Berita | Dunia Kampus

Kebutuhan Teknologi Digital dan Penyelesaian Masalah Yang Paling Dibutuhkan

SEVIMA.COM- Teknologi digital adalah salah satu sarana yang dewasa ini menjadi pusat berkembangnya pendidikan di seluruh dunia. Tak terkecuali pendidikan di Indonesia. 

Berbagai macam upaya dilakukan untuk membentuk pendidikan tinggi yang melek teknologi.Teknologi digital bisa dikatakan sebagai ujung tombak untuk merombak perbaikan pendidikan menjadi lebih baik. Perbaikan tersebut mencakup infrastruktur, sistem akademik, kegiatan belajar mengajar, hingga fasilitas pelayanan kampus. 

Pemanfaatan teknologi ini sebenarnya sudah mulai digagas  jauh sebelum pandemi mewabah di negeri ini. Namun penerapannya mulai gencar dilakukan pasca situasi belajar mengajar secara tatap muka mulai ditiadakan. 

Baca juga: SEVIMA Ikut Sukseskan Program Kampus Merdeka

Teknologi digital dan Perguruan Tinggi

Menurut Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P.,Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, kebutuhan teknologi digital di perguruan tinggi mampu menaklukan tantangan zaman. Saat ini, kebutuhan teknologi sudah menjadi suatu kebutuhan khusus dalam pendidikan. Untuk itu mahasiswa diharapkan mampu menguasai teknologi dengan baik. 

Paris mengatakan, bahwa Mendikbud RI Nadiem Makarim juga mendukung atas tumbuh kembang teknologi di dunia pendidikan. Menurutnya, banyak kebutuhan teknologi yang harus dipelajari, seperti  Cloud Computing dan Big Data Analytics. 

Apapun jurusannya, wajib melek teknologi

Kebutuhan ini tidak bisa jika hanya dilakukan di dalam kelas saja, namun mahasiswa juga harus kreatif dan aktif untuk mencari ilmu dari luar. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mendukung program kampus merdeka yang sudah diprakarsai oleh pemerintah. 

“Pemerintah sangat mendukung penuh jika mahasiswa melakukan studi di luar. Memang, tidak semua mata kuliah menyediakan pembelajaran dengan teknologi. Nah, mahasiswa harus punya inisiatif sendiri untuk mencari ilmu tentang teknologi digital di luar kampus,” ujar Paris pada Webinar Kamis (25/02/2021) lalu. 

Meskipun mahasiswa tersebut dari jurusan apapun, mereka juga wajib untuk belajar teknologi di luar kampus. Paris berharap, dengan berbekal teknologi tersebut diharapkan dapat mencetak sumber daya manusia yang kompeten. Dan kebutuhan industri pun bisa terpenuhi dengan baik. 

Baca juga: Sesditjen Dikti: SEVIMA Menginspirasi Indonesia dan Dunia

Top 10 Skill yang paling dicari di 2025

Perkembangan teknologi yang terus menerus, rupanya akan berimpak pada kebutuhan skill di masa yang akan datang. Dalam penjelasannya melalui Zoom Webinar Kamis (25/02/2021) lalu, Paris membeberkan bahwa terdapat 10 skill yang sangat dicari pada tahun 2025.  

Beberapa skill yang akan dibutuhkan pada tahun 2025, antara lain:

  1. Analytical thinking and innovation
  2. Active learning and learning strategies
  3. Complex problem-solving
  4. Critical thinking analysis
  5. Creativity, originality, and initiative
  6. Leadership and social influence
  7. Technology use, mentoring, and control
  8. Technology design and programming
  9. Resilience, stress tolerance, and flexibility
  10. Reasoning, problem-solving, and ideation

Jika di dalam kampus tempat mahasiswa belajar tidak tersedia tempat pembelajaran skill tersebut, mahasiswa bisa melakukan pembelajaran di luar kampus. Kegiatan ini akan diwadahi melalui program merdeka belajar. Untuk itu, kedepan skill mahasiswa bisa terbentuk dengan baik.  

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar
Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!