Flash News

Makin Seru! Universitas Siber Asia Segera Terapkan Gamifikasi untuk Perkuliahan

SEVIMA.COM – Menjadi perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang menyelanggarakan perkuliahan berbasis full online learning, Universitas Siber Asia (UNSIA) terus berbenah diri. Bahkan ke depan akan menggunakan konsep gamifikasi untuk sistem perkuliahan.

Kepala Badan Pengembangan Teknologi Informasi UNSIA, Novi Dian Nathasia mengatakan di tengah pandemi seperti saat ini tidak hanya UNSIA yang menerapkan perkuliahan online. Tetapi hampir seluruh perguruan tinggi juga menerapkan sistem yang sama.

“Lahir di awal masa pandemi membuat UNSIA kehilangan momentum sebagai satu satunya cyber university yang menggunakan full online learning. Karena seluruh perguruan tinggi dan sekolah mulai menerapkan sistem pembelajaran online,” kata Novi kepada SEVIMA, Kamis (16/6/2022).

Baca juga : Cara STIKesMus Lakukan Digitalisasi Kampus

Menurut Novi ke depan dikhawatirkan ada kebosanan dalam penerapan kuliah dengan sistem online. Pasalnya mahasiswa dengan dosen tidak melakukan tatap muka langsung, sehingga menjadi monoton dan kurang menarik. Dari kekhawatiran tersebut pihaknya berencana mengembangkan konsep gamifikasi dalam pembelajaran.

Apa itu gamifikasi? Gamifikasi merupakan sebuah metode pembelajaran yang menerapkan dinamika dan mekanika gim demi meningkatkan kualitas pembelajaran. Sederhananya, gamifikasi adalah suatu teknik yang memasukkan unsur-unsur gim ke dalam bidang lain.

“Setiap pembelajaran harus kita cari bagaimana belajar itu menarik, makanya konsep gamifikasi akan kami masukan ke delam learning desain proses pembelajaran di UNSIA, selain itu UNSIA sedang mempersiapakan pembangunan kampus virtual dengan konsep Metaverse yang nantinya akan kami beri nama Unsiaverse,” ucap Novi.

Saat ini pihaknya masih menyiapkan infrastruktur dalam membangun Unsiaverse dan akan menyiapkan konten-konten pembelajaran yang menerapkan gamifikasi. Tahap awal UNSIA akan membuat virtual kampus terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan penyiapan elearning material yang menerapkan konsep gamifikasi.

“Insya Allah Unsia ini akan jadi kampus pertama yang akan menerapkan itu,” katanya.

Baca juga : Digitalisasi Kampus Permudah STMKG Lakukan Pelaporan ke PDDikti

Tidak hanya itu, Unsia juga menjalin kerjasama dengan para periset terkait dengan Metaverse. Hal ini dilakukan agar perkembangan teknologi XR, VR, dan AR dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu kegiatan belajar mengajar.

“Tentunya dengan konsep gamifikasi dan unsiaverse ini diharapkan mahasiswa merasa senang, karena belajar seperti main gim dan perkuliaan online menjadi tidak monoton,” ucapnya.

Di sisi lain, Novi mengaku UNSIA sangat terbantu menjadi mitra SEVIMA. Karena semua proses administrasi seluruh civitas akademika dilakukan dengan sistem yang menerapkan paperless. Bahkan pihak perguruan tinggi lebih produktif karena tidak lagi memikirkan hal-hal teknis administrasi, tetapi lebih ke pengembangan akademik.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar