Dunia Kampus | SEVIMAPay | siAkad Cloud | Tips & Trik

Tips Mengelola Pembayaran Mahasiswa, Registrasi, Herregistrasi, Praktikum, Wisuda dan Semacamnya

SEVIMA.COM – Siapa bilang mengatur serta mengelola keuangan atau pembayaran mahasiswa di perguruan tinggi merupakan hal yang mudah?

Tak sedikit orang yang mengira, urusan mengelola keuangan kampus adalah sesuatu yang gampang. Kenyataannya, mengelola keuangan kampus sangatlah sulit. Sebab, keuangan atau pembayaran di perguruan tinggi menjadi sebuah permasalahan yang krusial bagi berjalannya sebuah perguruan tinggi. Mengelola keuangan kampus menjadi faktor kesuksesan dari perkembangan kampus, terlebih bagi perguruan tinggi swasta. 

Dalam keuangan akademik di perguruan tinggi tidak sedikit hal yang harus diurus. Mulai dari pembayaran registrasi, herregistrasi, UKT, praktikum, wisuda dan lainnya. Oleh karena itu, perguruan tinggi harus pandai mengelola keuangan akademik. 

Bahkan saat ini kemungkinan masih ada perguruan tinggi yang masih manual dalam mengelola keuangan akademik. Apalagi jika memiliki jumlah mahasiswa yang banyak, pegawai atau admin keuangan akademik di perguruan tinggi tersebut akan mengalami kesulitan untuk mengelola. Bisa jadi terjadi kendala yang diakibatkan oleh human error. Akibatnya akan menimbulkan masalah bagi keuangan kampus. 

Untuk mencegah permasalahan tersebut, Anda bisa menggunakan cara yang tepat untuk mengelola keuangan atau pembayaran kampus seperti berikut ini. 

Tips Mudah Kelola Pembayaran Kampus

Agar memudahkan pengelolaan keuangan di kampus, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini. 

1. Menggunakan pembayaran online di perguruan tinggi

Agar seluruh pengguna bisa melakukan transaksi dengan mudah, maka kampus bisa memanfaatkan sistem pembayaran secara online. Pembayaran online seperti ini biasanya sudah terintegrasi dengan berbagai Bank dan juga e-commerce yang sudah menjalin kerjasama. Jadi, mahasiswa tak perlu repot lagi mengantri saat pembayaran uang kuliah. 

Selain memudahkan mahasiswa, pembayaran online juga memudahkan admin keuangan akademik dalam verifikasi pembayaran secara otomatis ketika mahasiswa selesai bayar. Sehingga admin bisa lebih mudah dan dapat melakukan pekerjaan yang lebih penting untuk kemajuan kampus.

Baca juga: Cara Memilih Sistem Keuangan Kampus yang Tepat

2. Perlu Adanya transparansi untuk pengelolaan keuangan

Perlu adanya transparansi dalam proses pengelolaan keuangan. Dapat diartikan bahwa seluruh proses pengelolaan keuangan kampus tersebut bisa tercatat dengan maksimal. Jadi, seluruh aliran dana keluar dan masuk di perguruan tinggi tersebut bisa tersusun dengan rapi dan diketahui oleh penanggung jawab. Sehingga catatan keuangan kampus tersebut bisa dipertanggungjawabkan dengan bukti yang sudah dimiliki para penggunanya. 

3. Menggunakan pembayaran yang terintegrasi

Pembayaran akan lebih mudah bila menggunakan sistem pembayaran yang terintegrasi. Misalnya saja jika mahasiswa melakukan KRS namun belum melakukan pembayaran uang semester. Nah, jika memiliki sistem yang sudah terintegrasi bisa maka bisa dipastikan mahasiswa tersebut tidak bisa melakukan KRS. 

4. Laporan Pembayaran

Selain transparan, keuangan di perguruan tinggi juga wajib menyajikan laporan transaksi pembayaran dan hutang yang dimiliki oleh kampus. Pengguna bisa mengetahui seluruh aliran uang yang sudah digunakan dan didapatkan oleh perguruan tinggi. 

Baca juga: Manfaat Ketika Data Akademik Dan Keuangan Kampus Saling Terintegrasi

Jadi, itulah cara mudah melakukan pengelolaan pembayaran kampus. Dengan begitu seluruh pembayaran di kampus bisa lebih transparan dan pastinya mudah digunakan oleh seluruh mahasiswa. 

Nah, untuk memudahkan mengelola keuangan atau pembayaran akademik kampus Anda bisa menggunakan siAkad Cloud. siAkad Cloud dapa membantu Anda dalam memudahkan pengelolaan keuangan kampus mulai dari pembayaran mahasiswa, registrasi, he-registrasi, praktikum, wisuda, dan lainnya. 

siAkad Cloud juga mempunyai modul pembayaran atau keuangan akademik yang mudah untuk melakukan setting tarif serta pembuatan tagihan. Beberapa kombinasi tarif yang ingin diberlakukan untuk setiap kategori mahasiswa dapat juga diakomodir sampai dengan model pembayaran dengan mudah.

Tak hanya itu, modul keuangan akademik juga dapat digunakan di beberapa perguruan tinggi yang juga melayani pembayaran uang kuliah dengan model potongan pembayaran, seperti potongan Covid, beasiswa dll. 

Apalagi siAkad cloud juga sudah terintegrasi dengan pembayaran online SEVIMAPay untuk memudahkan mahasiswa dalam segala macam pembayaran. Bagaimana keren bukan? Yuk permudah pengelolaan keuangan akademik dan pembayaran uang kuliah perguruan tinggi dengan siakadcloud.com

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar