support@sevima.com

 +62 31 8722719


Akreditasi Dunia Kampus 

Wah Ada Aplikasi SISTER, Apalagi Nih? Saudaranya FEEDER kah?

 

adminweb

 

27 Maret 2018

SEVIMA.CO.ID – Banyak perguruan tinggi yang belum tahu jelas tentang aplikasi yang baru dilaunching oleh Dirjen SDID Ristek DIKTI ini. SEVIMA akan mencoba membantu menjelaskan

Q : Apa itu SISTER ?
A : SISTER adalah sebuah aplikasi yang dirancang sebagai One Stop Service bagi layanan terhadap data portofolio, perubahan data dosen, dan proses-proses lain terkait kepangkatan / karir dosen.
(Paduan Penggunaan SISTER)

Q : Ada Dasar Hukumnya ?
A : Sesuai dengan surat Edaran nomor 649/D1 Tahun 2018 tanggal 23 Februari 2018 yang keluarkan oleh Direktorat Jendral Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi terkait tentang Implementasi Sistem Informasi SumberDaya Terintegrasi (SISTER).
(Surat Edaran Implementasi SISTER)

Q : Masalah apa yang dipecahkan oleh SISTER ?
A : Seringkali data-data formal terkait aktivitas dosen, riwayat pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat tidak dimanage dengan baik dan terpencar dimana-mana. Dosen seringkali disibukkan dengan mengumpulkan data-data tersebut untuk proses-proses seperti pengajuan angka kredit, sertifikasi dosen, dan akreditasi institusi. Faktanya pekerjaan administratif ini kadang juga menganggu aktivitas utama seorang Dosen untuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Pada akhirnya diharapkan pendokumentasian aktivitas tridarma dan peningkatan karir dosen dapat berjalan lebih mudah, lebih efisien dan lebih memberikan kepastian informasi dengan menggunakan SISTER.

Q : Apa Hubungan SISTER dan FEEDER ?
A : Integrasi data dengan PDDIKTI Feeder, merupakan salah satu keunggulan pendataan Sister karena tidak perlu input data yang sama berulangkali, data yang sudah terlaporkan melalui Feeder PDDIKTI otomatis akan disinkronisasi dua arah dengan aplikasi SISTER. Melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya. Melalui SISTER juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut. Integrasi antara SISTER dengan Pangkalan Data Dikti akan mengurangi beban dosen dalam pengisian portofolio. Semua aktivitas pengajaran tidak perlu diisikan ulang di SISTER karena telah terintegrasi dengan PD-Dikti.

Q : Di Perguruan Tinggi saya sudah ada Sistem Informasi Kepegawaian masa entry dua kali ?
A : Tenang aplikasi SISTER sudah menyediakan Web Service sama seperti Feeder, tidak perlu kuatir bagi PT yang memiliki / telah mengembangkan Sistem Database Kepegawaian, data bisa diintegrasikan lewat Web Service SISTER yang telah disediakan.
(Panduan Web-Service SISTER via YouTube : https://goo.gl/FZDfgj)
….
Q : Saya masih belum mengerti dan ingin bertanya lebih jauh, kemana ini jalurnya ?
A : Kemeristek DIKTI telah memiliki layanan helpdesk yang keren tersedia dalam web dan aplikasi mobile di playstore. Cari saja dengan kata kunci SIGAP (Google Playstore) atau meluncur ke alamat http://sigap.pddikti.ristekdikti.go.id/, pertanyaan atau komplain anda akan segera diresponse dalam hitungan jam. Jangan lupa pilih helpdesk SUMBERDAYA.
….
SEVIMA: Take IT Easy

Baca Juga :


Komentar


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami