4 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 04 Apr 2024

Kiat Sukses Integrasi LMS dengan SPADA Indonesia

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Sistem Pembelajaran Daring Indonesia (SPADA) adalah program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti guna meningkatkan akses pemerataan pendidikan bermutu di perguruan tinggi. Untuk mencapai hal tersebut, perguruan tinggi saat ini disarankan mengintegrasikan Learning Management System (LMS)  perguruan tinggi dengan SPADA di Indonesia. 

Untuk membantu perguruan tinggi mengintegrasikan LMS dengan SPADA Indonesia, SEVIMA mengadakan webinar “Kiat Sukses Integrasi LMS dengan SPADA Indonesia” pada Kamis lalu (1/02) yang dihadiri ratusan admin sistem akademik perguruan tinggi. Webinar ini dihadiri oleh Dr. Alim Sumarto dan tim SPADA Indonesia. 

Beliau menjelaskan bahwa integrasi Learning Management System (LMS) dengan SPADA Indonesia sangat penting. Tidak hanya untuk mengukur tingkat kinerja penyelenggara, namun mahasiswa akan mendapatkan akses berbagai pembelajaran. 

“Integrasi LMS dengan SPADA akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa, seperti mengikuti course yang diselenggarakan oleh SPADA Indonesia dan berbagai perguruan tinggi lain,” jelas beliau terkait manfaat integrasi LMS dengan SPADA. 

Sebagai tambahan, kiat yang dibagikan Dr. Alim digunakan untuk LMS berbasis Moodle. Seperti apa kiat sukses integrasi LMS dengan SPADA? Yuk simak penjelasan berikut. 

Baca juga: SEVIMA Luncurkan Personalisasi Branding Kampus di SEVIMA EdLink, Bisa Ganti Warna dan Link Website LMS

Cara Mudah Integrasi LMS Melalui SPADA

Bagi Bagi Administrator Learning Management System (LMS) Kampus yang bertanggung jawab atas kinerja LMS,  dapat melakukan langkah yang disarankan Dr. Alim Sumarto agar berhasil melakukan integrasi dengan SPADA. 

1. Kunjungi website resmi SPADA Indonesia

spada indonesia

2. Klik panduan Integrasi LMS

Spada 2

3. Masuk ke Registrasi sebagai Admin LMS dan isi data yang dibutuhkan

4. Setelah itu, admin dapat melakukan validasi dengan meletakkan beberapa kode ke dalam server LMS milik kampus. Ini akan memvalidasi apakah admin kampus memiliki akses ke server atau tidak. 

Tutorial LMS No.4

5. Jika admin sudah tervalidasi, maka dapat langsung memasang plugin ke LMS. Admin dapat memilih plugin Moodle 3.11  yang mudah untuk diinstal.

Tutorial LMS No. 5

6. Kini LMS kampus sudah terhubung terintegrasi dengan SPADA. Untuk cross check, Admin kampus dapat melakukan pengecekan halaman depan LMS apakah sudah terdapat tampilan SPADA Kampus Merdeka atau tidak. 

Tutorial LMS No.6

Agar proses integrasi semakin mudah, kini Anda tak perlu khawatir lagi. SEVIMA EdLink sudah terintegrasi dengan SPADA Indonesia. Apa saja keuntungannya? Mari simak di bawah ini.  

Edlink SEVIMA Platform Telah Terintegrasi dengan SPADA

Kini LMS Edlink telah terintegrasi secara otomatis dengan SPADA Indonesia. Sehingga perguruan tinggi yang telah menggunakan Edlink tidak perlu melakukan integrasi secara manual. Poin plus dari integrasi LMS dengan SPADA, kini mahasiswa mendapatkan berbagai akses dari online course SPADA dengan mudah dan efisien. 

Baca juga: Tingkatkan Akreditasi dan Branding Kampus dengan Personalize LMS SEVIMA Edlink

Keuntungannya Integrasi LMS dengan SPADA Indonesia

  • Mempermudah akses mahasiswa terhadap pembelajaran berkualitas dari berbagai perguruan tinggi.
  • Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah dari perguruan tinggi lain yang menarik minat mereka, dengan tetap mengakui nilai yang diperoleh di perguruan tinggi asal.
  • Memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk mengakses materi perkuliahan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang dianggap memiliki standar kualitas yang lebih tinggi, sehingga membuka peluang untuk memperluas pengetahuan, keterampilan, dan wawasan.

Itu tadi kiat sukses dan lengkap cara integrasi LMS dengan SPADA Indonesia. Bagi perguruan tinggi yang tertarik untuk menggunakan LMS Edlink SEVIMA Platform yang telah terintegrasi secara otomatis dengan SPADA Indonesia, yuk segera diskusi dengan tim SEVIMA

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×