Flash News

Pelaporan PDDikti IAILM Suryalaya Tasikmalaya Tak Lagi Sistem Kebut Semalam

SEVIMA.COM – Setiap perguruan tinggi di Indonesia memiliki kewajiban untuk melaporkan data ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Banyaknya data yang harus dilaporkan membuat pelaporan tak mencapai 100 persen.

Kepala Bagian Akademik Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Suryalaya Tasikmalaya Asep Saeful Rijal, S.Pd.I mengaku sebelumnya pelaporan dilakukan secara manual. Hal itu membuat pihaknya kesulitan dalam melakukan pelaporan.

“Yang paling berasa dari awal kami pakai manual kalau pelaporan, jadi banyak kendala,” kata Asep saat mengikut Bimtek siAkad Cloud SEVIMA di Bandung, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Rasakan Manfaat Digitalisasi Kampus, Pelaporan PDDikti STIE Hidayatullah Capai 100 Persen

Asep menambahkan saat masih manual pihaknya melakukan pelaporan dengan sistem kebut semalam. Padahal ia mengakui bahwa dengan sistem tersebut merupakan kebiasaan yang tidak baik dan berakibat pelaporan tidak bisa mencapai 100 persen.

“Dulu enggak pakai aplikasi apa-apa, enggak ada alat bantu, istilahnya kebut semalam kalau pelaporan, kebiasaan yang kurang baik,” ucapnya.

Tak mau terus menerus seperti itu, IAILM Suryalaya Tasikmalaya pun berbenah diri dengan melakukan digitalisasi kampus. Pihak kampus melakukan kerjasama dengan SEVIMA sebagai perusahaan konsultan dan pengembangan teknologi informasi.

Asep menuturkan pihaknya menggandeng SEVIMA untuk sistem akademik di kampusnya sejak tahun 2019. Ia mengakui setelah bekerjasama dengan SEVIMA, permasalahan kampus satu per satu bisa terselesaikan, terlebih untuk pelaporan ke PDDikti.

“Setelah ada SEVIMA seolah-olah bukan pekerjaan lagi. Karena tidak meresa mengerjakan, tinggal klik sinkron saja, padahal dulu itu kerjaan yang berat banget,” ujarnya.

Baca juga: Bayar Kuliah STKIP PGRI Bandar Lampung Makin Mudah

Sebelumnya SEVIMA menggelar Bimtek siAkad Cloud yang diadakan selama tiga hari yakni 22-24 Juni 2022 di Bandung. Bimtek diikuti oleh berbagai perguruan tinggi mitra SEVIMA yang ada di Jawa Barat, Jakarta, hingga Pulau Sumatera.

Asep menambahkan sangat terbantu dengan adanya Bimtek yang diadakan oleh SEVIMA karena permasalahan yang ada bisa menemukan solusi, sehingga kegiatan civitas akademika bisa berjalan dengan baik.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar