Berita | Seputar Pendidikan

Strategi dan Persiapan Meraih Kelulusan UKOM 100% dari STIKes Bethesda

SEVIMA.COM – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bethesda Yakkum Yogyakarta menoreh prestasi di tingkat nasional melalui Peringkat 1 Peraih Persentase Kelulusan Terbaik Nasional Uji Kompetensi Nasional Ners Periode Juli 2020.

“Tahun 2020 lalu kampus kami telah berhasil melampaui UKOM 100%. Bisa dibilang bahwa hal ini sebagai salah satu pencapaian tertinggi di kampus kami. Oleh karena itu, kami terus berupaya agar semua program studi yang mengikuti exit exam bisa berhasil seperti sebelumnya,” terang Dr. Ratna saat Webinar SEVIMA tentang Strategi Sukses Kampus Kesehatan Menyiapkan Uji Kompetensi Exit Exam pada Selasa (15/11/2021) lalu.

Baca juga : 20.000 Mahasiswa Jurusan Kesehatan Gagal Wisuda Setiap Tahunnya

Di tahun 2021 ini, UKOM menjadi salah satu exit exam bagi mahasiswa kesehatan. Jika sebelumnya UKOM hanya digunakan berdasarkan nilai batas murni berdasarkan batas lulusnya. Namun berbeda di tahun ini, nilai tersebut dilakukan dengan melakukan penggabungan nilai Indeks Prestasi Kumulatif 60% dan nilai Uji Kompetensi 40%.

Menurut Vivi, mendapat persentase kelulusan terbaik Nasional Uji Kompetensi Nasional Ners Periode Juli 2020, ini berkat komitmen dari institusi dalam meluluskan mahasiswa-mahasiwa.

“Kita bersama-sama mengantar mahasiswa kita, karena mereka berproses dengan kita, jadi kita harus antar hingga dia lulus serta lolos uji kompetensi. Apalagi saat ini menajdi tatangan kita bersama, bahwa ketika mahasswa belum lulsu UKOM, berarti kita tdak bisa meluluskan mahasiswa bersangkutan,” jelas Vivi

Baca juga : Berhasil Mengantarkan Mahasiswa Lulus Ukom, Mahasiswa Baru STIKes Alifah Padang Melonjak 50%

Strategi dan Persiapan Meraih Kelulusan UKOM 100%

Dalam penyampainan meterinya, Ketua STIKes Bethesda juga membeberkan strategi dan persiapan mereka dalam mendapatkan prestasi itu. Agar perguruan tinggi lainya juga bisa memperoleh presentase kelulusan yang diinginkan.

“Uji kompetnsi ini menjadi tanggung jawab perguruan tinggi sebagai pengelola. Untuk itu, kami melakukan beberapa persiapan untuk mendapatkan hasil yang terbaik,” ungkap Vivi. Berikut beberapa strategi dan persiapanya:

1. Persiapan Matang

Selain strategi, perguruan tinggi juga harus menyiapkan persiapan yang matang. Persiapan ini dilakukan dari beberapa pihak, mulai dari tahapan menyediakan CBT untuk tryout, dosen yang diwajibkan menyediakan modul, mahasiswa diwajibkan mengikuti tryout, dan yang paling penting adalah sharing experience dengan alumni berpengalaman.

“Beberapa hal dapat menunjang proses persiapan UKOM seperti, menyediakan CBT untuk tryout, dosen yang diwajibkan menyediakan modul, mahasiswa diwajibkan mengikuti tryout, dan yang paling penting adalah sharing experience dengan alumni berpengalaman”, tegasnya.

2. Komitmen Kampus

Di mana pun tempatnya, komitmen merupakan komponen utama agar pelaksanaan UKOM bisa berjalan lancar. Semua strategi dan persiapan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

“Agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar, perguruan tinggi harus memastikan semua SDM yang berkaitan dengan UKOM harus komitmen melakukan berbagai persiapan yang dilakukan. Dengan begitu seluruh target bisa terpenuhi dengan baik,” ungkap dia.

Baca juga : Lulus 100% UKOM, Rektor Universitas Mandala Waluya Bagikan Tips Suksesnya

3. Pemahaman IT

Selanjutnya, Ketua STIKES Bethesda menambahkan bahwa mahasiswa harus dikenalkan dengan IT, karena saat ini ujian kompetensi sudah menggunakan Computer Based Test (CBT) dalam pelaksanaanya.

“Ternyata memperkenalkan teknologi informasi ini menjadi penting saat ini karena saat ini ujian kompetensi sudah menggunakan Computer Based Test (CBT) dalam pelaksanaanya. Kalau tidak mengetahui caranya akan berakibat fatal bagi mahasiswa bersangkutan,” tambah Vivi.

4. Pelaporan Data ke PDDikti

Kemudian selain itu, menurut Vivi Retno Intening, S. Kep., Ns., MAN., Ketua STIKES Bethesda yang Mendapat predikat kelulusan UKOM kategori Gold dan Istimewa tingkat Nasional, tak tak kalah penting lagi adalah data di PDDikti.

“Tak kalah penting lagi adalah data, agak miris juga saat kita menyiapkan sedemikian rupa, tapi akhirnya saat masuk pada uji kompetensi nasional menjadi tidak eligible. Menjadi tidak memenuhi syarat, karena data bermasalah di PDDikti sehingga data ini harus kita datang dengan baik. Selain menyiapkan persiapan,” terangnya.

Baca juga : Awas! Ini Dampak dan Sanksi Jika Tidak Melakukan Pelaporan PDDikti

Untuk itu, perguruan tinggi harus mempunyai siakad yang mampu mempermudah pelaporan data ke PDDikti agar data mahasiswa menjadi eligible saat didaftarkan mengikuti uji kompetensi. SEVIMA telah menyediakan siAkad Cloud yang memudahkan pelaporan ke PDDikti, terutama terkait data mahasiswa UKOM dan pengajuan penomoran ijazah (PIN).

Itulah strategi dan persiapan meraih kelulusan UKOM 100% dari STIKes Bethesda, semoga dengan adanya sharing perguruan tinggi lainnya juga bisa memperoleh presentase kelulusan yang diinginkan.

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud

TAGS :

Komentar