siAkad Cloud | Teknologi

Tips Meyakinkan Rektor untuk Beralih ke Cloud Computing

SEVIMA.COM – Kalau Anda seorang ketua IT kampus, atau admin kampus yang lebih mengetahui perkembangan IT saat ini, seperti halnya penggunaan AI, Big Data, dan teknologi Cloud Computing pasti ingin banget kalau kampus Anda mengapdosinya.

Namun, terkadang untuk implementasi teknologi baru, akan ada beberapa kendala, mulai dari SDM yang kurang paham betul tentang perkembangan IT dan juga terkadang beberapa pimpinan kampus yang sudah lanjut usia tidak tertarik untuk memulai hal baru, atau berganti dengan yang sudah ada.

Memang ini menjadi tantangan sendiri bagi yang paham IT seperti Anda. Tapi, menyerah dengan keadaan bukanlah solusi. Kalau Anda mempunyai tujuanya baik dan ingin perkembangan yang lebih cepat di perguruan tinggi Anda tentu ini menjadi motivasi tersendiri.

Baca juga: Genjot Pelayanan Berkualitas Berbasis Digital, POLNUSTAR Pelatihan Online siAkad Cloud

Tips Meyakinkan Rektor untuk Beralih Cloud Computing

Nah, untuk membantu Anda, Ada tips dari CEO Wowrack Indonesia bapak Rudy Setiawan ini bisa membantu Anda untuk meyakinkan Rektor atau pimpinan kampus. Jadi menurut Pak Bapak Rudy Setiawan, Anda bisa propos ke pimpinan dengan menghitung Total Cost of Ownership, dan hematnya ketika memanfaatkan cloud computing.

“Yang bisa bisa kita propos ke pimpinan adalah menghitung Total Cost of Ownership (Perkiraan semua biaya langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan sebuah aset atau teknologi selama siklus hidupnya).” Kata pak Rudy Setiawan.

“Kita tahu Pemimpin itu balik-baliknya masalah keuangan atau budgeting. Jadi, kasih paham Pimpinan kalau budgetinnya akan lebih baik dan bagian IT akan lebih hemat, seperti kalau bagian IT mungkin dalam pengadaan SERVER butuh biaya 50 juta, sekarang pengadaan untuk dalam setahun hanya 20 juta. Jadi perguruan tinggi bisa menjadi jauh lebih hemat 30 juta, dan sisanya bisa untuk kebutuhan yang lain.” Lanjut Rudi.

Baca juga: siAkad Cloud Berhasil Mencuri Perhatian Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya dalam Lelang Terbatas Virtual

Selain dari tips pak Rudi, Anda bisa menjelaskan beberapa manfaat ketika menggunakan cloud computing kepada Pimpinan Anda. Berikut 5 manfaat dan dampak penggunaan cloud computing.

1. Memiliki dampak yang besar untuk perkembangan kampus

Dalam perguruan tinggi, biasanya memiliki berbagai macam komponen data yang akan digunakan untuk proses peningkatan mutu dari kampus. Seperti data alumni, prestasi mahasiswa, prestasi dosen, sistem pendataan keuangan dan sistem pendataan untuk kegiatan akademik. Data-data yang terkumpul tersebut akan dikumpulkan secara sistematis dan nanti akan diolah dengan mudah sesuai kebutuhan kampus.

Bila sebuah kampus tidak bisa melakukan administrasi data dengan baik, maka kegiatan lain pun akan terhambat. Hal itu tidak akan terjadi apabila kampus anda menggunakan sistem Cloud Computing. Semua data yang anda simpan akan terorganisir dengan baik dan tentunya dengan kapasitas penyimpanan lebih besar. Sehingga, proses peningkatan mutu di kampus anda pun akan ikut meningkat.

2. Kebutuhan Kampus Sangat Banyak dan Kompleks

Kebutuhan kampus dalam sistem penyimpanan memang sangat dan perlu untuk diperhatikan. Banyak data yang harus disimpan harus memiliki kapasitas storage yang sangat besar. Terlebih, semua sistem yang ada di kampus juga membutuhkan penyimpanan data yang aman dan kompleks. seperti KRS Online, KHS Online, pembayaran UKT, hingga kebutuhan administrasi kampus lainnya.

Nah, dengan menggunakan Cloud Computing ini, semua sistem tersebut akan tersimpan rapi dengan kapasitas yang cukup besar. Ditambah lagi, anda juga akan merasakan kemudahan dalam mengakses data tersebut. Sehingga, semua data yang kampus anda miliki akan terpantau dengan baik.

3. Kemudahan pada sistem pelayanan

Namanya juga sudah berbasis modern, penggunaan Cloud Computing ini dapat diakses dengan sangat mudah dan cepat. Melalui jaringan internet, semua data yang tersimpan bisa diakses dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Anda akan mendapatkan kemudahan saat anda ingin melakukan pengolahan data yang anda inginkan.

Disamping sistem pengelolaan yang baik, anda juga akan mendapatkan kemudahaan untuk memantau data-data yang sudah anda simpan di sistem Cloud Computing ini. Sangat menarik untuk diterapkan kan?

Baca juga: Integrasi Layanan Online untuk Atasi Permasalahan Kampus di Masa Pandemi

4. Memangkas Anggaran Operasional Kampus

Biasanya, ketika kampus anda menggunakan penyimpanan dengan server konvensional, kampus anda pasti akan mengeluarkan banyak biaya untuk operasional ini. Namun, hal tersebut tidak anda temukan apabila anda sudah beralih dengan sistem Cloud Computing.

Disamping memiliki kemudahan dalam mengakses, pada sistem cloud computing ini juga sangat hemat untuk perguruan tinggi anda. Anda tidak lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk perawatan pada sistem ini. Karena berbasis virtual, anda akan lebih mudah melakukan perawatan data melalui sistem Cloud Computing ini. Jadi, biaya yang biasa anda anggarkan untuk perawatan server pun, secara otomatis akan terpangkas apabila anda menggunakan Cloud Computing.

5. Keamanan Data yang Disimpan akan Terjamin

Karena dilengkapi dengan kemudahan dalam mengakses dan berupa data virtual, pastinya keamanan yang disediakan pun juga terjamin. Data yang kampus anda simpan pasti akan aman dan tersimpan dengan baik di dalam sistem cloud computing.

Sistem ini dilengkapi dengan keamanan data yang hanya bisa diakses oleh sang empunya saja. Dengan menggunakan user name dan password yang hanya bisa diketahui oleh pemilik data tersebut. Sehingga dapat dipastikan kalau data tersebut pasti memiliki keamanan ekstra.

Dengan menggunakan Cloud Computing ini, anda dijamin tidak lagi menemukan kesulitan cara untuk mengakses. Terlebih keamanan yang disediakan pun juga sangat terjamin. Nah, itulah mengapa anda harus beralih ke sistem Cloud Computing ini. Apakah Anda pernah membayangkan kalau ada Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dalam Cloud Computing, pasti lebih simple dan overpower kan, Anda bisa cek siakadcloud.com

Bagikan artikel ini

Komentar