Flash News

Poltekkes Kerta Cendekia Buka Dua Prodi Baru

SEVIMA.COM – Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kerta Cendekia membuka dua program studi baru. Hal itu sejalan dengan perubahan bentuk institusi dari sebelumnya akademi menjadi poltekkes.

Wakil Direktur 3 bidang Kerjasama, Humas, dan Kemahasiswaan Poltekkes Kerta Cendekia Faida Annisa, S.Kep., Ns., MNS mengatakan pada tahun 2020 pengajuan alih bentuk telah disetujui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

“Alhamdulillah pada September 2020 pengajuan perubahan bentuk isntitusi kami dari Akademi Keperawatan menjadi Politeknik Kesehatan sudah disetujui dengan diterbitkannya SK dari Kemendikbud Ristek,” kata Nissa kepada SEVIMA, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Lulusan Poltekkes Kemenkes Sorong Paling Dicari di Papua Barat

Sebelumnya hanya ada satu program studi yakni D3 keperawatan. Dengan alih bentuk tersebut, pihaknya menambah dua program studi yakni D4 Promosi Kesehatan dan D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

“Saat ini total ada tiga prodi di Poltekkes Kerta Cendekia, karena ada tambahan dua prodi baru,” ucapnya.

Nissa menceritakan pihaknya masih kesulitan untuk mencari mahasiswa di dua program studi yang baru dibuka tersebut. Karena sosialisasi mengenai serapan tenaga kerja lulusan tersebut masih kurang di masyarakat.

Pihaknya pun terus berupaya untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan dua program studi tersebut. Karena memang kebutuhan untuk lulusan K3 dan promosi kesehatan cukup banyak, sementara lulusannya masih terbatas.

“Kalau yang D3 Keperawatan tidak sulit mendapatkan mahasisnya, minatnya masih tinggi. Tapi dua prodi yang baru kami buka tantangannya cukup berat, banyak yang berpikir nanti lulusannya jadi apa?” ujarnya.

Baca juga : Percepat Digitalisasi, UNPAS Integrasikan SITU 2.0 dengan SEVIMA

Poltekkes Kerta Cendekia pun tak patah arang, pihaknya terus mempromosikan di semua media sosial yang dimiliki. Dengan harapan masyarakat bisa lebih paham terkait dengan lapangan pekerjaan untuk lulusan dua program studi tersebut.

“Untuk D4 Promosi Kesehatan nantinya bisa jadi penyuluh di puskesmas atau lembaga sosial. Kalau yang K3, itu tidak hanya untuk di pembangunan saja tapi bisa juga masuk di sektor pariwisata,” katanya.

Meski demikian, Nissa menambahkan pihaknya sedang mengajukan program studi baru lainnya yakni S1 Keperawatan dan Ners. Diharapkan dengan semakin banyak program studi yang ditawarkan jumlah mahasiswa bisa bertambah.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud


Komentar