Aplikasi Online | Teknologi

10 Manfaat LMS Untuk Pembelajaran Di Perguruan Tinggi

SEVIMA.COM – Apakah perguruan tinggi Ada sudah go digital? Kita tahu perkembangan zaman dan penggunaan internet di Indonesia maupun secara global semakin masif, apalagi dengan adanya pandemi ini, transformasi digital begitu cepat. Sudah seharusnya dimanfaatkan pada dunia pendidikan yang juga dalam lingkup kampus.

Pemanfaatan digital dalam pembelajaran, kita sering mengenal Sistem Learning Management System (LMS), yang merupakan sistem e-Learning yang lebih banyak digunakan oleh kampus-kampus di seluruh dunia. Jika didefinisikan secara sederhana, sistem e-Learning yang dirancang untuk mengelola, mendistribusikan, merencanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran tertentu.

LMS yang paling banyak digunakan di kampus-kampus di Indonesia ada platform SEVIMA EdLink, sistem ini berupa sistem berbasis website atau yang berbasis aplikasi pada smartphone maupun hybrid (basis web dan aplikasi). Jika Anda ingin mengenali bagaimana cara kerja dari sistem LMS SEVIMA EdLink, berikut adalah beberapa hal yang mampu dilakukan oleh sistem LMS dalam menunjang dan mendukung pembelajaran di kampus Anda.

Baca juga: LMS yang Cocok untuk Blended Learning di Perguruan Tinggi

Manfaat LMS SEVIMA EdLink untuk Pembelajaran di Kampus

1. SEVIMA EdLink dapat memudahkan dosen dalam mendistribusikan materi pelajaran dan berinteraksi dengan mahasiswa dari jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi internet.

2. SEVIMA EdLink menjadi solusi bagi dosen dan mahasiswa dalam memahami proses belajar dan mengajar dengan efektif dan efisien.

3. SEVIMA EdLink adalah alat komunikasi dan interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa maupun antara mahasiswa dengan dosen.

4. SEVIMA EdLink membantu pengajar untuk menyediakan bahan pembelajaran dan fitur-fitur interaktif dengan pelajar melalui diskusi, file sharing dan forum.

Baca juga: Tembus Hingga 300 Kelas, IKIP Muhammadiyah Maumere Sukses Perkuliahan Online dengan SEVIMA EdLink

5. SEVIMA EdLink merupakan sistem berbasis web dan aplikasi untuk merencanakan, mengelola, menyampaikan berbagai metode pembelajaran baik secara online dan offline (blended learning).

6. SEVIMA EdLink mendukung manajemen seperti pengiriman dan pelacakan, pemeriksaan, perencanaan, kelas virtual, kelas online dan dilengkapi dengan statistik. Sehingga ini akan membantu pengajar dalam membuat prerbuahan substansial dalam proses belajar dan mengajar.

7. Aplikasi online EdLink sudah terintegrasi dengan sistem Akademik (SIAKAD), dimana Jadwal mata kuliah, Presensi/absensi mahasiswa. Historikal Penilaian, penyelenggaraan Bimbingan TA, PA, Skripsi atau Tesis sudah lengkap di dalamanya.

8. SEVIMA EdLink memiliki fitur interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dengan metode diskusi online, video conference atau fitur-fitur interaktif lainnya yang diatur dalam sistem LMS.

9. Dengan SEVIMA EdLink, laporan kinerja dosen (LKD) khususnya Dharma Pengajar (Report tata muka kelas, report bimbingan karya ilmiah TA/PA/Skripsi/thesis akan sangat mudah untuk diakses dan dilaporkan.

10. Dengan SEVIMA EdLink, kampus dapat melacak, memantau, memperhatikan dan menentukan apa yang harus dilakukan oleh dosen dalam meningkatkan kemajuan dan kinerja mahasiswa dalam memahami suatu materi yang disampaikan oleh pengajar.

Berbagai macam manfaat LMS SEVIMA EdLink di atas sudah cukup membuktikan bahwa sistem LMS bukan hanya sebatas pelengkap di kampus Anda. Tetapi, penggunaan sistem LMS dengan cara yang benar akan meningkatkan semua yang dibutuhkan oleh pengajar dan pelajar dalam proses belajar dan mengajar. Yuk, go digital untuk pembelajaran online dengan SEVIMA EdLink.

Bagikan artikel ini

Komentar