Flash News

Ingin Kuliah di Suriah? Ini Syarat Utamanya

SEVIMA.COM – Suriah menjadi salah satu tujuan belajar bagi calon mahasiswa asal Indonesia yang ingin memperdalam ilmu agama. Ada syarat wajib yang harus dipenuhi jika kalian ingin kuliah di Suriah. Apa saja?

Duta Besar RI untuk Damaskus, Suriah Drs. Wajid Fauzi, M.PM mengatakan syarat utama adalah menguasai Bahasa Arab. Sebab bahasa pengantar di Suriah menggunakan Bahasa Arab, selain Bahasa Inggris tentunya.

“Syarat pertama yang harus dikuasai berbahasa Arab, yang belum ada kesempatan mengusasi Bahasa Arab bisa kursus dulu sebelum masuk universitas,” kata Wajid kepada SEVIMA Senin (4/7/2022).

Baca juga: Buruan Daftar! Romania Buka Kesempatan Beasiswa Bagi WNA

Di Suriah tercatat ada delapan universitas negeri dan 21 universitas swasta yang bisa menjadi pilihan. Bidang kesehatan menjadi unggulan di Suriah, di mana lulusannya sudah diakui oleh seluruh dunia.

Delapan universitas negeri tersebut yakni Universitas Damaskus, Univ Aleppo, Universitas Tishreen, Universitas Al-Baath, Syria Virtual University, Universitas al-Furat, Universitas Hama, dan Universitas Artous.

“Namun ada empat universitas yang menjadi unggulan yakni Universitas Damaskus dan Universitas Aleppo merupakan perguruan tinggi tertua di Timur Tengah. Serta Universitas Tishreen dan Universitas Hama,” ujarnya.

Baca juga: Kuliah Bidang Kesehatan Jadi Primadona di Filipina

Ia berpesan kepada calon mahasiswa asal Indonesia yang mengikuti beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk memilih universitas dengan ranking yang baik. Sehingga dengan beasiswa yang diberikan diharapakan bisa mencetak lulusan yang bermanfaat bagi Indonesia.

Wajid berharap kedepan makin banyak lagi mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke Suriah. Tetapi tidak dengan beasiswa dari Pemerintah Suriah melainkan dari Pemerintah Indonesia.

“Kita sudah harus berdiri tegak sebagai bangsa, bukan mengharapkan beasiswa dari negara lain justru kita yang harus membantu, setidak ketika kita mengirim mahasiswa kita yang membiayainya,” pesannya.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar