Dunia Akademik | Seputar Pendidikan | Teknologi

Apa Itu Edutech? Pengertian, Manfaat dan Prakteknya

SEVIMA.COM – Apa itu EdTech atau Edutech? EdTech adalah kepanjangan dari Education Technology yang merupakan sebuah inovasi teknologi baru di bidang pendidikan. 

Apalagi pandemi covid-19 memaksa setiap orang untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Sehingga, kegiatan belajar mengajar kemudian bertransformasi menjadi daring menggunakan sejumlah teknologi komunikasi jarak jauh.

Nah, itulah peran EduTech sangat besar disini. Sehingga membawa perubahan besar bagi dunia pendidikan khususnya para pelajar atau dosen terutama pada kegiatan belajar mengajar.  Jadi, apa itu EduTech? Apa manfaat dan bagaimana penggunaanya?

Baca juga: Apa Itu Institusi Edutech? Kenapa Jokowi Sangat Gencar Dorong Perguruan Tinggi

Apa itu EdTech?

Pertama harus mengenal Edutech itu apa? Dikutip dari Wikipedia, Edutech merupakan singkatan dari Education Technology, dapat diartikan sistem pendidikan modern yang mengacu pada penggunaan hardware dan software yang dirancang untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di ruang kelas serta meningkatkan hasil pendidikan

Selain pengalaman pendidikan, edutech atau teknologi pendidikan didasarkan pada pengetahuan teoritis dari berbagai disiplin ilmu seperti komunikasi, pendidikan, psikologi, sosiologi, kecerdasan buatan, dan ilmu komputer. 

Ini mencakup beberapa domain termasuk teori pembelajaran, pelatihan berbasis komputer, pembelajaran online, m-learning, di mana teknologi seluler digunakan.

Apa Manfaat Edutech?

Dilansir dari Jakartainsight.com, dengan adanya EdTech ini,  kegiatan belajar mengajar jauh lebih menyenangkan untuk dilakukan. Dikemas dengan teknologi yang modern, pembelajaran di kelas yang mana dulunya dilakukan secara konvensional, kini beralih menjadi lebih modern dan asyik untuk diikuti para pelajar.  

Selain itu, pembelajaran yang menggunakan teknologi juga sangat membantu para pelajar dan dosen untuk lebih mudah berinteraksi satu sama lain. Proses inilah yang akan membantu para pelajar dan dosen bisa mengetahui peran penting masing-masing.  Sehingga antusiasme terhadap setiap pembelajaran bisa terasa lebih menyenangkan dan menarik untuk diterapkan. 

Selain itu, pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan Edutech sangat efektif. Tenaga pendidik dan pengajar tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk melakukan diskusi atau kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar akan jauh lebih efektif dengan teknologi yang ada. 

Bagaimana Perkembangan EduTech di Indonesia?

Saat ini, di Indonesia sendiri EdTech sudah mulai berkembang dengan pesat. Bahkan berdasarkan hasil riset pemerintah Indonesia pada tahun 2021, jumlah education technology Indonesia sudah mencapai kisaran 210 startup EdTech. 

Yang artinya, adanya EdTech ini sangat  diminati oleh masyarakat di Indonesia dan pastinya membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan di tanah air. 

Berbagai macam platform EdTech di tanah air memanfaatkan media ini untuk menyajikan berbagai macam materi pembelajaran, sistem akademik kampus, dan berbagai kebutuhan pendidikan lainnya. 

Salah satu perusahaan EdTech di Indonesia yang menyediakan berbagai macam platform kebutuhan pendidikan khusus perguruan tinggi adalah SEVIMA. SEVIMA merupakan sebuah perusahaan Education Technology di Indonesia yang membantu perguruan tinggi di Indonesia untuk menemukan solusi pendidikan yang lebih bermutu dan berkualitas.  

Beberapa produk yang dimiliki SEVIMA mulai dari siAkadCloud, Gofeedercloud, SEVIMAPay, AkreditasiCloud, ProFeeder, Maukuliah, EdLink dan Karirlink.

Baca juga: 5 Manfaat Edutech Untuk Perkuliahan di Perguruan Tinggi

Bagaimana Praktek EdTech di Indonesia

EdTech di sebuah perguruan tinggi sangatlah penting. Terlebih pada kondisi pandemi seperti ini, kegunaan platform seperti ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan proses belajar mengajar mahasiswa dan dosen. 

Salah satu produk SEVIMA yang kini tengah booming dalam mengatasi Learning management system atau LMS adalah EdLink. EdLink membantu para pelajar dan pendidik untuk lebih bisa melakukan kegiatan belajar mengajar dalam metode pembelajaran jarak jauh. 

Di dalam platform ini tersedia berbagai fitur, seperti video conference, kuis online, jadwal kelas online, hinga absensi online. Mahasiswa bisa dengan mudah mengakses platform ini meskipun mereka berada jauh dari lokasi kampus. Jadi, meskipun terhalang jarak dan waktu, mahasiswa masih bisa mengakses pelajaran dengan mudah dan cepat. 

Nah, sekarang kita sudah tahu kan bagaimana manfaat Edtech di dunia pendidikan tanah air. Semoga dengan berkembangnya Edtech di Indonesia selalu membawa angin segar bagi pendidikan tinggi ya. 

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar