sudah dikeluarkan hanya untuk pengelolaan data tersebut?

Menggunakan sistem manual tidak hanya membebani admin, namun juga rawan terjadi kesalahan mulai dari human error hingga data pegawai tidak update. Dari sisi pimpinan pun juga akan kesulitan melakukan pemantauan secara berkala. 

Maka, untuk meminimalisir masalah tersebut, perguruan tinggi memerlukan sistem pengelolaan yang terintegrasi dengan pengelolaan data kepegawaian. Sehingga pimpinan (rektor) dapat dengan mudah memonitoring kinerja, pembagian intensif, dan pemantauan tenaga pendidik di perguruan tinggi. 

Seperti apa sistem akademik yang terintegrasi dengan pengelolaan kepegawaian? Berikut pembahasannya. 

Pentingnya SIAKAD Terintegrasi Data Kepegawaian

Melalui Permendikbudristek No.53 Tahun 2023, disebutkan bahwa pengelolaan data dan informasi di perguruan tinggi akan menjadi lebih mudah bila memanfaatkan teknologi. Itulah mengapa, di setiap perguruan tinggi memerlukan sistem informasi akademik (SIAKAD) terintegrasi untuk mengelola data kependidikan tersebut. 

Dengan SIAKAD yang terintegrasi dengan modul kepegawaian maka akan bapak ibu dapatkan kemudahan seperti:

1. Pembuatan jadwal kelas Kartu Rencana Studi (KRS) tidak perlu melakukan input data dosen terlebih dahulu. Nama dosen akan diambil langsung dari modul kepegawaian dan poin plus-nya terdapat pengecekan jadwal bentrok.
2. Mendukung proses tugas akhir kini tidak perlu input data pembimbing dan penguji lagi. Ketika nama pegawai sudah ada pada Modul Kepegawaian, maka proses tugas akhir seperti bimbingan tugas dapat langsung dijadwalkan secara otomatis.
3. Menambah kredit dosen bagi nama dosen yang terdata sebagai penanggung jawab kegiatan aktivitas dan prestasi mahasiswa di modul akademik
4. Mudah melakukan evaluasi dosen dan tenaga pendidik karena Modul Akademik (SIAKAD) akan langsung melakukan menampilkan riwayat mengajar dosen.

Dari manfaatnya yang begitu besar, perguruan tinggi dapat dengan mudah memanajemen data dan kebutuhan pegawai tanpa harus mengeluarkan resource yang begitu besar. Dengan adanya SIAKAD yang mendukung pengelolaan kepegawaian juga, perguruan tinggi dapat efisiensi jumlah admin pengelolaan kepegawaian.

Salah satu SIAKAD yang telah mengakomodir kebutuhan kepegawaian adalah SEVIMA Platform. Seperti apa SEVIMA Platform dapat menyesuaikan kebutuhan akademik hingga pengelolaan kepegawaian? Berikut pembahasannya. 

Mudah Kelola Data Kepegawaian dengan SIAKAD SEVIMA 

SEVIMA Platform merupakan sistem yang dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan akademik di lingkungan perguruan tinggi. Sistem ini telah dilengkapi dengan modul kepegawaian yang mengelola data berbasis cloud untuk mempermudah tim manajemen SDM. 

Dengan menggunakan SEVIMA Platform, perguruan tinggi dapat lebih mudah mengakses data pegawai. Berikut adalah beberapa fitur unggulan untuk mengelola data pegawai:

Modul SIM Kepegawaian memiliki beberapa fitur yang memudahkan pengelolaan data kepegawaian:

1. Memiliki fitur manajemen data pegawai

Data pegawai memiliki peranan yang krusial dalam pengelolaan sebuah institusi pendidikan. Informasi yang terdapat dalam data pegawai mencakup berbagai detail pribadi seperti identitas, riwayat keluarga, pengalaman kerja, jabatan, pencapaian penelitian, sertifikasi, dan lain-lain. Oleh karena itu, pengelolaan fitur ini harus dilakukan dengan teliti dan akurat.

2. Kemudahan pengajuan cuti

Proses permohonan cuti juga memerlukan penanganan yang cermat. Fitur permohonan cuti harus melewati validasi yang tepat sehingga data mengenai cuti dapat direkam dengan benar oleh atasan.

3. Dilengkapi dengan fitur kenaikan pangkat berkala

Proses kenaikan pangkat bagi pegawai merupakan langkah yang sangat penting. Dengan adanya fitur ini, proses pengecekan dan pengajuan kenaikan pangkat dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien.

4. Manajemen beban kerja pegawai

Pentingnya fitur manajemen beban kerja pegawai juga perlu diperhatikan saat memilih sistem informasi manajemen kampus. Pegawai dapat menginput data mengenai beban kerja mereka, yang kemudian akan dinilai dan dievaluasi.

5. Presensi pegawai

Fitur untuk merekam presensi pegawai baik harian maupun rekap bulanan merupakan hal yang sangat penting. Mengingat presensi pegawai adalah aspek yang krusial dalam manajemen kehadiran dan kinerja pegawai.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Memilih Data Kepegawaian yang Lengkap, Simak Yuk!

Dengan adanya SIAKAD yang mendukung pengelolaan data kepegawaian, perguruan tinggi dapat lebih mudah memantau kinerja tenaga pendidik ketika di lapangan. Nah, bagaimana Bapak/Ibu, apakah tertarik mengimplementasikan SIAKAD yang mendukung pengelolaan data kepegawaian? Yuk segera hubungi Tim SEVIMA melalui Whatsapp di 082261610404.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×