Dunia Dosen | Dunia Kampus | e-learning

Proses Penerapan Blended Learning dalam Perkuliahan

SEVIMA.COM – Kondisi pasca pandemi Covid-19 dan teknologi yang semakin berkembang membuat babak baru dalam dunia pendidikan. Salah satu istilah yang sering digunakan adalah blended learning. Yang mana blended learning ini kerap kali dibincangkan oleh khalayak ramai.

Blended learning kini dijalankan dengan teknologi canggih yang mumpuni. Teknologi ini dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar yang ada. Metode yang satu ini tak hanya memanfaatkan kecanggihan teknologi saja, namun juga dibalut dengan kurikulum yang ada. Sehingga membuat kegiatan belajar mengajar selama pandemi terselamatkan. 

Baca juga: Apa Itu Metode Blended Learning?

Bagaimana penerapan blended learning dalam perkuliahan?

Agar proses penerapan blended learning di lingkungan perguruan tinggi. Penerapan ini sudah digunakan di seluruh dunia. Yang mana proses penerapan ini meliputi beberapa tahapan, antara lain.

1. Perencanaan pembelajaran

Untuk melaksanakan kegiatan blended learning ini proses perencanaan pembelajaran adalah tahapan yang penting. Proses perencanaan pembelajaran ini harus benar-benar dibahas dengan detail. Tujuannya untuk melakukan analisis dan strategi pembelajaran, bahan ajar, serta penilaian hasil pembelajaran. 

2. Penyediaan materi

Selain itu, metode blended learning juga harus mengembangkan sendiri media pembelajaran yang akan digunakan. Para dosen di kelas bisa memanfaatkan berbagai aplikasi teknologi pendidikan yang mumpuni. Misalnya saja seperti EdLink SEVIMA yang bisa membantu para mahasiswa dan dosen. 

3. Penyampaian materi

Proses penyampaian materi ini juga harus disertai dengan media pembelajaran yang tepat. Dosen bisa memanfaatkan learning management system (LMS) yang mumpuni. Sehingga materi perkuliahan bisa tersampaikan dengan baik meskipun mahasiswa dan dosen melakukannya secara online. 

Baca juga: Kenapa Mahasiswa Suka Pembelajaran Blended Learning

Blended learning  memang sebuah metode pembelajaran yang baru. Namun metode ini sangat pas bila diterapkan di dunia pendidikan Indonesia. Teknologi masa kini akan lebih membantu para civitas akademik melakukan kegiatan belajar mengajar. 

Untuk memanfaatkan learning management system di kampus Anda, SEVIMA EdLink bisa menjadi solusi agar proses belajar mengajar bisa berjalan. Anda akan lebih mudah menerapkan blended learning  pada kegiatan sehari-hari.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar