Dunia Kampus | Kampus Merdeka

Tanggapan Para Rektor Terkait Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

SEVIMA.COM – Pasca peluncuran kebijakan dan program mengenai kampus merdeka, pastinya membawa dampak yang dinilai cukup signifikan bagi dunia pendidikan, utamanya adalah pendidikan tinggi. Program ini dinilai mampu memberikan udara segar bagi perguruan tinggi di Indonesia. Adanya dampak yang baik bagi perguruan tinggi ini, sehingga membuat para pimpinan perguruan tinggi pun menyambutnya dengan hangat.

Mau tahu kelanjutan tentang tanggapan para rektor mengenai program Merdeka Belajar ini? Berikut ulasannya.

Sambutan positif Rektor Institut Pertania Bogor (IPB) Prof. Arif Satria

Program yang bisa menghasilkan luaran yang mumpuni ini dinilai mampu membuat mahasiswa bisa lebih berkembang dan fleksibel dalam menjalani dunia perkuliahan mereka. Hal ini dituturkan oleh Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam Kompas.com bahwa program ini akan diselaraskan dengan rencana kurikulum baru di IPB mulai tahun 2020 tepatnya bulan Agustus.

Baca juga: Apa Itu Merdeka Belajar Kampus Merdeka?

Untuk mendukung program ini kampus akan menyiapkan program smart system untuk mendukung kebijakan dengan akademik baru tersebut. Seperti halnya dengan menyediakan program di luar kampus, yaitu mengikuti magang, PKL, atau pun KKN.

Disamping itu, Prof. Arif Satria juga mengungkapkan bahwa dengan menjalankan program ini secara serius akan membantu mahasiswa dalam menentukan masa depan studinya. Sebagai contoh, mereka akan mampu membuat planning pada mata kuliah yang akan diampu dengan sebaik-baiknya. Sehingga mereka tidak akan merasa keberatan dengan adanya jumlah mata kuliah yang mereka ampu.

Dorongan terbaik dari Rektor Universitas Negeri Gorontalo mengenai Merdeka Belajar

Selain Rektor IPB, kini dukungan penuh juga didapatkan dari Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Eduart Wolok. Beliau menuturkan melalui Ligo.id bahwa program Merdeka Belajar bisa memberikan dampak baik bagi mahasiswa di UNG. Hal ini diutarakan bahwa dengan menjalankan program ini dengan baik tentunya akan membantu mahasiswa dalam menyesuaikan diri serta beradaptasi dengan prodi dan perguruan tinggi.

Bila program merdeka belajar ini diterapkan kesempatan terbaik bisa didapatkan ketika mahasiswa menempuh studi di luar program studi yang diambil. Mahasiswa akan lebih banyak mengeksplorasi kegiatan mereka dalam dunia luar perkuliahan dengan baik.

Baca juga: 5 Payung Hukum Kebijakan Kampus Merdeka dan Program yang Ditawarkan

Dengan demikian, Rektor UNG mengungkapkan bahwa kampusnya harus lebih menyiapkan program Merdeka Belajar ini dengan baik. Tujuannya adalah agar semua pihak yang tersangkut dalam program ini bisa mempersiapkan diri mereka dengan baik.

Sambutan hangat dari beberapa Rektor di Provinsi Lampung

Usai diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud), program merdeka belajar ini disambut baik oleh para Rektor di Provinsi Lampung. Kebijakan program ini memberikan hak belajar untuk mahasiswa selama tiga semester untuk menempuh studi di luar program studi.

Pada Kupastuntas.com, Rektor Universitas Tulang Bawang (UTB), Agus Mardihantoro mengungkapkan bahwa dengan adanya luncuran program baru ini dinilai akan meningkatkan tingkat kreativitas mahasiswa. Selain itu juga akan mendorong perguruan tinggi menjadi kampus yang mampu bersaing di dunia.

Rangkaian program kampus merdeka memberikan ruang yang cukup baik kepada para mahasiswa. Utamanya program tiga semester di luar kelas.  Mahasiswa akan lebih mengenal lingkungan di luar lingkungan kampus dengan baik. Sehingga mahasiswa sendiri juga akan belajar menyesuaikan dengan lingkungan sekitar. Namun, program belajar selama tiga semester ini semata-mata tidak menjadi suatu hal yang wajib diambil oleh mahasiswa. Mereka masih bisa memilih untuk belajar di dalam prodinya masing-masing.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Sambutan positif lain juga didapatkan dari Rektor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL), Moh. Mukri. Beliau sangat mendukung penuh program kampus merdeka ini. Menurut beliau, dengan menerapkan program ini sebaik-baiknya, maka mahasiswa akan mampu mengembangkan tingkat kreativitas mereka dengan baik. Baik melalui program magang, belajar di luar kelas, maupun pengabdian pada masyarakat.

Pada intinya, di mata para Rektor, program Merdeka Belajar ini mampu memberikan wajah dan semangat baru bagi dunia pendidikan. Tingkat fleksibilitas dan kreativitas pada program ini tentunya akan membuat perguruan tinggi bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Untuk itu, apabila program merdeka belajar bisa diterapkan dengan baik, pasti sistem pendidikan di Perguruan Tinggi akan menghasilkan sumber daya manusia yang unggul.  Tidak hanya bagi perguruan tinggi saja, namun juga bagi kepentingan mahasiswa.

Baca juga: Download Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

References

https://ligo.id/tanggapan-rektor-ung-terkait-program-kampus-merdeka-yang-diluncurkan-nadiem-makarim/
https://www.kupastuntas.co/2020/02/07/terkait-program-kampus-merdeka-kemendikbud-ini-tanggapan-rektor-di-lampung
https://www.kompas.com/tren/read/2020/01/26/110200365/mendikbud-nadiem-luncurkan-kampus-merdeka-ini-tanggapan-rektor-ipb?page=all

Bagikan artikel ini

Komentar