Featured | Solusi SEVIMA

Lagi-lagi Siakad Kampus Bermasalah, Apa Solusinya?

SEVIMA.COM – Kalau SIAKAD kampus bermasalah, siapa yang paling dirugikan? sudah jelas mahasiswa paling dirugikan, dan pihak kampus juga tentunya. Padahal dengan adanya sistem informasi akademik atau SIAKAD itu tujuannya untuk memudahkan proses akademik, ini kok malah sering ada masalah.

Permasalahan Yang Sering Dikeluhkan Mahasiswa Terkait SIAKAD

1. SIAKAD tidak bisa diakses/halaman kosong
2. KRS Online Sering Error
3. Loading SIAKAD Lama
4. SIAKAD Banyak Bug (error)
5. SIAKAD kena hack (diretas) oleh mahasiswa
6. Error ketika masuk (login) SIAKAD
7. SIAKAD sulit digunakan karena tampilan yang kurang bagus
8. dll

Lalu kenapa sih, SIAKAD kampus kok sering bermasalah? Banyak faktor yang menjadikan SIAKAD kampus banyak masalah, mungkin salah satunya faktor ini yang menjadikanya banyak masalah:

1. Pengembang atau pengelola sistem yang kurang handal

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, di artikel tips sukses implementasi sistem informasi, bahwa memilih pengembang adalah hal yang vital penyebab sistem informasi down bahkan tidak bisa dipakai, solusinya bekerjasama dengan konsultan IT yang telah berpengalaman dalam mengembangkan sistem informasi manajemen kampus.

2. Organisasi yang membangun dalam kondisi buruk

Organisasi atau partner kampus juga harus mempunyai kondisi yang baik agar dalam pengembangan sistem sesuai dengan keinginan kampus, kondisi organisasi sangat mempengaruhi implementasi sistem.

3. Perencanaan pembangunan sistem yang kurang memadai

Perencanaan yang kurang matang juga menjadi penyebab Siakad sering down, seperti persiapan tim IT yang kurang memadai, persiapan kesiapan civitas dalam perubahan ke manual beralih ke digital atau kurang siapnya perubahan dari sistem yang lama ke sistem yang baru.

4. Kurangnya keikutsertaan serta partisipasi manajemen dan organisasi dalam membantu mengelola dan mengembangkan sistem.

Sebelumnya ini juga pernah dibahas, bahwa organisasi kampus yang bertanggung jawab dalam sistem informasi pun harus juga telah mengetahui workflow sistem sehingga memudahkan semua yang terlibat.

5. Server yang sangat sibuk sehingga terkadang pengelolaan sistem sering tertunda.

Server sibuk karena banyaknya mahasiswa yang juga mengaksesnya pada jam dan waktu yang bersamaan di satu alamat. Maka kapasitas yang sanggup ditampung oleh suatu domain akan terlampaui sehingga terjadi seperti KRS Online yang Error atau error lainnya. Jadi kapasitas server harus disesuaikan dengan jumlah user atau mahasiswa di kampus tersebut.

Lalu Apa Solusinya?

Solusi terbaik dalam membangun sistem yang handal memang harus mempunyai planning yang matang dan tentu juga ber-partner dengan pengembang yang sudah berpengalaman dalam bidang pengembangan sistem informasi akademik, dan mampu memahami masalah kampus dan mempunyai solusi yang tepat.

siAkad Cloud adalah produk andalan SEVIMA yang telah membantu banyak perguruan tinggi dalam mempermudah pengelolaan administrasi akademik, selain itu implementasinya pun singkat dan ringkas karena kampus tidak perlu menyiapkan infrastruktur, seperti server dan lainnya. Dan juga tidak perlu tambahan tim IT untuk mengelolanya, karena telah di konsep sesederhana mungkin. Anda bisa langsung melakukan permintaan demo disini: siakadcloud.com

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar