Dunia Akademik | Dunia Kampus | e-learning

Yuk Cari Tahu! Inilah 5 Manfaat Mengajar Menggunakan LMS

SEVIMA.COM – Melakukan kegiatan belajar mengajar di tengah hantaman pandemi Covid-19 memang tantangan tersendiri bagi para civitas akademika. Namun, pandemi bukanlah menjadi akhir dari segalanya. Adanya teknologi yang semakin berkembang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan seperti ini. 

Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan Learning Management System (LMS). LMS merupakan sebuah sebuah sistem manajemen pembelajaran yang berbasis daring. Dengan menggunakan LMS ini disinyalir bisa mengatasi seluruh permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan di masa pandemi seperti ini.

Untuk mendalami lebih dalam tentang LMS ini, hari ini kami akan mengajak Anda mendalami manfaat LMS lebih detail. Apa saja sih manfaatnya? Yuk simak. 

Baca juga: Cara Kerja Sistem LMS untuk Perguruan Tinggi

5 Manfaat Mengajar Menggunakan LMS

1. Seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara virtual

LMS memang mengenalkan mahasiswa dengan pembelajaran secara daring. Dengan menggunakan LMS ini mahasiswa dan dosen akan memanfaatkan platform pembelajaran online yang bisa dimanfaatkan untuk kuis, ujian, diskusi, hingga mengunggah soal.

2. Lebih mudah bertukar informasi

Seluruh kegiatan yang dilakukan secara daring membuat mahasiswa dan dosen bisa bertukar materi lebih mudah. Hanya dengan menggunakan satu platform terbaik saja dosen bisa membagikan berbagai materi dari berbagai format dengan cepat dan mudah. Dengan demikian kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan dengan baik meskipun di masa pandemi seperti ini.  

3. Tugas dan kuis lebih mudah didistribusikan

Seluruh kegiatan yang berbasis online membuat tugas dan kuis lebih mudah didistribusikan. Dengan menggunakan sistem online saja, mahasiswa bisa mengerjakan tugas, mengerjakan soal ujian hingga kuis. Yang mana seluruh kegiatan tersebut akan dipantau penuh dengan dosen. Wah sangat mudah ya. 

4. Bisa menganalisis perkembangan mahasiswa

Seluruh kegiatan pembelajaran dengan LMS ini akan lebih mudah dianalisis langsung oleh dosen. Terutama dalam pengisian nilai, semuanya sudah tersedia di dalam satu fitur. Jadi, dosen hanya melakukan ulasan dan pengecekan ulang saja setelah mahasiswa melakukan ujian dan kuis. 

5. Mahasiswa bisa belajar dengan mandiri sebelum kelas dimulai

Dengan menggunakan LMS ini, dosen akan memberikan seluruh materi di dalam platform yang tersedia. Nah, di sini mahasiswa bisa mengunduh dan mempelajari materi tersebut sebelum berada di dalam kelas. 

Baca juga: Apa Peran LMS pada Model Blended Learning di Perguruan Tinggi?

LMS memang sangat memudahkan para mahasiswa dan dosen di masa pandemi ini. Dengan memanfaatkan teknologi yang semakin maju, kegiatan belajar mengajar tidak mungkin akan terbengkalai. Terlebih jika Anda menggunakan platform LMS yang berkualitas, seperti halnya EdLink.

EdLink merupakan platform pembelajaran yang dikemas secara digital dan sangat memudahkan dosen dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Di sini, EdLink menyediakan berbagai fitur yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan dosen, seperti:

1. Kelas virtual

 

2. Kuis interaktif dan ujian online

 

3. Sistem penilaian yang sudah terintegrasi

4. Absensi Online

 

Dengan kemudahan fitur yang diberikan, maka secara tak langsung akan memudahkan dosen dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dengan mahasiswanya. Jadi, meskipun pandemi, Anda tetap bisa menyampaikan materi dengan baik. Lalu, siapkah Anda menggunakan EdLink sebagai platform pembelajaran terbaik Anda?

Salah satu contoh penerapan LMS dengan model flipped classroom, bisa lihat di video:

Bagikan artikel ini

Komentar