3 Hari Lagi - Sebelum Event Webinar Nasional: Strategi Sukses Mengelola Administrasi Keuangan Sekolah & Yayasan Pendidikan Dimulai.

Selengkapnya
Kontak Kami

Dunia Kampus • 29 May 2020

5 Manfaat Sistem Keuangan Bagi Perguruan Tinggi

Fadhol SEVIMA

SEVIMA.COM – Apakah Anda pernah merasakan ribetnya menghitung, menginput, hingga membuat laporan ketika mengelola keuangan perguruan tinggi Anda? Jika benar berarti Anda sebagai akuntan kampus yang masih menggunakan proses manual.

Dengan perkembangan zaman seperti saat ini, semua pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, salah satunya dalam mengurus keuangan kampus. Jika dulu pekerjaan dalam hal keuangan hanya dilakukan secara manual, kini Anda sudah bisa memanfaatkan aplikasi keuangan.

Kampus/universitas, menjadi salah satu instansi yang pengelolaan keuangannya cukup berat. Banyaknya transaksi yang dilakukan dalam sebuah kampus tentu membutuhkan perhitungan yang cermat, cepat, namun harus tetap akurat. Jika hanya dilakukan secara manual, terkadang sering terjadi human error dalam perhitungannya. Untuk itu, sistem manajemen keuangan sangat berperan dalam hal ini, berikut ini adalah beberapa manfaat sistem manajemen Keuangan Bagi Perguruan Tinggi.

Baca juga : Lebih Baik Implementasi Sistem Informasi Akademik Proyek atau Sewa?

Manfaat Sistem Manajemen Keuangan Bagi Perguruan Tinggi:

1. Lebih Hemat Waktu

Dengan sistem manajemen keuangan, sebuah perguruan tinggi bisa lebih cepat dalam meng-update laporan keuangan. Mengapa demikian? Karena jika laporan keuangan dikerjakan secara manual, maka akan membutuhkan waktu untuk perhitungan dan mencocokkannya. Biasanya jika dikerjakan secara manual, penyusunan laporan keuangan membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Sedangkan dengan aplikasi keuangan, semua sudah tersistem sehingga Anda hanya perlu menginput data didalamnya dan hasil akan segera muncul sehingga lebih menghemat waktu Anda.

2. Sistem Terintegrasi dengan Sistem Lain

Sistem keuangan (Finace Cloud) terintegrasi langsung dengan beberapa sistem yang ada di kampus seperti sistem akademik kampus, jadi seperti mengatur anggaran, pencatatan transaksi keluar dan masuk, hingga menghasilkan laporan akuntansi yang di butuhkan perguruan tinggi, contoh laporan arus kas, neraca dan laba rugi, akan lebih cepat karena langsung terintegrasi dengan SIAKAD, jadi data bisa langsung sinkron dengan sistem keuangan kampus.

Baca juga: Grand Launching Produk Baru: SEVIMA Finance Cloud

3. Memudahkan Manajemen Keuangan Kampus

Sistem keuangan kampus juga memberi kemudahan dalam manajemen keuangan, tidak hanya secara spesifik namun juga secara menyeluruh. Semua ini akan memudahkan Anda untuk membuat kondisi keuangan yang stabil. Melalui manajemen keuangan tersebut, pada akhirnya Anda dapat menentukan laporan yang akurat sehingga akreditasi kampus pun meningkat.

4. Terhindar Dari Kesalahan Perhitungan

Perguruan tinggi juga mempunyai banyaknya transaksi keuangan, dan tentu membutuhkan fokus lebih pada penyusunannya laporan keuangan. Penyusunan laporan secara manual tentu memiliki risiko tinggi dalam perhitungannya, apalagi jika terdapat banyak orang yang mengerjakan.

Dengan adanya sistem manajemen keuangan maka perguruan tinggi dapat membuat laporan secara akurat dan terhindar dari kesalahan, karena sistem manajemen keuangan sudah dirancang sedemikian rupa untuk menyelesaikan laporan. Penggunaan sistem manajemen keuangan memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan jika dibandingkan dengan menggunakan Microsoft Excel ataupun pencatatan manual.

5. Mudah Dimonitoring

Manfaat lain dari sistem manajemen keuangan adalah dapat mudah untuk memonitoring arus keuangan kampus, shingga meminimalisir kecurangan dalam pengeloaan keuangan. Karena semua transaksi keuangan dapat dicatat dalam sistem keuangan sehingga setiap penyerapan dan penggunaan anggaran bisa dipantau secara real-time.

Itulah beberapa manfaat aplikasi keuangan untuk perguruan tinggi Anda. Kini, saatnya Anda beralih dari manual dan gunakan aplikasi atau sistem manajemen keuangan untuk mengelola keuangan perguruan tinggi dengan baik.

FinanceCloud adalah software akuntansi keuangan terintegrasi yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu mengelola keuangan kampus. Sesuai namanya Finance Cloud, tentu aplikasi ini berbasis cloud sehingga server ditangani oleh profesional di bidang IT serta terjamin keamananya. Ingin membuat keuangan kampus menjadi lebih terkendali dan membantu dalam akreditasi Kampus nantinya?, Sudah banyak perguruan tinggi menggunakan sistem Finance Cloud. Cek disini: financecloud.id

Ada HARGA KHUSUS untuk Grand Launching SEVIMA Finance Cloud ini, segera dapatkan DISKON HINGGA 40%, silakan kontak SEVIMA di: Kontak Kami

Tags:

-

Mengenal SEVIMA

SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen sejak tahun 2004 dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui SEVIMA Platform, segera jadwalkan konsultasi di: Kontak Kami

×