Aplikasi Online | Dunia Mahasiswa | Seputar Pendidikan

Tips Memilih Aplikasi Pembelajaran Yang Tepat Untuk Kampus

SEVIMA.COM – Tips untuk kampus memilih aplikasi pembelajaran atau yang tepat. Semua institusi pendidikan ingin memberikan pembelajaran atau pendidikan yang terbaik kepada mahasiswa atau anak didiknya agar dapat lulus dan menjadi penerus bangsa ini.

Namun apa yang harus dilakukan suatu lembaga pendidikan seperti perguruan tinggi, apabila suatu saat sistem pendidikan lumpuh akibat faktor-faktor yang tidak diharapkan? Apakah mahasiswa dibiarkan saja untuk tidak mendapatkan hak pendidikannya? Tentu saja tidak.

Faktor seperti musibah Pandemi Covid-19 ini yang sedang menguji seluruh masyarakat di muka bumi ini. Saat ini sekolah-sekolah dan perguruan tinggi dihimbau untuk meneruskan kegiatan mengajar di rumah. Berkat perkembangan teknologi yang pesat, pembelajaran online sudah menjadi hal yang umum di kalangan pendidikan.

Baca juga : Langkah-langkah Flipped Classroom dengan LMS Dimasa Pandemi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta setiap universitas mengoptimalkan penggunaan Learning Management System (LMS) saat menggelar kuliah daring. Berbagai pilihan aplikasi untuk belajar daring baik milik pemerintah maupun swasta dapat dipilih, ini dipercaya efektif untuk menggantikan kuliah tatap muka.

Akan tetapi, agar dapat menjalankan sistem pengajaran yang maksimum, lembaga pendidikan-pun harus bisa memilih dan membedakan sistem pembelajaran online yang ditawarkan.

Secara umum, ketika mencari sistem pembelajaran online dapat dibagi menjadi 3 kategori; Open Online Course, Learning Management System (LMS) dan Bukan Sekedar Learning Management System (LMS).

Kategori Sistem Pembelajaran Online

1. Open Online Course

Open Online Course adalah platform pembelajaran yang berbasis video atau materi interaktif dan animasi yang dapat diakses oleh setiap orang. Berbeda dengan sistem pembelajaran online lainnya, platform ini tidak terintegrasi dengan kurikulum sekolah, materi sudah disiapkan sebelumnya oleh penyedia layanan.

Fitur seperti pengajaran tatap muka online, pemberian tugas online, serta absensi online belum tersedia. Platform ini cocok bagi pelajar yang ingin mencari bimbingan belajar online. Kurang cocok untuk lembaga seperti perguruan tinggi, namun terkadang perguruan tinggi juga membutuhkan.

2. Learning Management System (LMS)

Learning Management System (LMS) adalah platform pembelajaran yang memungkinkan dosen untuk membuat kelas online di mana anda dapat mengelola semua dokumen yang dibutuhkan mahasiswa.

Biasanya platform ini tersedia secara luas dan dapat digunakan kapan saja. Kekurangan dari platform ini yaitu belum mencakup layanan administrasi akademik kampus seperti absensi, SKS, dan lainnya.

Baca juga : 5 LMS Terbaik untuk E-Learning Gratis, Bahas Fitur Lengkap!

3. Lebih dari Sekedar Learning Management System (LMS)

Kenapa dibilang lebih dari Learning Management System (LMS)? karena platform pembelajaran ini lengkap dibandingkan dengan LMS yang ada karena tidak hanya penggabungan dari dua platform tersebut, tetapi dapat juga plus membantu proses administrasi lembaga pendidikan seperti pengelolaan data kampus, absensi online, akses informasi kampus, hingga nilai mahasiswa.

Intinya Learning Management System (LMS) ini sudah dilengkapi dengan sistem informasi pengelolaan akademik kampus. Jadi platform ini cocok untuk perguruan tinggi yang ingin memberikan pengalaman belajar online setara dengan kualitas belajar di kelas. Anda juga bisa baca: Panduan Memilih LMS untuk Perkuliahan Online di Perguruan Tinggi.

Banyak perguruan tinggi yang mengeluhkan, dosen mereka harus melakukan kerja dua kali yaitu melakukan perkuliahan dengan sistem pembelajaran lalu untuk pengabsenan dan input data nilai dan lain mereka harus menggunakan aplikasi lagi, waktu dosen banyak kebuang.

Artinya, sekarang sudah jelas perguruan tinggi Anda bisa memilih aplikasi pembelajaran yang lebih dari sekedar Learning Management System (LMS). Karena pengelolaan administrasi juga akan semakin mudah.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah ada sistem yang Lebih dari Sekedar Learning Management System (LMS). Jawabnya ada yaitu SEVIMA EdLink. EdLink menyediakan solusi untuk Learning Management System yang mendukung pembelajaran perkuliahan digital di mana saja.

Tidak seperti layanan aplikasi pembelajaran lainnya yang bersifat “self-learning”, SEVIMA EdLink terintegrasi dengan administrasi kampus secara langsung. Saat ini sudah digunakan lebih dari 200 kampus, sekarang giliran kampus Anda dan dapatkan manfaatnya menggunakan SEVIMA EdLink.

Bagikan artikel ini

Komentar