Flash News

Kuliah Bidang Kesehatan Jadi Primadona di Filipina

SEVIMA.COM – Filipina menjadi salah satu negara tujuan belajar yang cukup diminati oleh para pelajar. Jumlah perguruan tinggi yang cukup banyak mencapai 1.975 membuat calon mahasiswa asing memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Filipina Prof. Dr. Ir. Aisyah Endah Palupi, M.Pd mengatakan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan keluar negeri harus tahu terlebih dahulu minatnya.

“Di Filipina ini yang menjadi primadona bagi mahasiswa asing adalah di bidang kesehatan, seperti kesehatan dan keperawatan. Calon mahasiswa harus tahu dulu mereka berminat di bidang apa,” kata Prof Aisyah kepada SEVIMA, Selasa (21/6/2022).

Baca juga : Indonesia Jadi Tujuan Belajar Negara Tetangga

Menurut Prof Aisyah tak sedikit lulusan Filipina yang diterima di pasar global, khususnya di bidang kesehatan. Tercatat ada 1.975 perguruan tinggi di Filipina, dengan rincian perguruan tinggi negeri sebanyak 246 dan perguruan tinggi swasta sebanyak 1729.

“Pemerintah Filipina jarang memberikan beasiswa untuk mahassiwa asing, mereka mengalokasikan anggaran untuk warga negaranya sendiri,” ucapnya.

Bagi calon mahasiswa yang berniat melanjutkan studi keluar negeri, Prof Aisyah memiliki pesan yang sangat berguna. Calon mahasiswa harus memiliki cita-cita yang teguh serta mempersiapkan mental dan finansial.

Dari sisi finansial juga harus dipersiapkan secara matang, paling tidak bisa ada bekal untuk hidup selama satu semester. Mengingat jarak yang jauh dari keluarga dan hidup di negara orang.

“Finansial harus sudah diantisipasi, yang berangkat ke luar negeri sebaiknya tidak zero rupiah, minimal untuk bekal hidup satu semster harus ada,” ujarnya.

Baca juga : 4.125 Mahasiswa Timor Leste Kuliah di Indonesia

Selain itu, ia berpesan kepada mahasiswa yang telah melanjutkan pendidikan keluar negeri agar memuliki output dan outcome yang berguna bagi perguruan tinggi asal. Sehingga tidak hanya sekedar menyelesaikan masa kuliah saja, tetapi berkontribusi dalam penelitian.

“Tentu harus menguasai bahasa Inggris juga dan ada tambahan bahasa untuk negara-negara lain yang pakai bahasa lokal,” tandasnya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar