7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Berita • 19 Oct 2021

Disebut Mirip Markas Avenger, Ternyata Gedung Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP)

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir sampaikan tahniah/selamat atas diresmikannya Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) pada (9/10), yang digelar secara blended.

Dalam pidato sambutannya, Haedar menceritakan pada peletakan batu pertama, di mana saat itu dirinya tidak memperkirakan bahwa pembangunan gedung selesai secepat ini, dan ini sebagai kebanggaan atas pembangunan yang dilakukan secara kolaboratif oleh kader-kader terbaik persyarikatan.

Gedung Rektorat UMPP sebagai gedung tertinggi saat ini di Kabupaten Pekalongan, Haedar berharap lulusannya selaras ketinggian nya dalam memberikan manfaat dan keilmuan.

“Muhammadiyah memang selalu berusaha membangun, membangun, dan membangun, dan pembangunan ini selalu merasa tidak puas. Dan ini tandanya ada kehidupan,” ucapnya.

Baca juga : Naik Level jadi Universitas, Bina Taruna Jadi Percontohan Kampus Swasta Di Gorontalo

UMPP ini menurut Haedar adalah bagian integral dengan 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (PTMA). Jumlah tersebut merupakan bukti keberpihakan Muhammadiyah bidang pendidikan.

Melimpahnya jumlah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), bagi Haedar tidak boleh hanya ada, tapi juga ada dan menjadi yang terbaik di bidangnya masing-masing. Sebab, hal itu selaras dengan perintah Al Qur’an untuk menjadikan umat Islam sebagai umat yang terbaik.

Rektor UMPP, Nur Izah dalam sambutannya menjelaskan, pembangunan gedung memakan waktu sampai 1 tahun 5 bulan, molor kurang lebih 500 hari akibat tersendat pandemi Covid-19, gedung rektorat ini terdiri 7 lantai dengan luas total 4777 m persegi dan total anggaran lebih dari 40 M

“Gedung ini menjadi ikon di Pekalongan, selain sebagai gedung tertinggi di sini, bentuknya juga unik. Sempat viral di media sosial, disebut sebagai markas Avenger,” tuturnya.

Dia berharap gedung ikonik ini buka hanya kokoh secara fisik, namun juga kuat secara keilmuan yang bisa memberikan manfaat secara luas. Sisi artistik gedung selain dimaksudkan untuk mempercantik tampilan, juga sebagai ikhtiar menjadi tempat yang nyaman untuk belajar.

“Gedung ini sebagai tambahan fasilitas terkait dengan penambahan tiga program studi baru di UMPP,” imbuhnya.

UMPP saat ini terus berbenah diri memperbaiki kuantitas, dengan 17 prodi yang ada dan akan terus bertambah. Serta melakukan perbaikan secara kualitas sumberdaya manusia, dengan memberikan pendidikan lanjut bagi para dosen UMPP.

Baca juga : Selamat! Sekolah Tinggi Al-Khairiyah Resmi Jadi Universitas, Satu-Satunya di Cilegon

Sementara itu, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah, Tafsir menjelaskan bahwa Pekajangan sebagai tempat spesial dan merupakan kampung Muhammadiyah, dan berdirinya UMPP memperkokoh julukan itu. Kedepan, Pekajangan bukan lagi kampung tapi ini titik Muhammadiyah yang mendunia.

Atas nama pimpinan wilayah Muhammadiyah Jateng, Tafsir menyampaikan selamat atas peresmian gedung rektorat UMPP ini. Dia berharap UMPP menjadi milestone Muhammadiyah dalam mencerahkan, mencerdaskan umat dan bangsa.

Sedangkan Bupati Kabupaten Pekalongan, Faizah Rafiq berharap UMPP bisa menjadi percontohan universitas di daerahnya untuk semakin maju. Selain itu, kepada lulusannya bisa membantu pemerintah dalam mengentaskan masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat umum.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×