Dunia Akademik | Dunia Mahasiswa | Seputar Pendidikan

Apa Peran LMS pada Model Blended Learning di Perguruan Tinggi?

SEVIMA.COM – Model pembelajaran blended learning adalah sebuah metode yang menggabungkan kuliah atau proses belajar mengajar online dan offline.

Hal yang menjadi penekanan dalam metode pembelajaran blended learning tidak hanya berfokus pada penyampaian materi yang fleksibel dan efisien, lebih dari itu juga menciptakan sebuah interaksi yang intens dari kedua belah pihak.

Untuk Learning Management System (LMS) sendiri secara umum adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.

Baca juga: Panduan Memilih LMS untuk Perkuliahan Online di Perguruan Tinggi

Sistem LMS ini bisa membantu para pengajar atau dosen untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas perkuliahan mahasiswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi dan melakukan kuis.

Biasanya LMS ini bisa berbasis aplikasi dan platform web, sehingga memudahkan para dosen dalam merencanakan proses belajar online, LMS juga memudahkan mahasiswa untuk mengakses konten atau mater perkuliahan dari mana saja dan kapan saja.

Peran LMS pada Blended Learning

Metode blended learning akan berjalan dengan baik bila didukung dengan adanya learning management system (LMS). Pada dasarnya LMS ini adalah aplikasi yang bisa membantu dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran.

Fungsi dari LMS dapat memungkinkan pengelola membuat sebuah kursus atau pelatihan dengan mudah dan memonitor peserta pelatihan. Dalam kaitannya pada metode blended learning adalah sudah jelas bahwa LMS dapat diandalkan dalam mendukung proses belajar. Sebab keduanya bisa dikatakan saling melengkapi dan berkaitan.

Baca juga: 5 Tips Cerdas Jalankan Blended Learning Secara Optimal

Oleh karena itu, penting bagi perguruan tinggi menggunakan LMS terbaik dalam menerapkan metode blended learning. Nah, berikut LMS yang bisa diandalkan perguruan tinggi di Indonesia untuk menjalankan blended learning / hybrid learning.

Aplikasi yang Cocok untuk Blended Learning di Perguruan Tinggi

SEVIMA EdLink adalah aplikasi yang membantu mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pembelajaran. Berbagi informasi, materi perkuliahan / pelajaran, dan memberikan tugas menjadi lebih mudah hanya lewat genggaman.

Berikut fitur yang Anda bisa dapatkan:

1. Membuat forum diskusi dan kelas – Di dalam forum Anda dapat terhubung dengan teman-teman, mahasiswa atau dosen Anda. Berbagi informasi, data, acara, survey, media dll menjadi lebih mudah. Forum dapat dibuat publik dan privat. (Forum kelas hanya dapat dibuat oleh dosen)

2. Berbagi apa saja – Jenis data / file apa pun dapat Anda bagikan dengan teman-teman dalam forum yang sama.

3. Tugas dalam kelas – Dosen dapat membuat tugas di dalam forum kelas. Dosen dapat melihat semua jawaban. Di akhir mahasiswa dapat melihat semua jawaban temannya. Fitur ini membantu dosen / guru untuk melihat bagaimana pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah / pelajaran. Dari sisi mahasiswa, fitur ini membantu mereka untuk menambah referensi belajar dari jawaban teman-temannya.

4. Pesan pribadi – Kirimkan pesan pribadi pada teman atau dosen Anda yang berada pada forum yang sama.

5. Info, Acara dan Survei – dalam forum Anda dapat membuat post info untuk menginformasikan segala sesuatu kepada teman dalam forum tersebut, membuat post acara untuk mengagendakan suatu acara untuk forum tersebut, dan membuat post survei untuk membuat survei dalam forum tersebut.

Dengan mendownload SEVIMA EdLink, para dosen dapat berbagi informasi, materi perkuliahan, dan yang tak kalah penting dosen dapat memberikan tugas menjadi lebih mudah dan cepat, karena hanya lewat genggaman tangan. Aplikasi canggih ini dapat anda download di Playstore dan Apps store secara gratis. Bukan hanya itu sekarang EdLink juga sudah tersedia versi web yang memudahkan dosen upload materi dan setting kelas.

Bagikan artikel ini

Komentar