+62 812-9000-4560     support@sevima.com


Cara Meningkatkan Hingga 50% Jumlah Mahasiswa dengan Digital Marketing Kampus

Dunia KampusTeknologiTips & Trik
 

adminweb

 

03 Oktober 2019

SEVIMA.COM – Apakah saat ini kampus anda sedang bersaing untuk mendapatkan mahasiswa? jika iya, sekarang Anda sedang membaca artikel yang tepat, yang akan memberikan solusi untuk meningkatkan jumlah mahasiswa pendaftar dengan teknik digital marketing perguruan tinggi.

Kita tahu, jumlah perguruan tinggi yang terus meningkat dan bertambah setiap waktunya tentu saja menyebabkan persaingan yang sangat ketat oleh antar kampus atau perguruan tinggi dalam mendapatkan calon mahasiswa setiap tahunnya. Persaingan dalam mendapatkan mahasiswa baru ini setiap tahunnya akan semakin tinggi, sehingga apabila kampus tidak membranding atau tidak dikenal oleh masyarakat tentu saja akan kewalahan bahkan bisa-bisa akan tutup secara perlahan.

Dalam mendapatkan calon mahasiswa untuk bisa bergabung tentu saja apapun akan dilakukan oleh pihak kampus, termasuk menampilkan setiap kelebihan yang dimiliki oleh kampus atau perguruan tinggi tersebut. Hal yang dilakukan untuk mempromosikan kampus tersebut dinamai dengan membranding kampus, dimana kampus yang sudah memiliki branding akan bisa tetap eksis di mata masyarakat setiap tahunnya dan tidak akan kekurangan mahasiswa, melainkan jumlah mahasiswa akan terus meningkat karena brand yang dimiliki kampus tersebut.

Apabila kampus melakukan promosi tidak maksimal tentu saja akan menyebabkan kurangnya mahasiswa yang terdaftar. Itu semua berefek kepada pendapatan dan biaya operasional kampus. Dampak buruknya kampus sering kewalahan ketika melakukan promosi kampus ini.

Ragam cara yang biasa dilakukan oleh kampus dalam mempromosikan kampus dan biasanya menyebarkan brosur dengan mengunjungi sekolah-sekolah terdekat dan memasang spanduk di jalan. Namun, cara itu tidak terlalu efektif. Karena membutuhkan banyak biaya serta waktu.

Baca juga: Strategi Branding Perguruan Tinggi Untuk Menarik Minat Mahasiswa Baru

Sementara sebagaimana yang kita ketahui bahwa perkembangan zaman saat ini menuntut semua aktivitas yang kita lakukan supaya lebih instan dan cepat serta mudah didapatkan. Tentu saja membutuhkan sebuah sistem atau cara yang dapat bekerja dengan cepat dan efesien. Lalu kita juga bisa melihat pola dan kebiasaan para remaja zaman sekarang yang bisa dikatakan tidak terlepas dengan namanya internet. Mereka lebih sering bermain di dunia maya jika dibandingkan dengan dunia nyata. Mereka berselancar di internet untuk mencari materi terkait pelajaran maupun bersosialisasi atau media sosial. Dengan memanfaatkan teknologi kita bisa membangun sebuah terjangan baru dalam mempromosikan kampus yang disebut dengan Digital Marketing Kampus.

Digital marketing kampus merupakan sistem atau aplikasi yang digunakan untuk melakukan marketing atau cara memasarkan kampus. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan brand kampus baik untuk lingkungan sekitar maupun di lingkungan luar. Program ini bisa menggunakan sosial media seperti : Facebook, instagram, website, Fb Ads, dan design branding campus (Pembuatan Video Animasi Kampus).

Manfaat dan Kelebihan Menggunakan Digital Marketing Kampus:

1. Informasi seputar kampus akan tersebar dengan luas dan cepat

Menggunakan digital marketing kampus ini maka informasi mengenai kampus atau perguruan tinggi akan tersebar lebih luas bahkan lebih cepat dari dugaan. Tidak hanya di dalam daerah bahkan dunia.

2. Menghemat biaya promosi

Digital Marketing Kampus ini bisa menghemat biaya dalam promosi serta waktu untuk promosi. Karena, tidak dibutuhkan lagi kertas dan browsur dan informasi cukup melalui media bisa tersebar lebih luas

3. Memberikan Kemudahan

Calon pendaftar akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi seputar kampus tersebut.

4. Menuju Era Internet Of Thing

Pada tahun 2020 diperkirakan dunia akan memasuki era baru yang bernama Internet of Things (IoT), hal ini dinyatakan oleh Lembaga riset teknologi Gartner. Dimana segala hal akan terintegrasi dengan internet, mulai dari ponsel, jam tangan, lemari es, mobil, dan banyak hal lainnya. Tentu saja digital marketing akan lebih banyak dimanfaatkan jika dibandingkan dengan cara konvensional.

Bagaimana, apakah kampus Anda siap menggunakan digital marketing untuk menarik minat mahasiswa baru? dan bagi rekan-rekan yang sudah menggunakan, bisa nih di share pengalamannya di kolom komentar. Oh iya jika perguruan tinggi Anda sedang menuju digitalisasi kampus bisa banget bergabung dengan SEVIMA untuk pengembangan kuliah online atau pengembangan sistem informasi akademik kampus.

Komentar :


Hubungi Kami

Butuh bantuan? Team Support SEVIMA siap melayani Anda 24 jam sehari 7 hari seminggu, silahkan menghubungi kami ke +62 812-9000-4560 atau Email support@sevima.com

 Hubungi kami