Kampus Terbaik | Seputar Pendidikan

Segera Daftar! Ini 10 Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Kemendikbud-Ristek 2020

SEVIMA.COM – Apakah kamu sedang mencari informasi politeknik yang cocok untuk kamu? Sobat pasti bingung banyak banget jumlah kampus politeknik yang ada di Indonesia, baik kampus politeknik negeri maupun swasta.

Nah untuk sobat yang masih bingung, jangan khawatir kita akan berikan daftar kampus politeknik apa saja yang termasuk 10 besar terbaik di Indonesia. Data ini masih mengacu urutan yang dikeluarkan Kemenristekdiki 2019 dan belum ada pembaharuan.

10 Politeknik Terbaik di Indonesia menurut Kemendikbud-Ristek :

1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (skor 2.276 – klaster 2)

PENS terdapat di Surabaya, Provinsi Jawa Timur. PENS berakreditasi A. PENS adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri dalam bidang teknik elektro. PENS terkenal karena keunggulannya di bidang robotika terbukti dengan prestasinya dalam Kontes Robot Indonesia yang berhasil memenangkannya berturut-turut hingga 12 kali.

2. Politeknik Negeri Bandung (skor 2.037 – klaster 2)

Politeknik Negeri Bandung sudah dipegang dosen berkualifikasi S1 hingga S3, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas pendidikan yang dihasilkan, apalagi Politeknik Negeri Bandung menjadi salah satu dari top 10 politeknik di Indonesia.

Politeknik Negeri Bandung juga membuka jurusan yang diperuntukkan bagi alumni D3 dengan pengalaman kerja minimal satu tahun untuk meneruskan studi pada program D4 PPL. Perkuliahan yang terdiri dari kuliah tatap muka dan pembelajaran berbasis elektronik tersebut akan membantu Anda mencapai gelar yang lebih tinggi.

3. Politeknik Negeri Malang (skor 1.867 – klaster 2)

Polinema terdapat di Malang. Terdapat 7 pilihan jurusan dengan 19 program studi (untuk jenjang D3 dan D4) yang ditawarkan Politeknik Negeri Malang. Selain itu, Politeknik Negeri Malang juga menawarkan jalur masuk kerjasama dengan PT PLN Persero yang akan membantu kamu menjadi karyawan PT PLN langsung setelah lulus.

Baca juga: 10 Politeknik Kesehatan Terbaik di Indonesia Tahun 2021

4. Politeknik Negeri Semarang (skor 1.756 – klaster 2)

POLINES terdapat di Semarang, Jawa Tengah. POLINES berakreditasi A. Tersedia banyak pilihan jurusan di Polines yang dapat disesuaikan passion serta minat. Salah satu nilai plus Polines adalah pengadaan jalur kerjasama antara Polines dengan MSU (Management Science University) di Malaysia pada program studi teknik informatika dan program studi manajemen pemasaran.

5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (skor 1,720 – klaster 2)

Politeknik yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera barat berfokus pada pengelolaan pertanian. Politekik Pertanian Negeri Payakumbuh saat ini memiliki 3 jurusan yaitu, Teknologi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan, Budidaya Tanaman Pangan.

Jika kamu calon mahasiswa dari pulau Jawa dan ingin merasakan kehidupan di tanah Sumatera, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh bisa dijadikan tujuan utama maupun alternatif.

6. Politeknik Negeri Ujung Pandang (skor 1.587 – klaster 3)

Politeknik Negeri Ujung Pandang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Politeknik Negeri Ujung Pandang memiliki beberapa nama, yaitu Poltek, Kampus Hitam dan yang paling dikenal PNUP.

Sebelum tahun 1997 Politeknik Negeri Ujung Pandang bernama Politeknik Universitas Hasanuddin. Tepat pada tahun 1997 PNUP berdiri sendiri sebagai Politeknik Negeri Ujung Pandang, saat ini PNUP memiliki lebih dari 3000 mahasiswa.

7. Politeknik Negeri Jakarta (skor 1.582 – klaster 3)

Politeknik Negeri Jakarta telah tumbuh dan berkembang seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan selalu melakukan evaluasi diri dan pengembangan kemitraan dengan berbagai lembaga, merupakan suatu komitmen kelembagaan sehingga setiap perubahan baik di sisi internal maupun eksternal.

Politeknik Negeri Jakarta merupakan politeknik negeri yang menyelenggarakan program vokasi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan SDM profesional di industri, baik industri jasa maupun industri manufaktur.

Baca juga: 16 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2022

8. Politeknik Negeri Padang (skor 1.582 – klaster 3)

Tanah Sumatera memiliki banyak politeknik yang berkualitas, salah satunya Politeknik Negeri Padang yang berada di Sumatera Barat. Politeknik ini berhasil menduduki peringkat ke-8 sebagai Politeknik Terbaik di Indonesia.

Letak Politeknik Negeri Padang bersebelahan dengan Universitas Andalas. Politeknik ini memiliki moto Berpikir Akademis, Bertindak Profesional, Berakhlak Mulia.

9. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (skor 1.565 – klaster 3)

Politeknik Pertanian Negeri Pangkaje Kepulauan memiliki kesamaan dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang. Keduanya sama-sama bernama Universitas Hasanudin sebelum akhirnya mereka berdiri sendiri-sendiri.

Politeknik yang juga memiliki nama lain Polipangkep memiliki jurusan yang berfokus pada perikanan dan pertanian. Total hingga saat ini ada 9 jurusan yang bisa dipilih calon mahasiswa Polipangkep.

10. Politeknik Negeri Bali (skor 1.498 – klaster 3)

Peringkat ke-10 dalam daftar politeknik terbaik di Indonesia pada tahun 2020 diisi oleh Politeknik yang ada di pulau dewata, yaitu Politeknik Negeri Bali.

Politeknik Negeri Bali resmi didirikan pada tahun 1997 dan terletak di Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Sebelum tahun 1997 seperti politeknik yang lainnya, Politeknik Negeri Bali juga tergabung dengan universitas, yaitu Universitas Udayana.

Politeknik Negeri Bali bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin mendapat gelar Diploma dan bekerja di sektor Pariwisata, karena di Politeknik Negeri Bali ada 3 jurusan keren terkait pariwisata.

Yang harus diperhatikan sebelum memilih politeknik mana yang tepat yang akan kamu pilih lebih baik mulailah dengan mencatat apa yang kamu inginkan dan karir ke depannya.

Hal tersebut tentu penting loh agar kamu bisa memiliki pandangan realistis tentang diri pribadi, motivasi dan apa yang ingin dicapai. Jadi tidak asal-asalan. Untuk teman-teman yang belum nemu kampus yang cocok bisa nih bandingkan beberapa kampus impian kamu dan temukan jurusan yang cocok dengan kamu di: maukuliah.id

Bagikan artikel ini

Komentar