5 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Diskusi bersama Pelaporan ke PDDIKTI via Neofeeder 2.3.0 Terbaru Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 24 Dec 2023

PMB RPL dan PMB Reguler, Apa Bedanya?

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) kini semakin bervariasi. Dulunya PMB hanya menerima mahasiswa dari jalur reguler yang merupakan lulusan SMA/SMK/MA. Namun, sejak adanya peraturan RPL melalui Permendikbbudristek 41 Tahun 2021 dan surat edaran Kemendikbud Ristek Nomor 4221/EI/HK.01.01.2022 kini perguruan tinggi bisa membuka jalur ini. Kelebihan jalur RPL ini adalah mendukung penyetaraan pendidikan formal, informal, hingga pengalaman kerja calon pendaftar.

Kedua jalur ini masing-masing memiliki keunggulan. Jalur reguler unggul pada proses perkuliahan full untuk lulusan SMA/SMK/MA dalam proses pembelajarannya, sedangkan jalur RPL menekankan kompetensi dan  konversi SKS untuk pendaftar yang lebih memiliki pengalaman bekerja. 

Seperti apa perbedaan masuk di kedua jalur ini? Berikut pembahasannya.      

Baca juga: 170 Perwakilan Kampus Hadiri Workshop SEVIMA Tentang Pelaksanaan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

PMB Reguler

Berdasarkan definisinya, program perkuliahan reguler merupakan perkuliahan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi secara penuh waktu pada program yang telah memiliki izin penyelenggara dari pemerintah. Program jalur PMB diikuti oleh siswa yang telah lulus SMA/SMK/MA untuk lanjut ke jenjang yang lebih tinggi yakni perguruan tinggi.

PMB Reguler ini juga terbagi menjadi beberapa jalur lagi yakni:

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  3. Seleksi Mandiri
  4. Jalur tes berupa tes kemampuan dasar, wawancara, dan tes keterampilan 

PMB Jalur RPL

Program RPL merupakan pengakuan atas pencapaian pembelajaran individu untuk melanjutkan pendidikan di jenjang sarjana/magister. Pengalaman  yang menjadi dasar untuk melanjutkan pendidikan formal atau menyamakan kualifikasi tertentu. Program RPL ini terdiri dari dua tipe yakni Tipe A dan Tipe B. RPL tipe A ini program yang ditujukkan untuk calon mahasiswa sedangkan RPL tipe B untuk dosen. 

RPL Tipe A merupakan proses pengakuan atas hasil pembelajaran dari pendidikan formal, non formal, informal, dan pengalaman kerja. Jalur ini membutuhkan dokumen pelengkap seperti surat pernyataan telah bekerja minimal 2 tahun atau pernah mengenyam pendidikan sarjana namun belum selesai. 

Sistem Kredit Semester (SKS) RPL Tipe A-1 memiliki ketentuan sebagai berikut:

  1. Pengakuan Pembelajaran Lampau diberikan sebesar 75% dari 144 sks untuk Program Sarjana Terapan (D4) dan Program Sarjana (S1), 70% dari 36 sks untuk Program Magister (S2), dan 70% dari 42 sks untuk Program Doktor (S3).
  2. Pemohon dari perguruan tinggi yang memiliki RPL dapat diakui dengan jumlah sks yang lebih besar dari ketentuan di atas, jika direkomendasikan oleh program studi. Namun, mata kuliah yang diajukan harus sesuai dengan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang diakui dan memiliki bobot sks yang sama.
  3. Permohonan seperti yang disebutkan di poin 2 berlaku jika pemohon telah tidak menjadi mahasiswa selama minimal 2 tahun sebelum mengajukan RPL Tipe A-1, dengan alasan yang kuat yang dinilai oleh asesor.

Setelah diterima pengakuan atas pembelajaran lampau, pemohon bisa melanjutkan pendidikan di program studi yang dipilih hingga mendapatkan ijazah.

SEVIMA Luncurkan Modul PMB Kini Mempermudah Perguruan Tinggi

Proses pendaftaran mahasiswa baru baik reguler dan RPL membutuhkan banyak tenaga untuk memeriksa kelengkapan dan validasi dokumen. Proses validasi ini cukup kompleks karena tim PMB harus memeriksa dokumen satu per satu. Berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk memproses dokumen-dokumen tersebut?

Melalui permasalahan ini, SEVIMA meluncurkan modul PMB yang kini mempermudah perguruan tinggi memvalidasi berbagai dokumen. Berikut adalah kelebihan dari Modul RPL.

  1. Memudahkan akomodir kompleksitas dokumen
  2. Memudahkan asesor penilaian melakukan rekognisi capaian pendaftar
  3. Memudahkan mendapatkan laporan proses pendaftaran RPL

Baca juga: Apa itu Program Kuliah Jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau)?

Tertarik ingin merasakan kemudahan sistem dengan SEVIMA Modul PMB? Yuk segera konsultasi dengan tim SEVIMA di sini.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

Artikel Sebelumnya Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL): Persyaratan dan Tahapan Seleksi Bagi Calon Mahasiswa Artikel Selanjutnya SEVIMA Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Bambang Pramujati Sebagai Rektor ITS
×