Dunia Mahasiswa | Tips & Trik

Kuliah Online Bikin Beban? Yuk Ikuti Tips Berikut Biar Kuliah Jauh Lebih Mudah

SEVIMA.COM Hi everyone! Di semester genap ini gimana nih kuliahnya? Masih lancar-lancar aja kan?. Siapa yang udah mulai merasa kuliahnya berat? Hayo ngaku! Hehe. Anyway, santai aja ya guys.Meskipun kuliah terasa sangat berat, wolesin aja dulu.

 Menjalani dunia perkuliahan memang tak seindah yang ada di cerita film dan drama. Pasti banyak banget halang rintang yang kamu hadapi. Mulai dari dunia akademik, organisasi, atau bahkan kisah cinta. 

Nah, biar kamu makin lancar kuliahnya nih, aku yakin deh kalau kamu pasti bisa melewati itu semua. Lalu caranya gimana sih biar kuliah tetap enjoy dan bisa menaikkan semangat kamu? Yuk simak ulasan berikut ini. 

Baca juga: Uang Saku Tak Cukup? 5 Cara Menambah Uang Jajan untuk Mahasiswa

7 Tips Jitu Biar Kuliah Online Gak Bikin Beban

1. Tahu batas kemampuan diri

Banyak orang yang suka memforsir diri sendiri hingga tak tahu kemampuan yang dimiliki. Ini nih yang suka bikin badan drop dan down. Sebagai seorang mahasiswa yang baik, kamu wajib untuk mengelola kemampuan diri kamu sendiri. 

Jika kamu tak bisa mengelola kemampuan diri kamu dengan baik, bisa dikatakan kamu akan kesulitan membuat dirimu enjoy di setiap perkuliahan. Yuk, istirahat sejenak kalau sudah overload

2. Mampu mengelola manajemen waktu

Kuliah sih biasanya menjadi masa-masa paling sibuk yang pernah ada. Biar kamu bisa membuatnya menjadi lebih mudah, kamu harus tahu cara mengelola waktu yang baik. Salah satunya dengan mengelola manajemen waktu dengan baik. 

Kamu harus bisa bedakan tuh waktu belajar, bermain dan organisasi. Jangan sampai kamu lupa diri kalau waktunya belajar. 

3. Cari kegiatan yang improve skill

Meskipun semua kegiatan perkuliahan dilakukan secara online, tapi jangan sampai kamu gak ngapa-ngapain yah. Kamu perlu banget tuh upgrade dan improve skill dengan sangat baik. 

Biasanya sih kalau kamu suka upgrade dan improve skill  kamu bakal lebih enjoy lho dalam menjalani perkuliahan. Makanya, yuk buruan upgrade diri melalui skill yang menunjang. 

4. Luangkan waktu untuk me time

Jangan salah lho, meluangkan waktu istirahat dan me time sangat membantu kamu terhindar dari stress yang berkepanjangan. Untuk itu, sebisa mungkin atur waktumu untuk me time ya sobat. 

Baca juga: EdLink Bantu Ribuan Mahasiswa Survive di Masa Pandemi 

5. Motivasi diri yang kuat

Setiap perjalanan hidup pasti butuh usaha yang maksimal. Nah, biar kamu gak makin down dan putus asa, kamu wajib punya motivasi diri yang sangat kuat. Tentukan tujuan hidupmu setelah menyelesaikan studi. Dengan begitu kamu akan bersemangat untuk menyelesaikan rumitnya halang rintang di dunia perkuliahan. Semangat dulu yuk guys!

6. Diskusi dengan teman terdekatmu

Selama menjalani dunia perkuliahan, kamu pasti punya teman untuk berdiskusi dan belajar bareng. Nah, disitulah kamu bisa saling berbagi ilmu dan berdiskusi jika mengalami perkuliahan yang sangat sulit. Biasanya, dengan berdiskusi satu sama lain kamu akan dengan mudah menyelesaikan permasalahan akademik maupun non akademik yang kamu alami. 

7. Manfaatkan media belajar yang ada

Yaps, memanfaatkan media belajar yang ada merupakan salah satu kunci sukses dalam menaklukkan seluruh tantangan dalam belajar online. Semakin banyak media pembelajaran yang kece dan super menarik, kamu bisa tuh memanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Misalnya saja seperti EdLink, salah satu platform yang memudahkan perkuliahan online dan juga tersedia beberapa video materi menarik untuk meningkatkan skill kamu. 

Baca juga:  Upgrade Ilmu Mahasiswa Melalui Program Kampus Merdeka

Menjalani dunia perkuliahan memang sangat berat, namun akan lebih ringan tergantung bagaimana kamu menghadapinya ya. Tujuh tips di atas bisa kamu lakukan agar kegiatan perkuliahan kamu bisa berjalan dengan lancar. Good luck ya!

Sementara itu, dalam menjalani dunia perkuliahan memang membutuhkan banyak cara biar kamu bisa survive. Untuk itu, kamu bisa kunjungi laman maukuliah.id untuk mendapatkan berbagai macam tips mudah dalam berkuliah. 

Bagikan artikel ini

Komentar