8 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 30 Oct 2023

Pentingnya Pelaporan PDDikti untuk Akreditasi

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Kemendikbudristek telah mewajibkan pelaporan data PDDikti secara berkala sejak 2014 silam. Setiap perguruan tinggi perlu menyiapkan data yang dibutuhkan agar proses pelaporan data ke PDDikti dapat tepat waktu. 

Data yang tidak lengkap sehingga terlambat pelaporan PDDikti ternyata berpengaruh terhadap akreditasi kampus. Lalu, bagaimana pelaporan PDDikti mempengaruhi akreditasi kampus? Berikut pembahasannya.

Keterkaitan Data PDDikti dan Akreditas Kampus

Data PDDikti memiliki peran utama untuk menunjang berbagai kebutuhan civitas akademik dan perguruan tinggi, misalnya sertifikasi dosen, PIN (Penomoran Ijazah Nasional), dan akreditasi.

Nah, jika ditelisik lebih dalam, proses pelaksanaan akreditasi dalam perguruan tinggi pasti membutuhkan banyak data, terutama saat proses pemantauan dan evaluasi terhadap pemenuhan syarat status akreditasi dan peringkat akreditasi. Perguruan tinggi harus menyertakan data-data yang sudah terdaftar lengkap pada data PDDIKTI. 

Oleh karena itu, data PDDikti kampus harus benar-benar dikelola dengan baik. Dengan begitu data tersebut akan membantu perguruan tinggi sukses melakukan pelaksanaan akreditasi.

Dampak Pengelolaan Data PDDIKTI yang Buruk

Banyak ditemui di lapangan bahwa masih banyak kampus yang menganggap pelaporan PDDikti ini menjadi momok menakutkan. Berbagai masalah sering kali hadir disaat proses pelaporan ini sedang berlangsung. 

Bisa dicontohkan pada salah satu kampus di Wilayah Indonesia Bagian Timur. Kampus ini merasakan kendala saat melakukan pelaporan PDDIKTI. Data yang dimasukkan tidak beres, akibat basis data mahasiswa yang bermasalah. Akibatnya, nomor ijazah, NIM, nama hingga tanggal lahir di data Kemenristek dan Dikti menjadi tidak valid. Padahal sesuai regulasi Dikti, melengkapi data mahasiswa dengan atribut-atribut yang mandatori seperti nama, NIM, jenis kelamin, NIK, data perkuliahan dan lainnya. 

Jika tetap dibiarkan, kondisi seperti ini akan mempengaruhi proses akreditasi kampus. Mengingat data mahasiswa dan lulusan juga menjadi salah satu instrumen penilaian akreditasi. 

Solusi Masalah Pelaporan Data ke PDDikti

Untuk menghadapi kendala pelaporan PDDikti, perguruan tinggi membutuhkan sistem informasi akademik yang lebih efektif untuk pengelolaan data mahasiswa. Salah satunya menggunakan SEVIMA Platform yang dapat memanajemen data mahasiswa sehingga selalu dapat disiapkan ketika data dibutuhkan.

SEVIMA Platform akan memudahkan pekerjaan administrator agar tidak perlu mengulang pengumpulan data jika dari awal data sudah diambil secara matang. Kemudahan ini tentunya akan membuat pelaporan PDDikti lebih cepat tanpa hambatan hingga berdampak pada hasil akreditasi kampus bapak ibu.

Baca juga: Keren! STBA JIA Raih Peringkat ‘Baik’ dari BAN-PT, Maksimalkan SEVIMA Platform untuk Pelaporan PDDikti

Data mahasiswa selalu aman, pelaporan tepat waktu, dan pengajuan akreditasi  sesuai harapan. Bagaimana nih Bapak/Ibu, tertarik mencoba fitur ini? Yuk permudah pelaporan dengan sistem pendukung yang handal bersama SEVIMA Platform.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×