Berita | Success story

Perjuangan Implementasi Blended Learning Di Institut Bisnis Nusantara (IBN)

SEVIMA.COM – Saat pandemi yang panjang seperti sekarang ini, kita harus beradaptasi dengan keadaan. Salah satu inovasi yang dilakukan Institut Bisnis Nusantara (IBN) adalah menerapkan model pembelajaran blended learning.

Blended learning ini memberikan dua metode yang sesuai dengan gagasan sistem pendidikan oleh Kemendikbud Nadiem Makarim di tengah pandemi ini. Di samping dosen melakukan pembelajaran tatap muka di kampus, dosen dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti aplikasi untuk pengumpulan tugas atau penunjang media pembelajaran. 

Baca juga: Implementasi Blended Learning di Kampus LSPR Jakarta

Perjuangan Implementasi Blended Learning di IBN

Situasi sebelum pandemi, dengan sekarang sangat beda sekali, hampir semua perguruan tinggi terdampak, salah satunya kampus IBN. Institut Bisnis Nusantara awalnya tidak siap dengan situasi ini, apalagi juga belum mempersiapkan alternatif perkuliahan. Seperti yang diungkapkan oleh Rektor Institut Bisnis Nusantara ibu Dr. M.F. Christiningrum, Ak, CA.

“Bagaimana situasi sebelum pandemi itu beda sekali, kami terbiasa berkumpul, kuliah dengan tatap muka, kegiatan UKM, HIMA dan sebagainya, lalu kemudian pandemi itu masuk, dan akibatnya pada kampus, harus Study From Home.” 

“Saya dan tim termasuk yang tidak siap sama sekali, karena IBN tidak punya e-learning. Kondisi yang dulu nyaman lalu tiba-tiba tidak memungkinkan untuk perkuliahan, lalu apa? Tidak ada pilihan lain, IBN harus kuliah online dan mengandalkan teknologi.” Kata Ibu Rektor ketika Wawancara Virtual dengan tim SEVIMA.

Walaupun tidak siap dan tidak punya pengalaman, Institut Bisnis Nusantara tetap berusaha agar perkuliahan bisa dilakukan dengan semestinya dan bagaimana supaya mahasiswa terselamatkan.

“Kami dan tim kecil mempelajari bagaimana cara melakukan kuliah online dengan aplikasi yang disediakan oleh SEVIMA, pada waktu itu platform SEVIMA EdLink. Kami tidak punya pengalaman sama sekali, tapi kami dibimbing oleh tim SEVIMA, kemudian kita kumpulkan dosen tetap untuk dibimbing langsung. Apakah kami bisa memodifikasinya dimana-mana? Tidak sama sekali, kami hanya fokus bagaimana supaya mahasiswa terselamatkan.” Lanjut Christin

Baca juga: Bisa Ditiru, Penerapan Pembelajaran Blended Learning di STFK Ledalero NTT

Kunci Sukses Implementasi Blended Learning

Kunci sukses implementasi kuliah online di Institut Bisnis Nusantara itu adalah kerjasama semua civitas kampus dan dukungan dari pimpinan hingga yayasan dalam memfasilitasi kebutuhan kuliah online ini. Seperti menyediakan platform pembelajaran online dan ikut serta melihat proses dan progres perkuliahannya secara langsung.

Itulah cerita proses perjuangan pelaksanaan blended learning di Institut Bisnis Nusantara (IBN). Kerjasama, kerja keras dan dukungan pimpinan kampus menjadi kunci utama suksesnya pelaksanaan ini. Mungkin kampus Anda bisa mengambil pelajaran agar proses blended learning di kampus Anda berjalan dengan lancar.

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar