7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 20 Nov 2023

Sulit Memantau Keaktifan Mahasiswa, Manfaatkan ‘Student Engagement Score’

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Keaktifan mahasiswa dalam sebuah proses belajar mengajar sangat penting untuk dipantau oleh dosen. Keaktifan mahasiswa inilah yang menjadi poin plus keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti kelas. Sayang, dosen kerap mengalami kesulitan dalam memantau satu persatu mahasiswa selama proses pembelajaran.

Jumlah mahasiswa yang cukup banyak dalam kelas membuat dosen kesulitan memantau presensi dan keaktifan mahasiswa. Adanya permasalahan ini, SEVIMA menghadirkan fitur terbaru Student Engagement Score (SES) yang dapat membantu dosen membuat pembelajaran lebih interaktif. Lalu, seperti apa fitur ini dapat membantu dosen? Berikut pembahasannya. 

Mengenal Fitur Student Engagement Score (SES) di SEVIMA Platform

Melihat permasalah ini, SEVIMA Platform pada modul Edlink menghadirkan fitur terbaru, yaitu Student Engagement Score (SES) yang bisa membantu dosen membuat pembelajaran interaktif berdasarkan Berdasarkan SN-Dikti (Permendikbud No.3 Tahun 2020). Melalui fitur ini, dosen dapat memantau keaktifan mahasiswa secara otomatis tanpa perlu repot memeriksa keaktifan mahasiswa secara satu persatu.

Gambar 1. Fitur SES SEVIMA

Student Engagement Scoring (SES) pada fitur SEVIMA Platform merupakan fitur yang berguna untuk  membantu dosen mengetahui keaktifan mahasiswa ketika mengajar. Melalui fitur ini dosen akan mengetahui mahasiswa yang aktif dan tidak sehingga dapat memudahkan dosen dalam melakukan penilaian interaksi, presensi, hingga feedback. Hasil dari nilai tersebut kemudian akan ditampilkan sebagai nilai akhir Student Engagement Scoring.

Dengan fitur ini tenaga pendidik akan mudah memonitoring tingkat efektivitas pengajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan interaktif. Apa saja manfaat fitur ini dalam membantu dosen? berikut ulasannya. 

Manfaat Student Engagement Scoring (SES)

1. Memantau Presensi Mahasiswa

SEVIMA Platform pada modul Edlink dapat membantu fitur presensi manual secara otomatis. Artinya dosen tidak perlu melakukan pengecekan secara manual terkait mahasiswa yang menghadiri kelas online ataupun secara online. Fitur ini membantu dosen untuk bekerja lebih efisien memantau progress mahasiswa yang hadir.

2. Memantau Motivasi Mahasiswa untuk Mengikuti Sesi Pembelajaran 

Modul pembelajaran SEVIMA Edlink, mahasiswa tidak hanya menerima materi namun juga dapat memberikan feedback. Melalui data feedback yang didapatkan dari mahasiswa, dosen dapat membantu perkembangan serta motivasi  terkait pembelajaran apakah sudah efektif atau tidak. 

3. Perbaikan Penyebab Mahasiswa Tidak Aktif

Fitur pada Edlink dapat memberikan data pada dosen terkait mahasiswa yang tidak aktif pada pemberian feedback atau fitur presensi. Melalui modul ini diharapkan dosen dapat lebih mengetahui penyebab masalah mahasiswa tidak aktif.

Baca juga: Apa Itu Student Engagement Score (SES) di SEVIMA Platform?

Itu tadi pengenalan fitur SEVIMA Platform yang dapat membantu dosen memantau keaktifan mahasiswa. Fitur yang lengkap dan mudah akan memberikan pengalaman belajar yang efektif dan interaktif. Bag Anda yang tertarik ingin mencoba fitur Student Engagement Score dapat langsung mengunjungi SEVIMA Platform atau hubungi kami melalui 082261610404

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×