10 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Executive Forum: Strategi Sukses Memimpin Kampus dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi di Jawa Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Success story • 13 Oct 2023

Lakukan Piloting Integrasi SISTER Cloud, 100% Pengguna SEVIMA Platform Berhasil Terintegrasi

Seprila Mayang SEVIMA

SEVIMA.COM– Sejak 29 Agustus 2023 lalu, tim SEVIMA Platform sedang mengadakan piloting integrasi SISTER Cloud yang dilakukan pada 10 klien perguruan tinggi. Piloting ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kampus saat melakukan integrasi SISTER Cloud. 

Berdasarkan data yang diperoleh, 10 dari 10 klien berhasil terhubung dan terintegrasi dengan SISTER Cloud. Sementara itu,  terdapat empat kampus yang berhasil mendapatkan persentase keberhasilan di atas 80%, di antaranya STISIPOL Chandradimuka (87.67%), Universitas Wisnuwardhana (97.18%), Universitas Lancang Kuning (88.40%) , dan ISBI Bandung (97.18%). 

Dari hasil uji coba tersebut, dapat dipastikan bahwa admin perguruan tinggi dan dosen perlu memastikan kelengkapan data referensi dari seluruh field yang dibutuhkan. Dengan begitu, proses sinkronisasi dari SEVIMA Platform Modul kepegawaian dengan SISTER Cloud DIKTI bisa berhasil.

Baca juga: SEVIMA Platform Terintegrasi dengan SISTER Versi Cloud Kemdikbud

Disampaikan oleh Imas Maesaroh, Ph.D, Product Researcher SEVIMA, bahwa akan ada keuntungan yang bisa dirasakan ketika sudah integrasi SISTER Cloud, terutama saat proses pengisian Beban Kinerja Dosen (BKD). 

“Proses integrasi ini sangat memudahkan para admin kampus saat proses pengisian data untuk proses BKD. Admin tak perlu mengisi data secara berulang karena semua sudah tersimpan dan terintegrasi dalam sistem,” ujarnya yang juga seorang Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut. 

Menurut Imas, proses pengisian BKD yang sudah terintegrasi ini rupanya juga akan berguna untuk proses akreditasi. Data-data tersebut sangat penting sebagai bukti kegiatan yang sudah diikuti dosen. Tak hanya itu, layanan terintegrasi tersebut juga penting untuk melengkapi keperluan administrasi kenaikan pangkat dosen. 

“Data BKD ini sangat penting. Bagi seorang dosen, data tersebut digunakan untuk kenaikan pangkat. Sedangkan pada program studi dan perguruan tinggi, digunakan untuk proses akreditasi. Bisa dibayangkan kan, jika semua data tersebut sudah tersimpan di modul kepegawaian dan sudah diintegrasi dengan SISTER Cloud? Pasti proses administrasi bisa dilakukan lebih cepat dan akurat,” tandasnya. 

Baca juga: Sistem Beban Kerja Dosen (BKD) yang Terintegrasi dengan SISTER Kemendikbud

Beberapa data yang dilakukan sinkronisasi antara lain, data kompetensi, pelaksanaan pendidikan, pelaksanaan penelitian, pelaksanaan pengabdian, penunjang, pengembangan, dan dokumen pendukung. Nah, data-data tersebut dapat disimpan pada Modul Kepegawaian SEVIMA Platform.

Penyimpanan yang mudah, maka akan membuat admin perguruan tinggi dan dosen pun lebih nyaman saat mengelola data tersebut. Lalu, bagaimana jika terjadi kesalahan input data? Tenang saja, data tersebut dapat diperbaiki dahulu baru kemudian disinkronisasikan dengan SISTER Cloud

Untuk menanggulangi kegagalan sinkronisasi, semua dosen sebaiknya sudah memiliki akun sister cloud DIKTI. Admin juga perlu memastikan setting API bukan lagi menggunakan SISTER PT tapi sudah update menjadi SISTER Cloud. 

Semoga dengan adanya integrasi SEVIMA Platform dengan Sister Cloud DIKTI ini bisa memudahkan perguruan tinggi mengelola data kepegawaian. Dengan begitu proses kebutuhan data saat Beban Kerja Dosen (BKD) bisa terselesaikan dengan baik. 

Jadi bagaimana? Apakah Anda juga ingin merasakan kemudahan saat proses pelaporan BKD? Langsung saja hubungi kami di  082261610404.

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×