kemendikbud | Pelaporan PDDikti

Cara Instalasi Feeder PDDikti Lengkap Dari Awal [Terbaru]

SEVIMA.COM – Tutorial dan cara instalasi Feeder PDDikti lengkap mulai dari awal hingga patch terbaru. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau yang biasa dikenal dengan PDDIKTI adalah kumpulan data penyelenggaraan kegiatan Pendidikan Tinggi di seluruh Perguruan Tinggi yang terintegrasi secara nasional. 

Untuk bisa melaporkan data ke PDDIKTI perguruan tinggi harus instal aplikasi Feeder PDDikti. Karena pelaporan data ini bersifat wajib untuk perguruan tinggi dibawah naungan Kemendikbud, berdasarkan Permenristekdikti nomor: 61 tahun 2016 pada pasal 10 butir (7) dan Pasal 12 butir (3), perguruan tinggi yang tidak menyampaikan laporan secara benar akan mendapat sanksi.

Pentingnya PDDikti Feeder

Melakukan pelaporan data ke PDDIKTI ini sangat penting, karena data tersebut akan digunakan juga untuk kepentingan PIN, SIVIL, SISTER, SIM TENDIK, persyaratan beasiswa, KIP, proses akreditasi BAN PT/LAMP, penjaminan mutu, penelitian dan jurnal, hingga proses UJIKOM untuk prodi kesehatan. 

Cara Instalasi Feeder PDDikti

Versi aplikasi Feeder PDDIKTI yang terbaru adalah Feeder PDDIKTI v4.0, yang telah diperbarui kembali pada tanggal 5 Desember 2020 lalu. Berikut adalah panduan menginstal aplikasi bagi pengguna baru dan update Feeder PDDIKTI bagi pengguna lama. 

Persiapan Instalasi Feeder PDDikti

Sebelum melakukan instal Feeder PDDikti, Anda harus melakukan beberapa persiapan dan tahapan agar instalasi dan update Feeder menjadi lebih lancar.

1. Tentukan Tempat Instalasi

Anda harus menentukan tempat instalasi Feeder PDDikti dimana, bisa menggunakan Windows atau Linux.

2. Download Aplikasi Fresh Feeder PDDikti

Anda harus mendownload atau mengunduh Fresh Installer Feeder PDDikti yaitu installer Feeder PDDikti patch 3.2. Anda bisa mendapatkan installer Feeder PDDikti di laman Resminya: http://pddikti-admin.kemendikbud.go.id/ (Baca: Cara Mendapat Akun Feeder PDDikti)

Cara Instalasi Feeder PDDikti

3. Download Patch Updatenya

Lalu setelah itu, lakukan download patch updatenya hingga patch terbaru Feeder 4.0. 

Cara Instalasi Feeder PDDikti 

4. Lakukan Generate Prefill

a. lanjutkan dengan meng-klik tombol “Generate Prefil”, seperti gambar berikut:

Cara Instalasi Feeder PDDikti

b. lalu tunggu sampai proses pembuatan prefill selesai. Jika sudah selesai, maka tampilannya seperti gambar dibawah. Silahkan meng-klik tombol “Download” dan download filenya. File hasil download, silahkan di simpan di drive C:\prefill_pddikti.

Cara Instalasi Feeder PDDikti

 

c. Copy “Kode registrasi” untuk masuk ke laman PDDikti nantinya, seperti gambar berikut, (Setiap akun berbeda dan bisa diubah).

Cara Instalasi Feeder PDDikti

Cara Instalasi Feeder PDDikti

A. Cara Instalasi Feeder PDDikti Di Windows

Setelah persiapan sudah Anda lakukan semua, mari kita mulai dengan melakukan proses instalasi Feeder PDDikti di Windows, karena banyak banget yang menggunakan Windows.

1. Double klik Installer yang sudah terdownload di folder kita, seperti gambar berikut:

Cara Instalasi Feeder PDDikti

2. Setelah itu akan muncul tampilan dialog “Pemilihan Port” sebagaimana gambar berikut, silahkan klik tombol “Lanjut”.

Cara Instalasi Feeder PDDikti

3. Muncul tampilan dialog “Kesepakatan atas Lisensi” sebagaimana gambar berikut. Silahkan pilih “Saya setuju dengan kesepakatan tersebut” lalu Klik tombol “Lanjut”.

Cara Instalasi Feeder PDDikti

4. Muncul tampilan dialog “Informasi” sebagaimana gambar berikut, lalu Klik tombol “Lanjut”.

Cara Instalasi Feeder PDDikti

5. Silahkan tunggu proses instalasi sampai muncul tampilan dialog “Konfigurasi Server PDDIKTI” sebagaimana gambar berikut lalu klik tombol “Lanjut”.

Cara Instalasi Feeder PDDikti

6. Silahkan tunggu proses Konfigurasi Server PDDIKTI sampai selesai, hingga muncul tampilan dialog sebagaimana gambar berikut, silahkan uncheck/buang centang di pilihan “Jalankan PDDIKTI” lalu klik tombol “Selesai”.

Cara Instalasi Feeder PDDikti

7. Silahkan akses feeder dengan meng-klik icon klik dobel ikon PDDIKTI di desktop atau langsung menuliskan alamat feeder lokal di browser, yaitu : http://localhost:8082 hasilnya akan muncul tampilan sebagai berikut, silahkan klik tombol “Data Awal”

Cara Instalasi Feeder PDDikti

8. Muncul tampilan sebagaimana berikut. Silahkan isi di kolom “Kode Registrasi” dengan kode yang di copy dari persiapan langkah instalasi, lalu klik tombol “Memuat Prefill”. silahkan menunggu sampai proses pemasangan selesai.

Cara Instalasi Feeder PDDikti 

9. Jika tidak ada kendala, maka akan tampil gambar seperti berikut yang menunjukkan proses pemasangan sudah selesai. silahkan klik tombol “login”.

Cara Instalasi Feeder PDDikti

10. Maka akan muncul tampilan sebagaimana gambar dibawah. silahkan login dengan akun dan password AdminPT dan login as AdminPT, lalu untuk pertama kali, usahakan komputer feeder terkoneksi dengan internet kecepatan stabil dan melakukan sinkronisasi sampai 100% untuk pertama kali.

Cara Instalasi Feeder PDDikti

11. Selamat, Anda sudah berhasil melakukan Instalasi Feeder PDDikti di Windows, setelah selesai Insya Allah Feeder PDDIKTI siap digunakan untuk pelaporan data kampus.

B. Cara Instalasi Feeder PDDikti Di Linux

Sekarang kita beralih untuk Anda pengguna di Linux. Untuk instalasi Feeder PDDikti di Linux prosesnya sedikit berbeda dengan pengguna Windows, namun alurnya hampir mirip.  

1. Pertama Anda harus mendownload mulai dari Fresh Installer Feeder PDDikti patch 3.2. hingga yang terbaru. Download nya sama, di laman Resminya: http://pddikti-admin.kemendikbud.go.id/

Cara Instalasi Feeder PDDikti

2. Jalankan Installer PDDIKTI Feeder

3. Tuliskan “./INSTAL” untuk memulai Instal

4. Tunggu hingga muncul aplikasi Feeder sudah selesai terinstal

5. Ketik “Is -la” untuk melihat file dan ketik “./UPDATE_PATCH.3.3”. Tunggu hingga proses selesai dan proses update hingga V 4.0

6. Setelah Aplikasi selesai diinstal sampai patch terbaru. lalu, ketikkan “cd ../prefill_copy” untuk masuk ke folder menyimpan file prefill yang telah di download

7. Ketik “cp ‘namaprefill.prf’ /home/prefill/” untuk mengcopy file prefill ke folder yang seharusnya

8. Buka aplikasi PDDIKTI Feeder, kemudian klik “Data Awal” untuk memuat prefill

9. Muncul tampilan sebagaimana berikut. Silahkan isi di kolom “Kode Registrasi” dengan kode yang di copy dari persiapan langkah instalasi, lalu klik tombol “Memuat Prefill”. silahkan menunggu sampai proses pemasangan selesai.

10. Selamat, Anda sudah berhasil melakukan Instalasi Feeder PDDikti di Linux, setelah selesai Insya Allah Feeder PDDIKTI siap digunakan untuk pelaporan data kampus.

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Perguruan Tinggi

1. Jangan mengisi dari database langsung, karena akan terjadi eror sebagai gambar berikut

2. Pastikan Anda mendownload installer Feeder PDDikti di laman resmi PDDIKTI Kemendikbud

3. Satu Perguruan tinggi cukup instal 1 aplikasi Feeder PDDikti

Demikian panduan tutorial, cara Instalasi Feeder PDDikti lengkap dari nol hingga bisa digunakan. Semoga tutorial ini bisa membantu teman-teman yang baru mengenal Feeder PDDikti, jangan lupa di share agar teman-teman operator kampus lain pada tahu. #PejuangPDDikti

Untuk rekan-rekan yang suka melalui video bisa cek cara Instalasi Feeder PDDikti lengkap mulai dari nol disini:

1. Kenal Lebih Dekat dengan PDDIKTI Feeder Eps. 1

2. Cara Instalasi PDDIKTI Feeder v4.0

3. Penjelasan Role Admin PDDIKTI Feeder dan Checkpoin Pelaporan Data

Bagikan artikel ini

Komentar