Dunia Akademik | e-learning

Cara Kerja Sistem LMS untuk Perguruan Tinggi

SEVIMA.COM – Perkembangan teknologi di dunia pendidikan memang sangat pesat. Terlebih penggunaan internet saat ini semakin mendukung penggunaan teknologi tersebut.

 Di perguruan tinggi sendiri, sudah banyak menyediakan berbagai macam portal informasi yang menyediakan materi-materi akademik yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar. Agar materi-materi tersebut bisa diterima dengan baik oleh mahasiswa, maka akan lebih menarik jika dikemas melalui suatu sistem e-learning yang biasa disebut sebagai Learning Management System (LMS). Baca platform lms terbaik.

Baca juga: Apa Peran LMS pada Model Blended Learning di Perguruan Tinggi?

Apa sih LMS itu?

Learning Management System atau biasa disebut sebagai LMS merupakan sistem e-learning yang dirancang untuk melakukan pengelolaan, pendistribusian, perencanaan serta melakukan evaluasi dalam rangkaian pembelajaran. Dengan menggunakan LMS ini, kegiatan belajar mengajar akan jauh lebih mudah dilakukan meskipun dalam pembelajaran jarak jauh. 

Selain mudah digunakan, LMS ini juga bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Hanya menggunakan aplikasi saja, mahasiswa bisa menerima materi yang diberikan dosen dengan sangat mudah dan cepat. 

Baca juga: Pengertian Learning Management System (LMS), Manfaat & Penerapannya

Lalu, bagaimana dengan cara kerja LMS tersebut?

Untuk mengelola sistem pembelajaran yang lebih baik, LMS bisa dikatakan sebagai salah satu gerbang untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara kerja yang tepat untuk menerapkan LMS ini. Nah, berikut adalah cara kerja LMS untuk mendukung kegiatan pembelajaran di kampus Anda.

 1. Distribusi materi dengan cepat

Sistem LMS ini dapat memberikan kemudahan kepada para pelajar dan pengajar untuk berinteraksi satu sama lain meskipun dari berbasis jarak jauh. Yang mana distribusi materi tersebut menggunakan teknologi internet yang mumpuni. 

2. Dapat menyampaikan dan mengelola materi dengan baik

Penggunaan sistem website dan aplikasi, LMS ini bisa membantu Anda dalam merencanakan, mengelola, serta menyampaikan berbagai sistem pembelajaran dengan baik. Baik secara online maupun secara offline. 

3. Cara pembelajaran yang lebih efektif dan efisien

Kepraktisan dalam menggunakan LMS ini rupanya dapat memudahkan para pelajar dalam memahami proses belajar mengajar dengan efektif dan efisien. Sehingga materi yang disediakan bisa didistribusikan dengan sangat baik. 

4. Lebih memudahkan dalam berkomunikasi

Selama ini, komunikasi menjadi salah satu faktor utama dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Untuk itu, adanya LMS ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alat komunikasi jitu untuk mahasiswa dan dosen agar bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik. 

5. Menyediakan fitur interaktif dalam pembelajaran

Dengan menggunakan LMS, bisa memudahkan para pengajar untuk menyediakan pembelajaran yang lebih menarik. Tentunya dengan fitur-fitur yang interaktif. Biasanya bisa dilakukan melalui diskusi, file sharing, dan forum yang disediakan. 

6. Manajemen pengiriman dengan baik

Kemudahan yang diberikan ini bisa memudahkan para pengajar untuk melakukan pelacakan, pemeriksaan, perencanaan, serta perencanaan pembelajaran dengan baik. 

7. Metode diskusi online dengan baik

LMS juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana diskusi yang baik. Dosen dan mahasiswa bisa melakukan interaksi menarik melalui video conference, diskusi online, bahkan fitur-fitur interaktif lainnya yang bisa diatur dengan sistem LMS. 

8. Melacak berbagai informasi untuk meningkatkan kemajuan materi

Siapa bilang pembelajaran online tidak bisa dipantau? Dengan menggunakan LMS ini mahasiswa bisa dipantau dan dilacak oleh dosen. Dosen bisa memantau secara berkala kepada mahasiswa tentang pemahaman mereka terhadap materi yang sudah disampaikan. Dengan demikian, dosen bisa meningkatkan kemajuan dan kinerja pelajar dengan baik. 

Baca juga: Panduan Memilih LMS untuk Perkuliahan Online di Perguruan Tinggi

Nah, itulah cara kerja LMS yang bisa berpengaruh besar terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Agar penggunaan LMS di kampus Anda bisa berjalan dengan maksimal, Anda bisa memilih platform LMS terbaik, salah satunya dengan EdLink.

Dengan EdLink, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur terbaik untuk kegiatan belajar mengajar. Yuk segera coba EdLink di kampus Anda. 

Penjelasan Lengkap Model Pembelajaran Campuran dengan metode Flipped Classroom:

Bagikan artikel ini
TAGS :

Komentar