Dunia Kampus

Tips Mengawali PTMT di Semester Genap, Begini Caranya

SEVIMA.COM – Semester genap segera dimulai, banyak sekali persiapan yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk mengawali perkuliahan. Sayangnya, sistem perkuliahan saat ini berbeda seperti perkuliahan di masa lalu. Karena kondisi pandemi yang tak menentu, sistem perkuliahan saat dilakukan dengan sistem Perkuliahan Tatap Muka Terbatas (PTMT). 

Berdasarkan Surat Edaran Resmi Nomor 4 Tahun 2021 terkait penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dihimbau agar seluruh mahasiswa, dosen, dan juga tenaga pendidik untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, setiap perguruan tinggi juga harus menerapkan sistem blended learning

Beberapa aturan terkait surat edaran tersebut antara lain:

  1. Perguruan tinggi harus menyesuaikan level PPKM
  2. Hanya boleh menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Wajib menerapkan protokol kesehatan
  4. Wajib membentuk satgas Covid-19
  5. Setiap pemimpin di perguruan tinggi wajib menerbitkan pedoman pembelajaran, wisuda, dan kegiatan lainnya untuk civitas akademika dan tenaga kependidikan di lingkup perguruan tinggi. 
  6. Orangtua atau wali tidak ada yang keberatan mengikuti pembelajaran tatap muka. 

Baca juga: 7 Hal yang Dilakukan di Awal Perkuliahan

Apa saja yang harus disiapkan oleh setiap perguruan tinggi sebelum memasuki PTMT? 

1. Melaporkan penyelenggaraan pembelajaran pada satuan tugas penanganan Covid-19 secara berkala

2. Setiap perguruan tinggi wajib melakukan testing dan tracing secara berkala

3. Civitas akademika dan tenaga kependidikan di lingkungan kampus harus dipastikan bahwa:

  • Memiliki kondisi tubuh yang sehat
  • Sudah mendapatkan vaksinasi. (Sementara yang belum wajib membuat surat pernyataan yang berisi belum mendapat kuota vaksinasi atau tidak bisa vaksinasi karena suatu alasan tertentu
  • Memastikan mahasiswa mendapat izin dari orangtua untuk melakukan kegiatan PTMT. (Bagi mahasiswa yang tidak diizinkan bisa mengikuti perkuliahan secara daring). 
  • Kapasitas kelas hanya terdiri dari 50% kuota
  • Mahasiswa yang berasal dari luar daerah atau luar negeri wajib memastikan bahwa dalam kondisi sehat dan melakukan karantina selama 14 hari. 

4. Pimpinan harus melakukan koordinasi dengan satuan penanganan Covid-19 untuk melanjutkan atau menghentikan pembelajaran tatap muka. 

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk melakukan kegiatan PTMT dengan aman dan nyaman?

1. Melakukan tes sebelum pembelajaran dimulai

Agar proses belajar mengajar lebih mudah dan nyaman, Anda bisa memulai pembelajaran tersebut dengan melakukan pre-test. Pre-test ini bertujuan untuk mengetahui sampai batas mana mahasiswa bisa memahami pembelajaran yang sudah dilalui selama mengikuti proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

2. Ciptakan suasana kelas yang fun

Pembelajaran yang lebih inovatif dan fun akan membuat mahasiswa semakin excited selama mengikuti kegiatan belajar mengajar. Mahasiswa yang sering mengikuti kegiatan belajar mengajar secara PJJ maka akan butuh pembiasaan yang lebih untuk mengikuti kegiatan PTMT. 

3. Siapkan media pembelajaran yang menarik

Meskipun kegiatan juga dilakukan secara tatap muka, namun Anda juga harus menyiapkan media pembelajaran yang menarik. Jangan ragu untuk terus berinovasi dalam proses belajar mengajar. 

Baca juga: Dosen, Ini 7 Tips Pikat Mahasiswa di Awal Perkuliahan

Mengawali PTMT di tahun 2022 ini memang butuh effort yang ekstra agar proses belajar mengajar bisa berjalan lancar. Namun, pastikan bahwa semua prosedur protokol Covid-19 sudah dipenuhi. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar