Flash News

Perjuangan Polnustar Majukan Pendidikan di Perbatasan Indonesia-Filipina

SEVIMA.COM – Berada di daerah perbatasan antara Indonesia-Filipina, tak membuat Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) patah arang untuk memajukan dunia pendidikan. Justru hal tersebut menjadi semangat bagi kampus yang berdiri di Kabupaten Kepualan Sangihe, Sulawesi Utara itu.

Direktur Politeknik Negeri Nusa Utara Prof Dr. Ir, Frans G Ijong, M.Sc mengatakan untuk mendirikan perguruan tinggi di wilayahnya memerlukan perjuangan. Karena begitu banyak persyaratan yang harus dipenuhi.

“Persyaratannya kompleksitas sekali, tidak mungkin perguruan tinggi akan berdiri di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang berada di pulau terluar dan terdepan ini,” ucapnya.

Baca juga : Makin Seru! Universitas Siber Asia Segera Terapkan Gamifikasi untuk Perkuliahan

Saat itu yang menjadi kendala adalah kesediaan lahan, yang pada akhirnya kampus pertama Polnustar didirikan di bekas lahan rumah sakit yang sudah tidak terpakai.

“Ada bekas rumah sakit direlakan untuk kampus, jadilah Politeknik Nusa Utara milik Pemda dan belum negeri saat itu tahun 2006. Kemudian lima tahun kemudian kami didorong untuk menjadi negeri, pada tahun 2011 sudah menjadi negeri,” ucapnya.

Bahkan saat ini, Polnustar telah memiliki gedung perkuliahan baru yang pembangunannya melalui dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Diharapkan dengan pengembangan ini bisa membuat pendidikan di Kabupaten Kepulauan Sangihe lebih maju.

“Harapan kami pendidikan di daerah perbatasan bisa lebih maju. Bukan hanya pada fasilitas saja tetapi maju dalam hal mengahasilkan lulusan yang siap bekerja untuk membangun Indonesia dari pinggiran,” ujarnya.

Baca juga : ISBI Bandung Ajukan Program S3

Di Polnustar terdapat tiga jurusan yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa, yakni jurusan Kesehatan dengan program studi Keperawatan.

Jurusan Perikanan dan Kebaharian dengan prodi Teknologi Penangkapan Ikan, Teknologi Budi Daya Ikan, dan Teknologi Pengeolahan Hasil Laut.

Kemudian jurusan Teknik Komputer dan Komunikasi dengan program studi Sistem Informasi. Polnustar mendapatkan akreditasi Baik Sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar