Lomba Artikel

SiakadCloud Memudahkan Pelayanan Akademik

Penulis: Sulistiyani
Kampus: Universitas Muhammadiyah Klaten

Perkembangan teknologi yang begitu cepat saat ini tidak bisa dilepaskan dalam hidup bermasyarakat. Dengan kemajuan teknologi kehidupan bermasyarakat seolah-olah menjadikan tidak berjarak lagi. Begitu juga dengan kebiasaan – kebiasaan masyarakat secara perlahan beralih ke teknologi untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Dalam kegiatan sehari-hari masyarakat mulai terbiasa menggunakan teknologi seperti absen kantor dengan fingerprint/scan wajah, rapat-rapat dengan Zoom Meeting, belanja lewat online dan lain-lain.

Teknologi merupakan hasil pengembangan dan inovasi dari pemikiran manusia. Teknologi hadir sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup manusia. Kemajuan teknologi telah memberikan kemudahan-kemudahan bagi masyarakat. Dalam Al Quran ada beberapa ayat yang menjelaskan tentang teknologi diantaranya di Q.S Al – A’la (87) ayat 8 :

“Dan Kami akan memudahkan bagimu ke jalan kemudahan (mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat)”.

Ayat diatas menjelaskan bahwa teknologi merupakan salah satu kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT. Perkembangan teknologi memberikan banyak manfaat dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat seperti di bidang informasi, bidang kesehatan, bidang ekonomi, bidang transportasi dan bidang pendidikan. Di bidang pendidikan pemanfaatan teknologi antara lain untuk pembelajaran secara e learning dan pembelajaran secara daring yang waktunya fleksibel bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Perguruan Tinggi yang sedang berkembang dan ingin maju, kebutuhan akan teknologi merupakan suatu keharusan untuk mengikuti perkembangan jaman, Untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mahasiswa, maka Universitas Muhammadiyah Klaten mulai tahun 2020 menggunakan Sistem Informasi Akademik “Siakad Cloud”.

Pembahasan

Siakad Cloud merupakan suatu Sistem Informasi Akademik yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan konsultan dan pengembang teknologi PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA). Untuk membuka Siakad Cloud Universitas Muhammadiyah Klaten dengan cara membuka link http://umkla.siakadcloud.com yang di dalamnya terdapat beberapa fasilitas antara lain :

  1. Edlink adalah sebuah aplikasi berbasis android untuk mempermudah pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa
  2. SIM Akademik yang berisi tentang Akademik Kemahasiswaan mulai pengisian KRS, Jadwal Kuliah, Pemilihan Dosen Pembimbing dan lain lain.
  3. SIM Computer Based Test merupakan fasilitas test untuk penerimaan calon mahasiswa baru dengan system online.
  4. SIM Keuangan Mahasiswa berisi tentang tagihan pembayaran mahasiswa, Riwayat Pembayaran dan lain-lain.
  5. SIM Kepegawaian berisi tentang data personal Dosen ataupun sebagai Tenaga Kependidikan

Dengan pelayanan selama 24 jam setiap harinya SiakadCloud mampu memberikan pelayanan terbaik untuk mahasiswa dan seluruh sivitas akademik di Universitas Muhammadiyah Klaten. Peran serta mahasiswa dan seluruh sivitas akademik sangat diperlukan dalam rangka untuk lebih menyempurnakan system SiakadCloud yang sesuai dengan kebutuhan kampus dan memberikan manfaat secara optimal.

Dengan adanya System Informasi Akademik secara bertahap kegiatan akademik mulai beralih dari system manual menuju ke digital.SiakadCloud memberikan banyak kemudahan antara lain :

Untuk Mahasiswa

  1. Pengisian KRS tidak harus datang ke kampus cukup diisi dari rumah
  2. Pembayaran uang kuliah dengan menggunakan virtual account yang secara otomatis akan masuk ke system SiakadCloud yang terintegrasi ke Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan (BAAK).
  3. Untuk tugas akhir kuliah (KTI) bisa diketahui kapan bimbingan dengan Dosen dilaksanakan

Untuk Dosen

  1. Dosen bisa mengisi absensi mahasiswa, mengisi jadwal kuliah, mengisi berita acara perkuliahan, mengisikan nilai.
  2. Mempermudah Laporan Kinerja Dosen (LDK), memudahkan dalam penyampaian materi kuliah seperti quiz, tugas, upload materi kuliah.

Untuk Bagian BAAK

  1. Mempermudah dalam pengecekan mahasiswa yang aktif dan cuti.
  2. Mempermudah laporan feeder ke PD Dikti.

Untuk Bagian Keuangan/Akuntansi

  1. Dengan pembayaran yang sudah online maka tidak ada lagi pembayaran tanpa nama pengirim.
  2. Bagian akuntansi tinggal mencocokkan dengan rekening koran Bank.
  3. Memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan.

Untuk Pimpinan

  1. Mudah untuk melakukan pengecekan data dan melakukan pengawasan untuk kemudian dievaluasi.
  2. Lebih efisiensi dengan adanya keterbatasan tenaga IT yang dimiliki kampus.

Kesimpulan

Salah satu tolok ukur Perguruan Tinggi yang maju adalah adanya Sistem Informasi yang mengikuti perkembangan jaman. Dengan adanya system informasi yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kampus, akan mampu menghasilkan Tata Kelola Perguruan Tinggi yang baik juga, sehingga akan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Siakad Cloud merupakan System Informasi yang akan mengantarkan Perguruan Tinggi ke era digital untuk mewujudkan kampus yang maju di bidang teknologi. Diharapkan ke depan Universitas Muhammadiyah Klaten bisa memanfaatkan semaksimal mungkin semua menu/fasilitas yang ada SiakadCloud. Ke depan semoga PT Sevima mampu mengembangkan System Informasi tentang Aset (SIMASET).

Dengan SIMASET nilai aset bisa diketahui dengan mudah berapa nilainya, dimana letaknya, mencatat tentang bertambah dan berkurangnya aset sehingga system termasuk bisa sebagai pendukung untuk menghasilkan laporan Tata Kelola Keuangan Perguruan Tinggi yang akuntabel.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar