19 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 27 Dec 2023

Sukseskan Pelaporan BKD Ke SISTER, Tunjang Akreditasi Kampus

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Optimasi pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD) pada Sistem Informasi  Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) memiliki peran krusial di perguruan tinggi. Pelaporan ini ternyata tidak hanya membantu meningkatkan kualitas data dosen, namun juga berperan sebagai penunjang akreditasi perguruan tinggi. 

Meski penting, ternyata pada proses pengisian BKD dosen kerap kali masih memiliki kendala seperti dokumen yang tidak lengkap, karya yang tidak diakui publikasinya, hingga kesulitan update data karena masih menggunakan sistem manual. Lalu, seperti apa langkah yang tepat untuk menyukseskan pelaporan SISTER guna menunjang kualitas dosen dan akreditasi?

Baca juga: RPL Bukan Cara Mudah Peroleh Gelar, Ini Manfaat RPL untuk Perguruan Tinggi

Pelaporan BKD Ke SISTER Tunjang Akreditasi Kampus

SISTER merupakan aplikasi besutan Kemenristekdikti  yang digunakan  untuk menyimpan data administrasi layanan dosen. Pada lama SISTER akan menampilkan akses terkait data portofolio dosen, data formal seperti riwayat pengajaran, penelitian, hingga pengabdian masyarakat. 

Data BKD ini digunakan untuk memudahkan asesor dalam melakukan evaluasi terkait laporan BKD secara tepat dan bertanggung jawab serta sebagai penunjang akreditasi. Data ini juga menjadi dasar pertimbangan pemberian tunjangan profesi dosen, tunjangan kehormatan, dan berbagai tunjangan lainnya. Tak heran, bila data ini penting bagi dosen untuk melengkapi data tersebut melalui akun masing-masing dosen. 

Pelaporan SISTER Cloud kini sudah terintegrasi dengan Feeder PDDIKTI, sehingga data yang dilaporkan melalui Feeder PDDIKTI akan otomatis disinkronisasikan dua arah dengan aplikasi SISTER. Data yang dikirim dosen ini nantinya dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen, dan proses lainnya. Data inilah yang menjadi penilaian terkait aktivitas dosen. 

Data pelaporan BKD yang sukses berperan penting dalam mendukung beragam kebutuhan bagi civitas akademika hingga perguruan tinggi, yakni sebagai penunjang akreditasi kampus dan mendapatkan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) untuk mahasiswa.

Sebagai penunjang akreditasi, pelaporan BKD ini merupakan hal krusial dan membutuhkan data yang lengkap, mulai dari riwayat pengajaran hingga, bukti pelaksanaan Tridharma, dan dokumen pendukung lainnya. Di sinilah kadang kali perguruan tinggi menemukan masalah karena data yang tidak lengkap sehingga berdampak krusial pada pelaporan BKD ke PDDIKTI.  

Melalui permasalahan ini, perguruan tinggi memiliki kontribusi untuk memberikan sistem manajemen informasi yang memudahkan dan menyimpan semua civitas kampus. Lalu, seperti sistem manajemen informasi yang tepat untuk membantu perguruan tinggi menyimpan semua aktivitas kampus? 

Baca juga: Lakukan Piloting Integrasi SISTER Cloud, 100% Pengguna SEVIMA Platform Berhasil Terintegrasi

Solusi Sukseskan Pelaporan BKD Melalui SISTER Cloud

Perguruan tinggi terkadang masih kesulitan melakukan melaporkan data BKD ke SISTER, seperti data yang kurang lengkap, tidak valid, dan kendala lainnya. Melalui permasalahan ini, perguruan tinggi memerlukan sebuah sistem yang dapat mengumpulkan jejak riwayat aktivitas kampus agar data-data tersusun rapi dan lebih mudah dikumpulkan saat dibutuhkan. 

Salah satu sistem yang dapat membantu perguruan tinggi melaporkan BKD ke SISTER dengan mudah adalah SEVIMA Platform. Dalam platform ini, perguruan tinggi dapat menggunakan modul kepegawaian telah terintegrasi dengan SISTER, kini perguruan tinggi dapat melakukan pelaporan lebih cepat tanpa terkendala data yang hilang ataupun tidak lengkap. Lantas, seperti apa SEVIMA Platform mempermudah perguruan tinggi sukseskan pelaporan BKD ke SISTER hingga tunjang akreditasi? 

1. Dosen Tidak Perlu Mencari Data Aktivitas

Pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) kadang masih memerlukan waktu lama karena dosen masih harus mencari berbagai informasi terkait aktivitas seperti riwayat mengajar dan hingga bukti pelaksanaan Tridharma. Melalui permasalahan ini, modul kepegawaian SEVIMA hadir dengan solusi penyimpanan semua riwayat dosen dan terintegrasi dengan berbagai sistem lainnya sehingga dosen dapat lebih mudah melihat jejak aktivitas dosen secara keseluruhan.

2. Kemudahan Kolaborasi Civitas Akademika

Modul kepegawaian dapat menjadi solusi untuk mempermudah kolaborasi antar civitas akademika ketika pengisian BKD. Dosen, admin program tinggi dan program studi dapat berkolaborasi dalam  mengunggah dokumen internal yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi. 

Pada implementasi modul ini, dosen yang sudah memenuhi persyaratan BKD wajib dapat langsung menyerahkan pada tim kepegawaian untuk diperiksa dan divalidasi. Setelah proses ini selesai, data secara otomatis masuk ke SISTER.

3. Data Tersimpan di Repositori Data

Selain sebagai alat pelaporan BKD, informasi mengenai dosen akan secara otomatis tercatat dalam repositori data. Tentu saja, ini akan memudahkan penyimpanan informasi yang dibutuhkan untuk keperluan pengajuan akreditasi. Dengan demikian, program studi tidak perlu lagi mencari informasi secara berulang-ulang di dalam sistem pusat perguruan tinggi.

4. Hindari Gagal Sinkronisasi

Kadang kali, pengisian BKD secara manual masih sering mengalami kegagalan. Permasalahan ini biasanya seperti data yang belum lengkap, server sedang sibuk, sehingga data yang kurang valid. Maka dari itu, SEVIMA merekomendasikan agar semua dosen memiliki akun SISTER Cloud DIKTI. 

Tidak hanya dosen, administrator juga harus memeriksa dan memastikan bahwa pengaturan API telah diperbaharui untuk menggunakan SISTER Cloud, bukan lagi menggunakan SISTER Perguruan Tinggi.

Diharapkan bahwa integrasi antara SEVIMA Platform dan SISTER Cloud DIKTI akan mempermudah manajemen data kepegawaian di perguruan tinggi. Dengan begitu, proses pengumpulan data untuk keperluan Beban Kerja Dosen (BKD) dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Keren! STBA JIA Raih Peringkat ‘Baik’ dari BAN-PT, Maksimalkan SEVIMA Platform untuk Pelaporan PDDikti

Tertarik merasakan kesuksesan pelaporan SISTER dan kemudahannya melalui SEVIMA Platform? Yuk segera konsultasi dengan TIM SEVIMA di sini atau kunjungi SEVIMA.COM. untuk informasi terkait sistem informasi akademik lainnya. 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×