3 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Nasional: Strategi Sukses Mengembangkan Pembelajaran Kreatif dengan Muatan CPL & CPMK Kewirausahaan untuk Kampus dan Sekolah Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Regulasi • 31 May 2024

Sistem Informasi Akademik yang Terintegrasi dengan SISTER Cloud Dikti

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) ke Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) dengan periode waktu yang ditentukan sering kali membuat dosen kewalahan karena data yang dilaporkan cukup banyak. Bahkan dosen pun harus berulang kali lembur akibat input dokumen yang diminta. 

Padahal data yang di-input ke SISTER ini penting untuk disimpan sebagai pertimbangan dasar pemberian tunjangan profesi, tunjangan kehormatan, hingga tunjangan lainnya. Sayangnya, tak semua kampus memiliki siakad yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut sehingga data-data penting dosen seringkali hilang. 

Maka untuk meminimalisir kendala ketika pengisian BKD ke SISTER, perguruan tinggi dapat mengimplementasikan SIAKAD yang telah terintegrasi dengan SISTER. Tak perlu khawatir, SEVIMA Platform telah mengakomodir kebutuhan sistem untuk menyukseskan pelaporan BKD. 

SEVIMA Platform Telah Terintegrasi dengan SISTER, Memudahkan Pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD)

SEVIMA Platform kini telah terintegrasi dengan SISTER cloud DIKTI. Dengan adanya integrasi ini, pengisian data pegawai dan beban kerja dosen bisa dilakukan dalam satu platform dan dapat memudahkan pelaporan Beban Kerja Dosen ke aplikasi SISTER secara langsung.

Seperti apa keuntungan menggunakan SEVIMA Platform untuk kemudahan pelaporan beban BKD? Mari kita bahas. 

 Tampilan sinkronisasi SISTER DI SIAKAD

Baca juga: Cara Pengisian Laporan BKD di SISTER versi Cloud, Seperti Apa?

Keuntungan Menggunakan SEVIMA Platform

1. Pengisian data bisa dicicil secara berkala

Pengisian BKD biasanya dilakukan dalam periode waktu yang ditentukan. Misalnya saja ketika pembukaan periode pelaporan BKD. Data yang dilaporkan pasti cukup banyak. Namun dengan SEVIMA Platform, dosen bisa mencicil data yang sudah ada. Jadi ketika waktu pelaporan tiba, dosen cukup melakukan sinkronisasi data saja.

2. Data teradministrasi dengan baik

Data pelaporan BKD yang seringnya hilang memang sudah jadi cerita lama. Apalagi data yang tidak teradministrasi dengan baik, pasti akan carut marut dan sulit saat diolah. Berbeda jika Anda menggunakan SEVIMA Platform, seluruh kebutuhan Anda sudah diakomodir menjadi satu wadah penyimpanan data. Sehingga saat pelaporan BKD tiba, data sudah siap digunakan.

3. Dapat digunakan untuk BKD Internal

Keuntungan lain dari SEVIMA Platform ini dapat dijadikan sebagai BKD internal. Jenis kegiatan dosen mengenai Tridharma bisa diakomodir dengan baik. Sehingga dapat memudahkan proses akreditasi.

4. Data mudah dikelola Tim Program Studi

Tim Program Studi dapat dengan mudah mengunggah dan mengelola dokumen internal perguruan tinggi, memudahkan akses, penyimpanan, dan pencarian data. Pastinya hal ini dapat menghemat waktu dan mencegah kesalahan pengunggahan data.

5. Pengisian hanya perlu sekali klik 

Semua informasi terkait dosen dapat dimasukkan langsung ke dalam sistem, sehingga untuk kebutuhan pengisian data tidak perlu input berulang kali. Terintegrasi dengan SISTER, dosen hanya perlu mengisi data sekali untuk memenuhi persyaratan BKD dan dokumen pendukung.

6. Seluruh informasi sudah terintegrasi

Dengan sistem yang telah terintegrasi, tim Kepegawaian akan merasakan kemudahan dalam pengelolaan data karena semua informasi terpusat. Dalam proses BKD, tim kepegawaian hanya perlu memvalidasi data dan melakukan sinkronisasi. Kini pekerjaan tim kepegawaian dapat lebih mudah dalam mengurus administrasi sehingga dapat fokus pada tugas-tugas lain yang mendesak karena administrasi menjadi lebih efisien.

Baca juga: Sukseskan Pelaporan BKD Ke SISTER, Tunjang Akreditasi Kampus

Jadi, dengan memasukkan data BKD sekali saja melalui SEVIMA Platform  data dapat disinkronisasikan ke SISTER. Menariknya, dosen juga akan merasa lebih nyaman karena data ada pada internal perguruan tinggi sehingga dapat diolah untuk mendukung akreditasi. 

Ingin segera merasakan manfaat sistem yang siap mendukung administrasi BKD? Ayo, segera hubungi tim kami melalui  https://wa.me/6282261610404 dan kunjungi SEVIMA.COM untuk mengetahui informasi lainnya.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×