5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 06 Dec 2023

Mengenal PDDIKTI, Manfaat, & Cara Cek Data Mahasiswa

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau PDDikti adalah laman yang digunakan untuk melakukan cek data mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi di Indonesia. Saat ini PDDikti secara langsung dikelola oleh Dirjen Dikti di bawah Kemendikbud. 

Penasaran lebih dalam dengan PDDIKTI? Kebetulan sekali, SEVIMA akan membahas mengenai apa itu PDDikti, manfaat datanya, dan cara cek data di PDDikti. Berikut pembahasannya.

Mengenal Apa itu PDDikti?

Pada awalnya PDDikti dikenal dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) yang kemudian berubah nama menjadi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). PDDikti bukan hanya sekadar kumpulan informasi, melainkan sebuah wadah yang mencakup seluruh aktivitas yang terjadi di setiap perguruan tinggi di Indonesia yang terkoneksi secara nasional. 

Di dalam PDDikti terdapat informasi terkait dosen dan mahasiswa, mulai dari detail pribadi hingga catatan tentang kegiatan mengajar, posisi jabatan, tingkat pendidikan, status, serta sertifikasi dosen. Informasi seputar mahasiswa juga tersedia, mencakup informasi detail pribadi, status studi, hingga catatan kelulusan mereka. Adanya PDDikti ini diharapkan dapat menjadi landasan data yang terpercaya untuk menentukan kebijakan serta sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan. 

PDDikti memiliki peran yang penting untuk memastikan integritas data dan keberlangsungan pendidikan tinggi di Indonesia. Dengan akses yang mudah dan validitas yang terjamin, para pemangku kepentingan dapat menggunakan data dari PDDikti ini dengan kepercayaan penuh dalam mengambil keputusan strategis serta memastikan keabsahan status pendidikan mereka.

Baca juga: Peran Penting Rektor Dalam Menyukseskan Pelaporan PDDikti

Apa Manfaat Aplikasi PDDikti?

PDDikti memiliki kegunaan untuk memeriksa informasi yang telah disebutkan sebelumnya, dapat digunakan untuk keperluan verifikasi administratif. Sehingga ketika mahasiswa tidak terdata dalam PDDIKTI, ada beberapa risiko yang mungkin dihadapi oleh mahasiswa jika tidak terdaftar dalam database PDDikti, yakni:

1. Verifikasi Data

PDDikti menjadi kanal untuk cek dan verifikasi data terkait mahasiswa, dosen, hingga perguruan tinggi. Kanal ini akan menjadi tempat validitas data berbagai lembaga untuk cek background seseorang. 

2. Sumber Informasi Berbagai Lembaga

Dengan adanya PDDikti, maka kanal ini berfungsi sebagai sumber informasi berbagai pihak mulai dari lembaga akreditasi, prodi dan perguruan tinggi untuk melakukan perencanaan, pengawasan, dan evaluasi perguruan tinggi. 

Bagaimana Cara Cek Data Mahasiswa dan Perguruan Tinggi?

Bagi Anda yang ingin cek informasi data mahasiswa dan perguruan tinggi dapat melakukan langkah berikut. 

  1. Akses laman resmi https://pddikti.kemdikbud.go.id/ untuk mengakses data-data yang diperlukan terkait pendidikan tinggi.
  2. Setelah masuk, gunakan pencarian untuk mencari data. Anda dapat menggunakan kata kunci seperti nama mahasiswa, nama perguruan tinggi, program studi, atau nama dosen.
  3. Jika telah menemukan data yang diinginkan, klik untuk melihat detail untuk informasi lebih lengkap.
  4. Untuk melakukan pencarian yang lebih spesifik, gunakan opsi “Pencarian Spesifik” di pencarian. Di sini, Anda diminta untuk memasukkan beberapa kata kunci secara spesifik guna akses data yang lebih tepat sesuai kebutuhan.

Bagaimana Jika Data Mahasiswa Tidak Ada di PDDIKTI?

1. Sulit Menerima Beasiswa

Biasanya lembaga akan memverifikasi data calon mahasiswa melalui PDIKTI. Sehingga apabila terjadi permasalahan seperti data tidak valid dan terjadi perbedaan dengan di dokumen lainnya akan membuat calon penerima akan sulit atau bahkan dibatalkan beasiswanya.

2. Proses Perpindahan Kamus yang Rumit

Data mahasiswa yang tidak lengkap di PDDikti akan mempersulit proses pemindahan karenainstitusi yang dituju jelas akan memeriksa data mahasiswa di PDDikti. Maka jika data ini tidak data dipenuhi maka permohonan untuk pindah kampus akan ditolak.

3. Tidak dapat Ikut Serta dalam Program Kampus Merdeka

Program kampus merdeka memverifikasi calon pendaftar kegiatan dengan cara melakukan cek di PDDIKTI. Apabila data mahasiswa tidak lengkap, maka dengan jelas mahasiswa tidak diperbolehkan ikut kegiatan kampus merdeka.

4. Tidak Dapat Ikut Seleksi CPNS

Partisipasi dalam seleksi CPNS menjadi sulit karena lembaga yang melakukan seleksi CPNS memeriksa legalitas riwayat pendidikan calon peserta. Jika tidak tercatat di PDDikti, secara otomatis partisipasi dalam seleksi CPNS menjadi tidak memungkinkan.

Baca juga: Pentingnya Pelaporan PDDikti untuk Akreditasi

Itu tadi informasi lengkap mengenai PDDIKTI, manfaat, hingga cara cek datanya. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai berita perguruan tinggi dan sistem informasi akademik dapat mengunjung

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya Tingkatkan Akreditasi dan Branding Kampus dengan Personalize LMS SEVIMA Edlink Artikel Selanjutnya Apa Itu MOOCs (Massive Online Open Courses)? Pentingkah Bagi Kampus?
×