7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Premium: Pengelolaan Keuangan Institusi Pendidikan: Menavigasi Laporan Keuangan untuk Pertumbuhan dan Inovasi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 07 Feb 2024

Belajar Mudah dengan Metode Pembelajaran Flipped Classroom pada Edlink SEVIMA Platform, Seperti apa?

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Kualitas dan mutu pendidikan di sebuah perguruan tinggi bisa diciptakan melalui metode pembelajaran yang tepat. Ditambah dengan pemanfaatan teknologi yang tepat guna, maka akan memperbaiki kualitas pembelajaran semakin baik. 

Untuk mewujudkan pembelajaran terbaik di Indonesia, SEVIMA, turut berkontribusi mengembangkan modul Edlink SEVIMA Platform. Melalui fitur ini, perguruan tinggi bisa lebih mudah menerapkan model pembelajaran flipped classroom. Metode ini kini bisa memudahkan dosen dan mahasiswa untuk belajar lebih fleksibel dan tepat sasaran. 

Seperti apa model pembelajaran flipped classroom pada EdLink SEVIMA Platform? Yuk simak penjelasan di bawah. 

Baca juga: Tingkatkan Akreditasi dan Branding Kampus dengan Personalize LMS SEVIMA Edlink

Model Pembelajaran Flipped Classroom sebagai Pilihan Pembelajaran Terbaik

Sebelum membahas lebih jauh, yuk melipir sebentar untuk membahas metode pembelajaran efektif dengan metode flipped classroom. 

Jadi metode flipped classroom bisa dikatakan sebagai salah satu faktor pendorong kualitas pendidikan di Indonesia. Metode ini sangat mudah diaplikasikan oleh dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. 

Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang mengadopsi metode ini, Apalagi semenjak pandemi empat tahun silam, model pembelajaran flipped classroom banyak dimanfaatkan. Dosen dan mahasiswa di kampus bisa menyesuaikan waktu pembelajarannya secara langsung dan juga bisa mengikuti pembelajaran secara daring dengan Modul EdLink SEVIMA Platform. 

Model pembelajaran flipped classroom merupakan pembelajaran hybrid yang semakin mudah untuk diimplementasikan. Proses pembelajarannya dibagi menjadi dua, yaitu tatap muka (luring) dan daring. 

Seperti kegiatan pembelajaran tatap muka pada umumnya, dosen biasa menjelaskan dan membimbing mahasiswa untuk melakukan latihan, diskusi, presentasi, maupun project. Nah, sementara proses pembelajaran daring, beberapa kegiatan diskusi, presentasi, ujian, serta kuis bisa dilakukan melalui perangkat masing-masing.

Selain belajar di mana dan kapan saja, metode pembelajaran hybrid juga memiliki sisi positif, salah satunya mendorong bagi dosen dan mahasiswa lebih memanfaatkan teknologi dengan maksimal. Oleh karena itu, penerapan metode flipped classroom seperti ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi perguruan tinggi Anda. 

Penerapan Flipped Classroom dengan fitur EdLink SEVIMA Platform

Bagaimana dengan penerapan flipped classroom di SEVIMA Platform? berikut adalah langkah-langkahnya. 

  1. Sebelum melakukan pelaksanaan pembelajaran, dosen dapat melakukan persiapan dengan memberikan materi perkuliahan dan tugas menggunakan fitur Materi dan Tugas di EdLink SEVIMA Platform dapat berupa video dan e-book.
  2. Selanjutnya, selain menyediakan bahan lengkap, dosen dapat mendampingi mahasiswa melakukan diskusi dengan fitur Diskusi Kelas. Melalui fitur ini, dosen dapat melakukan kegiatan tanya-jawab untuk memastikan bahwa mahasiswa mengerti terkait tugas yang diberikan.
  3. Setelah proses pembelajaran dan diskusi, dosen dapat memberikan tes untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa dengan fitur Quiz dari SEVIMA Edlink sebagai evaluasi pembelajaran apakah sudah efektif atau tidak. Keunggulan lainnya, SEVIMA Edlink menghadirkan fitur proctoring untuk mencegah terjadi kecurangan selama mengerjakan quiz
  4. Agar pembelajaran sebagai aktif dan interaktif, SEVIMA Edlink telah mendukung fitur Student Engagement Score (SES) yang dapat memantau keaktifan mahasiswa secara otomatis tanpa perlu memeriksa mahasiswa secara satu per satu. Melalui fitur ini, dosen akan mengetahui mahasiswa yang aktif dan tidak sehingga dapat memonitoring tingkat efektivitasnya secara real time
  5. Setelah sesi pembelajaran daring, dosen dapat memberikan penguatan materi yang diberikan secara tatap muka agar pembelajaran lebih efektif.

fitur ses

Baca juga: SEVIMA Luncurkan Personalisasi Branding Kampus di SEVIMA EdLink, Bisa Ganti Warna dan Link Website LMS

Edlink SEVIMA Platform bukan hanya tempat pembelajaran online, melainkan mitra pembelajaran terbaik bagi mahasiswa. Bagi Anda yang ingin memiliki platform pembelajaran terbaik untuk kampus, yuk segera konsultasikan dengan Tim SEVIMA atau kunjungi  Edlink untuk informasi lebih lanjut. . 

 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×