9 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Solusi SEVIMA • 16 Mar 2021

Lebih Murah Bikin Server di Kampus atau Layanan GoFeeder Cloud?

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Manajemen yang baik dalam perguruan tinggi merupakan faktor utama bagi lancarnya setiap kegiatan di dalamnya. Karenanya penting bagi sebuah perguruan tinggi untuk memiliki sistem informasi yang terintegrasi dengan semua elemen yang ada di dalamnya. Terutama kebutuhan-kebutuhan utama seperti administrasi akademik, pelaporan PDDikti hingga akreditasi.

Namun banyak sekali perguruan tinggi yang mengeluhkan biaya ketika membangun server dan implementasi SIAKAD di kampus. Coba kita lihat, ada beberapa hal yang dibutuhkan dalam membangun server atau data center dari SIAKAD ini. Seperti Gedung untuk server, komputer server, UPS, pendingin ruangan, genset dan perangkat untuk kebutuhan jaringan. Untuk menyimpan database minimal dibutuhkan 3 komputer server. Kebutuhan ini belum termasuk sarana-prasarana lainnya yang menunjang kebutuhan server.

Baca juga : 5 Manfaat Cloud Computing yang Bikin Beda dari Server Konvensional

Bukan lagi hanya biaya namun juga effort yang lebih untuk membangun server di kampus. Belum lagi kurangnya SDM yang mumpuni terkait IT di kampus menyebabkan banyak sekali kegagalan kedepanya. Mungkin Anda akan berfikir adakah layanan yang bisa memfasilistasi atau mengcover semua itu.

Adanya Layanan yang Seperti Mimpi Bagi Anda

Sudah sekian banyak perguruan tinggi yang menginginkan layanan yang bisa menyelesaikan masalah mereka seperti membantu permasalahan pelaporan, memperlancar administrasi akademik, dan mendukung akreditasi kampus. Untuk itu, SEVIMA mengembangkan sistem infromasi akademik berbasis cloud yaitu SEVIMA GoFeeder Cloud.

Penasaran apa itu layanan GoFeeder Cloud, bagaimana proses kerjanya, apa saja fitur yang tersedia, dan harganya berapa sih ? Kira-kira lebih murah mana jika dibandingkan bikin Server di kampus dan di online-kan sendiri. Mari kita bedah lebih detail berapa sih biaya yang diperlukan kampus untuk membangun dan mengelola server sendiri.

Baca juga : Server Tidak Memadai, Universitas PGRI Adi Buana Sulit Melakukan Pelaporan PDDikti

Studi Kasus Perbandiangan Bikin Server di Kampus Atau Layanan GoFeeder Cloud

Ayo sekarang kita uji bareng-bareng, anggap saja kampus dengan sekitar 500 mahasiswa diperlukan 1 buah Server Desktop dengan spesifikasi seperti ini :

1. Intel Processor Xeon E3 dengan 8 Gb Memory dan 2×250 Gb SSD = Rp 30.000.000
2. Monitor + Keyboard = Rp 1.500.000
3. UPS 1200 VA = Rp 1.000.000
4. Ruangan Khusus Server (Sekat/Rack) = Rp 5.000.000
5. AC 0.75 PK = Rp 2.500.000
6. Genset = Rp. 0 (diasumsikan listrik ga pernah padam)

Kita butuh Server, Monitor, Power Supply, Ruangan Khusus, Pendinginan, Listrik Cadangan yang biaya nya udah mencapai Rp 40.000.000, nah tapi itu belum termasuk biaya bulanannya juga lumayan nih, seperti:

1. Langganan Internet Bandwith 1 Mbps (1:1) = Rp 1.000.000 per bulan
2. Biaya Listrik Server 24 jam = Rp 500.000
3. Biaya Maintenance Server = Rp 0 (dianggap Sukarela / Pengabdian)
4. Biaya Backup & Keamanan = Rp 0 (berdoa saja aman)

Biaya Langganan Internet, Biaya Listrik dan juga Perawatan Server yang bisa menghabiskan 1.5-2 jt per bulan klo ditotal setahun bisa jadi berapa ya?

Wow total biaya setahun saja sudah mencapai Rp 60.000.000, belum lagi setiap 4 tahun harus upgrade / rekondisi server lagi, Eh tapi itu belum termasuk jika di hari Minggu harus ke kantor untuk nyalain server karena kemarin ada pemadaman listrik, atau kena komplain saat KRS berlangsung sebab bandwith yang mepet diakses bareng-bareng pasti macet, plus resiko dimarahin pimpinan ketika tiba-tiba harddisk server rusak atau Power Supply ngadat yang beresiko data hilang. Waduh menambah daftar beban yang harus ditanggung nih.

Baca juga : Siakad Cloud Tanpa Server, Lebih Hemat, Mudah dan Lengkap

Berlangganan SEVIMA GoFeeder Cloud

Coba jika kita bandingkan dengan berlangganan SEVIMA GoFeeder Cloud nih
1. Infrastruktur server berada di Data Center tersertifikasi ISO, dan jaminan ketersediaan 24 jam
2. Backup Power & Data secara otomatis, Keamanan sistem terjamin, Internet Full Speed 100 Mbps
3. Ga perlu mikirin Server rusak, ngadat atau upgrade komponen serahkan pada ahlinya

Kerennya lagi aplikasi SIAKAD SEVIMA GoFeeder Cloud yang selalu up to date, menyesuaikan dengan kebutuhan kampus, dan memastikan rekan-rekan bisa bekerja dengan lebih optimal untuk mengembangkan potensi diri untuk mendapatkan apresiasi yang layak.

Semua kenyamanan tersebut itu bisa diperoleh dengan harga yang jauh lebih ekonomis dan bisa hemat 2 kali lipat dibanding membangun infrastruktur sendiri. Yuk sama-sama berkarya dan memberikan perubahan yang lebih baik bagi Pendidikan Tinggi di Indonesia bersama SEVIMA GoFeeder Cloud.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×