Dunia Akademik | Info Sentra Vidya Utama | siAkad Cloud

Tingkatkan Performa siAkad Cloud, SEVIMA Gandeng Amazon Web Services (AWS)

SEVIMA.COM-  Terdapat empat ribu perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Namun, luasnya wilayah Indonesia dengan infrastruktur yang tidak merata dapat mengakibatkan beberapa perguruan tinggi mengalami tantangan tersendiri dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Belum lagi ada beberapa akses wilayah yang belum memadai semakin menambah tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi dalam memajukan pendidikan di Indonesia. 

Sementara itu, kebutuhan digital di seluruh negeri rupanya juga belum sepenuhnya merata dan maksimal. Masih ada beberapa perguruan tinggi yang masih memiliki akses terbatas dalam infrastruktur digital. Terutama beberapa perguruan tinggi yang terletak di luar jawa. 

Banyak mahasiswa yang kesulitan untuk mengakses internet karena bandwidth yang ada pada kampus tersebut masih sangat terbatas. Ini disebabkan karena lokasi kampus tersebut masih sulit untuk dijangkau oleh jaringan internet dengan kapasitas tinggi. 

Ironisnya, di tahun 2021 ini Indonesia mengalami hantaman pandemi Covid-19 yang semakin memperburuk situasi. Pertumbuhan pendidikan di Indonesia harus terhambat dengan adanya pademi ini. Oleh karena itu, seluruh perguruan tinggi di Indonesia harus merubah perilaku belajar dari sistem belajar konvensional (tatap muka) menjadi blended learning

Baca juga: Cara Kami Berikan Pelayanan Prima Untuk Pengguna Baru siAkad Cloud

Butuh Penyimpanan Data yang Memadai dan Akses yang Cepat

Permasalahan pandemi yang belum berakhir mengharuskan seluruh perguruan tinggi melakukan pembelajaran dengan metode blended learning. Beralihnya pembelajaran dengan metode ini menyebabkan media penyimpanan data materi kuliah hingga ujian pun juga harus beralih dengan media digital.

Seluruh file presentasi, tugas mahasiswa, video pembelajaran, dan rekaman selama pembelajaran di kelas harus disimpan sebaik mungkin. Dengan begitu mahasiswa masih bisa mempelajarinya meskipun berada di rumah. Sayangnya dalam melakukan penyimpanan ini membutuhkan storage yang memadai. Selain storage, dalam melakukan penyimpanan ini juga harus didukung dengan jaringan yang cepat. Sehingga mampu menyesuaikan  kebutuhan masing-masing perguruan tinggi.

Lalu dapatkah Anda membayangkan berapa banyak media penyimpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan seluruh data tersebut? Untuk melakukan penyimpanan data-data tersebut, tentunya Anda harus membutuhkan media penyimpanan dengan kapasitas yang cukup besar. Adanya perubahan digital transformasi yang masih masif dan mendadak ini menyebabkan perguruan tinggi membutuhkan infrastruktur Cloud yang sangat cepat, mudah, dan terjangkau. 

 Baca juga: Petunjuk Penggunaan SIAKAD Bagi Mahasiswa

Solusi Pelayanan Kampus Super Cepat

Sebagai B2B SaaS Edutech yang telah melayani lebih dari 500 kampus di seluruh Indonesia, SEVIMA menggandeng Amazon Web Services (AWS) sebagai partner untuk berkolaborasi dalam memberikan layanan terbaik bagi seluruh perguruan tinggi di Indonesia. 

Setelah bermigrasi menggunakan AWS ini, seluruh sistem kinerja penyimpanan data bisa dimaksimalkan dengan baik. Server akademi dan seluruh data kampus bisa disimpan dengan baik tanpa harus menggunakan perangkat lain yang biasanya bisa menyebabkan hilangnya data yang berharga. 

Dengan begitu perguruan tinggi yang menggunakan layanan SEVIMA siAkad Cloud ini akan semakin dipermudah melalui transformasi baru bersama AWS ini. Mereka akan jauh lebih mudah dan nyaman dalam melakukan penyimpanan data. 

Perguruan tinggi tak perlu khawatir lagi jika seluruh mahasiswa mengakses layanan siAkad Cloud secara bersamaan. Layanan siAkad Cloud sudah dilengkapi dengan bandwidth yang memadai, sehingga layanan tersebut bisa terakses dengan baik. Sistem tetap bisa berjalan lancar dan sangat cepat meskipun diakses secara bersamaan. 

Sehingga, di masa pandemi seperti ini kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan maksimal. Meskipun seluruh kegiatan hanya dilakukan di rumah saja. Nah, agar kegiatan belajar mengajar di kampus Anda bisa berjalan dengan optimal, Anda bisa memanfaatkan layanan siAkad kampus yang super cepat dengan siAkad Cloud

Bagikan artikel ini

Komentar