Dunia Kampus | Featured | Tips & Trik

Panduan Digital Marketing untuk Universitas Cari Mahasiswa

02 April 2020

SEVIMA.COM – Apakah saat ini kampus anda sedang bersaing untuk mendapatkan mahasiswa? apakah kampus anda terdampak Covid-19? jika iya, sekarang Anda sedang membaca artikel yang tepat, yang akan memberikan solusi untuk meningkatkan jumlah mahasiswa pendaftar dengan teknik digital marketing perguruan tinggi.

Sebuah universitas tentu memiliki kompetitor seperti industri lain. Agar para bakal calon mahasiswa tertarik dengan kampus Anda, Anda perlu membangun brand awareness di internet untuk menggaet perhatian tersebut. Bahkan, digital marketing dapat membantu Anda dalam mendapatkan data-data para calon mahasiswa sehingga akan mendorong mahasiswa untuk melakukan pendaftaran.

Tentu, universitas sangat memerlukan sebuah digital marketing strategy dalam memasarkan brand Anda. Lebih dari itu, digital marketing dapat menciptakan fondasi yang kuat. Beberapa hal ini yang membuat digital marketing begitu penting bagi universitas.

1. Lebih Mudah Dicari di Internet

Seperti yang sudah disebutkan tadi, banyak orang yang mencari sesuatu lewat internet dengan bantuan mesin pencarian, seperti Google, Yahoo, ataupun Amazon. Jadi sudah seharusnya kampus Anda dapat di temukan di beberpa platform pencarian ini.

2. SEO

Anda dapat memaksimalkan SEO atau Search Engine Optimization yang merupakan cara paling mudah dan murah dalam konteks pemasaran digital. SEO dapat membantu universitas Anda mudah dicari di internet dengan beberapa kata kunci tertentu. Untuk menggunakan strategy ini, Anda perlu membuat sebuah website terlebih dahulu.

Selain itu, SEO juga tentang bagaimana website Anda memiliki konten yang bagus dan informatif tinggi. Kebanyakan orang pasti akan mengunjungi website terlebih dahulu untuk mempelajari universitas Anda sebelum melakukan pendaftaran. Anda perlu memiliki panduan dan informasi serta website yang ramah bagi para calon mahasiswa Anda.

Baca juga: Cegah Corona, Beberapa Kampus Ternama Gunakan EdLink Untuk Kuliah Online

3. Aktif di Seluruh Platform Media Sosial

Ada sebuah riset dari eMarketer bahwa ternyata sektor pendidikan merupakan salah satu industri teratas di dunia yang harus menggunakan media sosial sebagai bagian dari strategi digital marketing.

Alasan lain adalah karena target utama universitas Anda merupakan orang yang berumur 18-24 tahun, maka media sosial merupakan platform pemasaran terbaik bagi universitas Anda: media interaksi langsung dengan para calon mahasiswa. Dengan media sosial pula, calon mahasiswa akan merasa sangat dekat.

Anda hanya perlu membuat konten yang dekat dengan para mahasiswa dan berinteraksi dengan mereka. Buat para calon mahasiswa merasa dekat dengan universitas Anda. Tentunya, untuk menjalankan media sosial, Anda perlu strategi-strategi khusus. Oleh karena itu, Social Media Marketing menjadi sarana pemasaran yang populer saat ini.

4. Buat Iklan Digital

Membuat iklan digital bagi sebuah universitas sebenarnya bisa dikatakan cukup mudah, karena memiliki target yang jelas. Untuk itu, Anda perlu beriklan dengan memanfaatkan sarana pemasaran berbayar yang ada di internet, misalnya Google Adwords, Facebook Business, dan lain-lainnya.

Iklan digital memungkinkan Anda mendapatkan data-data para calon mahasiswa bahkan mahasiswa akan cenderung untuk mendaftarkan diri ke universitas Anda. Dengan catatan, digital campaign yang Anda buat tepat sasaran.

Beberapa channel digital campaign yang bisa Anda coba adalah Pay per Click (PPC), email marketing, FB dan IG boost, dan Google Adsense maupun Google Adwords. Selain itu, Anda juga perlu membuat landing page, banner menarik, dan beberapa hal lainnya.

Iklan digital membantu universitas Anda untuk menyebarkan jangkauan, meningkatkan awareness, dan yang paling penting kinerja iklan digital dapat diukur dengan mudah. Jadi, Anda sendiri yang dapat menentukan arah iklan dan budget yang sesuai. Iklan juga bisa disesuaikan dengan objektif Anda: mencari jangkauan, mendapatkan data, atau conversion (mahasiswa daftar di kampus Anda.) Intinya, iklan digital lebih relevan dibanding iklan karena lebih menyasar pada target yang Anda inginkan.

Baca juga: Cara Mencari Mahasiswa Baru di Tengah Situasi COVID-19

5. Membuat Website Kelas Dunia

Membuat website dengan desain kelas dunia juga merupakan suatu keharusan. Ada satu fakta menarik, menurut omniupdate.com, 80% mahasiswa akan terpengaruh untuk mendaftarkan diri ke universitas Anda dengan melihat kualitas website. Penting bagi Anda membuat website dengan user-friendly, visual yang bagus, dan responsif. Singkatnya, Anda perlu membangun website dengan user interface yang menarik serta user experience yang memuaskan.

Selain itu, Anda perlu memasukan SEO keyword di website Anda sehingga akan mudah dicari oleh mesin pencarian. Pertimbangkan juga untuk meningkatkan kecepatan situs dan struktur navigasi.

6. Manfaatkan platform pencarian kampus

Memanfaatkan platform pencarian kampus seperti platform Maukuliah.id merupakan cara yang paling tren saat ini, kenapa? karena saat ini lulusan SMA/SMK rata-rata mereka mencari informasi tentang kampus di platform-platform seperti ini.

Mereka menyediakan informasi yang lengkap tentang kampus dan jurusan, jadi memudahkan para pencari siswa dalam mencari jurusan dan kampus yang diinginkan. Jadi kampus Anda bisa memanfaatkan platform ini untuk tempat promosi kampus.

Manfaat digital marketing untuk universitas:

1. Informasi seputar kampus akan tersebar dengan luas dan cepat

Menggunakan digital marketing kampus ini maka informasi mengenai kampus atau perguruan tinggi akan tersebar lebih luas bahkan lebih cepat dari dugaan. Tidak hanya di dalam daerah bahkan dunia.

2. Menghemat biaya promosi

Digital Marketing Kampus ini bisa menghemat biaya dalam promosi serta waktu untuk promosi. Karena, tidak dibutuhkan lagi kertas dan brosur dan informasi cukup melalui media bisa tersebar lebih luas

3. Memberikan Kemudahan

Calon pendaftar akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar kampus tersebut.

4. Menuju Era Internet Of Thing

Pada tahun 2020 diperkirakan dunia akan memasuki era baru yang bernama Internet of Things (IoT), hal ini dinyatakan oleh Lembaga riset teknologi Gartner. Dimana segala hal akan terintegrasi dengan internet, mulai dari ponsel, jam tangan, lemari es, mobil, dan banyak hal lainnya. Tentu saja digital marketing akan lebih banyak dimanfaatkan jika dibandingkan dengan cara konvensional.

Bagaimana, apakah kampus Anda siap menggunakan digital marketing untuk menarik minat mahasiswa baru? dan bagi rekan-rekan yang sudah menggunakan, bisa nih di share pengalamannya di kolom komentar. Oh iya jika perguruan tinggi Anda sedang menuju digitalisasi kampus bisa banget bergabung dengan SEVIMA untuk pengembangan kuliah online atau pengembangan sistem informasi akademik kampus. siakadcloud.com

Referensi: 

  • https://brand24.com/blog/digital-marketing-strategies-for-higher-education/
  • https://pameo.co/pentingnya-digital-marketing-untuk-universitas/
Bagikan artikel ini

Komentar