7 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar: Strategi Sukses Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik atau Mahasiswa Baru di Lembaga Pendidikan Kecil dan Daerah 3T Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 30 May 2024

Tingkatkan Kualitas Mutu Perguruan Tinggi dengan Kemudahan Pengumpulan Data

Liza SEVIMA

SEVIMA.COM – Pengelolaan data di perguruan tinggi memegang peranan penting untuk peningkatan kualitas dan mutu. Seperti halnya data riwayat akademik, keuangan, dan jumlah mahasiswa dibutuhkan untuk beberapa pelaporan wajib di perguruan tinggi misalnya Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), Indikator Kinerja Utama (IKU), dan akreditasi. Sayangnya, pengelolaan data tersebut terbilang kompleks. Apabila tidak terdokumentasikan dengan baik, maka akan berakibat fatal.

Agar pengelolaan data lebih optimal, perguruan tinggi memerlukan sistem yang mendukung pengelolaan data yang bisa diperbaharui secara realtime. Seperti apa pentingnya data di perguruan tinggi dan bagaimana pengelolaan yang tepat? Berikut pembahasannya. 

Pentingnya Data Bagi Perguruan Tinggi

Salah satu manfaat utama dari penggunaan data di perguruan tinggi adalah peningkatan kualitas pendidikan. Berikut ini adalah pentingnya penggunaan data di perguruan tinggi:

1. Untuk Kebutuhan Pelaporan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Berdasarkan Permendikbudristek No.53 Tahun 2023, Pelaporan dan pelaksanaan SPMI ke Kemendikbud memerlukan 4 dokumen yang shahih, terdiri dari dokumen kebijakan, Dokumen Standar Mutu, Dokumen Manual, dan Formulir SPMI. Untuk keberhasilan SPMI, perguruan tinggi perlu mengumpulkan data yang relevan untuk dikumpulkan sebagai bukti shahi pelaksanaan. 

Baca juga: SEVIMA CRM, Solusi Cerdas Kelola Data Pendaftar dan Tingkatkan Intake Mahasiswa Baru

2. Sebagai Kebutuhan Akreditasi

Penilaian indikator penilaian akreditasi berdasarkan PerBAN PT No.22 Tahun 2023 melibatkan perhitungan data perguruan tinggi yang terdiri dari persentase mahasiswa, rasio jumlah dosen, hingga data lulusan. Data-data ini akan sulit ditarik oleh perguruan tinggi jika SIAKAD tidak mendukung pembaharuan data secara real time. 

3. Penting untuk Penarikan Data BKD

Data pelaporan BKD yang sukses berperan penting dalam mendukung beragam kebutuhan bagi civitas akademika hingga perguruan tinggi, yakni sebagai penunjang akreditasi kampus dan mendapatkan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) untuk mahasiswa.

Sebagai penunjang akreditasi, pelaporan BKD ini merupakan hal krusial dan membutuhkan data yang lengkap, mulai dari riwayat pengajaran hingga, bukti pelaksanaan Tridharma, dan dokumen pendukung lainnya. Di sinilah kadang kali perguruan tinggi menemukan masalah karena data yang tidak lengkap sehingga berdampak krusial pada pelaporan BKD ke PDDIKTI.  

4. Sebagai Kemudahan untuk Ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU)

IKU Perguruan Tinggi 2023 menetapkan terdapat 8 indikator yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi. Dengan adanya IKU perguruan tinggi dapat mengetahui. kinerja perguruan tinggi dalam mencapai target. Selain itu, perguruan tinggi yang mencapai target akan mendapatkan dana alokasi dan dana afirmasi hingga 500 Miliar .

5. Sebagai Fondasi Membuat Kebijakan

Dalam membuat kebijakan perguruan tinggi memerlukan berbagai data seperti data masa studi kelulusan mahasiswa, rata-rata nilai,  Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) dan lainnya. Dengan data ini, perguruan tinggi dapat membuat keputusan kebijakan lebih akurat berdasarkan keadaan di lapangan dengan tujuan meningkatkan kualitas mutu di perguruan tinggi. 

Agar dapat Bapak/Ibu senantiasa aman dan selalu akurat, kini SEVIMA Platform telah mengembangkan sistem informasi yang saling terintegrasi sehingga penyimpanan data menjadi terpusat. Seperti apa SEVIMA Platform mengumpulkan dan mengelola data di perguruan tinggi? Berikut pembahasannya. 

Tingkatkan Kualitas Data Perguruan Tinggi Dengan SEVIMA Platform

Guna mendukung pengelolaan dan peningkatan kualitas data di perguruan tinggi, SEVIMA Platform berupaya mengembangkan sistem yang mengakomodir semua pengelolaan data. Dengan menggunakan SEVIMA Platform, Bapak/Ibu dapat merasakan berbagai keunggulan seperti:

  • Layanan SEVIMA Platform sudah saling terintegrasi 

Layanan yang sudah saling terintegrasi sehingga dapat mengakomodir seluruh proses dari hulu ke hilir. Mulai kebutuhan administrasi akademik, keuangan, kepegawaian, Beban Kerja Dosen (BKD), hingga penyaluran lulusan ke dunia industri hingga persiapan SPMI dan SPME (Akreditasi) bisa terpenuhi dengan mudah. 

  • Update terhadap regulasi terbaru Kemendikbud

Tak hanya saling terintegrasi, namun fitur yang ada di SEVIMA Platform juga selalu update dengan regulasi terbaru. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir lagi dengan regulasi terbaru. Semua kebutuhan tersebut akan selalu up-to-date. 

  • Terintegrasi dengan platform pendidikan 

Tak hanya saling terintegrasi dengan fitur internal kampus, namun layanan ini juga sudah yang mendukung pelaporan kinerja perguruan tinggi seperti NEO Feeder, Sistem E-Rekomendasi Rekognisi Pembelajaran Lampau Akademik (SIERRA), dan Education Management Information System (EMIS).

  • Mudah Mengelola Data untuk Akreditasi

Mengingat sudah mengakomodir semua proses pengolahan data, maka bisa dipastikan bahwa kebutuhan mengakses atau melakukan pengambilan data menjadi lebih mudah. Sehingga proses akreditasi pun bisa berjalan sesuai dengan rencana  

Baca juga: Data Kepegawaian dengan SIAKAD Terintegrasi

Bagaimana nih Bapak/Ibu, tertarik meningkatkan kualitas data dengan SEVIMA Platform? Yuk untuk penjelasan lebih lanjut, dapat menghubungi Tim SEVIMA melalui nomor ini 082261610404.

 

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×