7 Hari Lagi - Sebelum Event Kopdar RIAU: Strategi Sukses Automasi Akreditasi Perguruan Tinggi & Prodi Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus | Karirlink • 15 Aug 2024

Universitas Pasundan Sukses Taklukan Tantangan Tracer Study dengan Dukungan SEVIMA Karirlink!

Shitny SEVIMA

SEVIMA.COM – Proses pengumpulan data Tracer study sering kali menjadi tantangan besar bagi perguruan tinggi, termasuk Universitas Pasundan. Kesulitan dalam melacak data lulusan dapat berdampak domino pada rendahnya pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 dan menyulitkan evaluasi kurikulum. 

Merasakan tantangan serupa, Ir. Yusep Ikrawan, M.Sc., Ph.D., dari Universitas Pasundan, berbagi tips tentang bagaimana Universitas Pasundan mengatasi masalah tracer study. 

Dalam sesi webinar SEVIMA bertajuk “Strategi Sukses Memperoleh Jumlah Responden Kuesioner Tracer Study Sesuai Akreditasi” pada Rabu (14/08), Yusep menjelaskan bagaimana Universitas Pasundan  berhasil meningkatkan partisipasi tracer study mereka secara drastis hingga 300%.

“Penilaian dari tahun 2022 ke 2023 menunjukkan peningkatan dari 3,89% menjadi 16,16%. Meskipun poinnya masih kurang, tetapi setidaknya ini menunjukkan bahwa dengan adanya SEVIMA Karirlink dan strategi yang diterapkan, telah memberikan peningkatan yang signifikan” ungkap Yusep.

Sumber: Presentasi  Ir. Yusep Ikrawan, M.Sc., Ph.D. pada Webinar SEVIMA: Strategi Sukses Memperoleh Jumlah Responden Kuesioner Tracer Study Sesuai Akreditasi, pada 14 Agustus 2024.

Baca juga :Apa Itu Tracer Study? Tujuan, Manfaat dan Peran Pentingnya bagi Kampus

Ingin tahu strategi apa saja yang dilakukan oleh tim tracer study Universitas Pasundan? Berikut adalah strategi-strategi yang diterapkan untuk meningkatkan jumlah responden kuesioner tracer study.

3 Strategi Universitas Pasundan Tingkatkan Responden Kuesioner Tracer Study 

  • Gunakan Modul Tracer Study SEVIMA Karirlink 

SEVIMA Karirlink mempermudah pelacakan data lulusan dengan menyediakan proses lengkap mulai dari pembuatan, penyebaran, hingga reminder pengisian kuesioner. Platform ini juga menawarkan fitur monitoring dan evaluasi yang memungkinkan stakeholder melihat hasil tracer study langsung di dashboard hasil tracer study. Dengan menggunakan SEVIMA Karirlink, Universitas Pasundan dapat sukses pelaporan tracer study.

“Ada peningkatan dari sebelumnya penggunaan Karirlink. Apalagi dengan fitur-fiturnya, kami bisa meningkatkan IKU 1, lalu adanya informasi lowongan kepada alumni, dan selanjutnya tentu aja bisa mengukur keberhasilan lulusan, kita sangat merasakan hasil tracer study ini.“ ucap Yusep.

  • Penyusunan Kuesioner yang Lebih Terstruktur

Universitas Pasundan memastikan bahwa kuesioner yang dibuat sesuai dengan standar Permendikbud 53 Tahun 2023 dan Kepmendikbud No. 210/M/2023. Semua itu sudah terakomodir dalam sistem Karirlink, yang menyediakan template kuesioner Kemendikbud.

“Kuesioner yang tersedia di Karirlink telah disesuaikan dengan standar yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Sehingga, proses pengisian oleh alumni menjadi lebih mudah dan efisien.” ucap Yusep.

  • Pemberlakukan Peraturan Rektor 

Pemberlakuan Peraturan Rektor yang menjadikan tracer study sebagai bagian dari proses kelulusan dan wisuda telah terbukti efektif. Dengan kebijakan ini, lulusan menjadi berkewajiban untuk aktif berpartisipasi dalam pengisian tracer study, karena hal tersebut langsung berhubungan dengan kelulusan mereka.

“Selain dukungan yang diberikan oleh sistem, Universitas Pasundan (UNPAS) juga menerapkan sejumlah peraturan yang secara khusus mengatur pelaksanaan tracer study. Peraturan ini ditetapkan oleh rektor.” lanjutnya.

Baca juga: Tracer Study Memiliki Poin Tertinggi di Instrumen Akreditasi, Yakin Masih Abai?

Dengan meningkatkan partisipasi dalam tracer study, Universitas Pasundan telah menunjukkan bahwa teknologi dan peraturan yang tepat dapat mengubah tantangan menjadi peluang. 

Semoga kedepannya keberhasilan ini tidak hanya membantu Universitas Pasundan dalam meningkatkan kualitas pendidikan tetapi juga berpotensi memperkuat posisi Universitas Pasundan di tingkat nasional.

Ingin mengikuti jejak sukses Universitas Pasundan? Segera manfaatkan SEVIMA Karirlink untuk mempercepat dan mempermudah proses tracer study. Segera hubungi tim kami  di WA 08113023600 atau kunjungi karirlink.id.

Tags:

Sevima

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×